√ Paragraf Argumentasi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membahas materi mengenai Paragraf Argumentasi yang mana mengulas mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis dan contohnya. Paragraf-Argumentasi-Adalah


Pengeritan Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengungkapkan pendapat (argumen) dan alasannya. Paragraf ini untuk menggambarkan ide-ide utama dengan pendapat, komentar atau ide-ide penulis disertai dengan bukti, contoh, data, fakta atau lainnya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pendapat yang diungkapkan dalam paragraf sehingga pembaca merasa percaya diri dan setuju dengan pemikiran penulis.


Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Berikut dibawah ini ciri-ciri Paragraf Argumentasi :

  • Mengemukakan ide atau pendapat dari penulisnya.
  • Mengemukakan alasan yang didukung oleh data atau fakta yang diperoleh dari hasil wawancara, angket penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan observasi.
  • Pendapat yang disampaikan harus logis.

Jenis-Jenis Paragraf Argumentasi

Berikut dibawah ini jenis-jenis Paragraf Argumentasi :

  • Paragraf Argumentasi Sebab – Akibat
    Paragraf argumentasi sebab dan akibat dimulai dengan pendapat dalam bentuk sebab-sebab masalah tertentu, yang pada akhirnya diarahkan ke kesimpulan universal dan disebut efek dari sebab-sebab ini.
  • Paragraf Argumentasi Akibat – Sebab
    Ditafsirkan sebagai kebalikan dari mengembangkan paragraf argumentasi dan hubungan sebab-akibat. Untuk paragraf, argumentasi akibat-sebab perkembangan dimulai dengan menjabarkan suatu kondisi dan merupakan efek dari suatu masalah.Dari sini, paragraf dikembangkan menjadi inti masalah dan menjadi penyebab atau pemicu terjadinya insiden sebelumnya.

Contoh Paragraf Argumentasi

Berikut dibawah ini 11 Contoh Paragraf Argumentasi

  1. Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

    Setiap manusia harus selalu memupuk dan mengembangkan jiwa kepahlawanan. Karena dengan jiwa  kepahlawanan, kemajuan di suatu negara akan baik-baik saja.Jiwa rasa kepahlawan dapat dikembangkan menjadi nilai-nilai dan karakter kepribadian yang mulia, bertanggung jawab, berdedikasi dan penuh kasih sayang dari orang lain.

    Sifat ini diperlukan untuk mendukung pembangunan negara di semua bidang. Salah satunya adalah mendidik rasa kepedulian terhadap pahlawan modern, yaitu guru. Mungkin bias dengan melalui untaian puisi guru yang khusus.

  2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang kesehatan

    Tubuh manusia membutuhkan air mineral. Konsumsi air mineral memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat air mineral adalah menghilangkan racun atau detoks dalam tubuh, mengapa? Dengan mengonsumsi setidaknya 1 L air mineral sehari, pembuangan urin akan lancar.

    Dari pembuangan urine segala racun atau detoks yang ada dalam tubuh akan lebih cepat diatasi dari pada mereka yang mengonsumsi kurang dari 1 L air mineral per hari. Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang 1 L air mineral sehari.

    Pembuangan urine tidak selancar dengan mereka yang monkonsumis air mineral 1 liter sehari. Selain berguna untuk menghilangkan racun atau zat-zat berbahaya dari tubuh air mineral juga bias menjaga stamina dan badan tidak gampang lesu

  3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang kesehatan 2

    Kebiasaan masyarakat yang sering begadang, tidur larut adalah hal yang wajar bagi warga negara Indonesia. Mungkin tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia melakukan kebiasaan ini.

    Perlu diingat bahwa begadang adalah kebiasaan buruk untuk dilakukan secara teratur. Jika tidak ada yang mendesak atau penting, lebih baik tidak melakukannya.

    Karena efek buruk begadang banyak. Seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, penambahan berat badan, mempengaruhi kesuburan, susah tidur, dan sebagainya.

    Maka, rutinitas seperti ini tidak untuk ditiru. Segera tidur jika tubuh mengantuk atau sudah kelelahan.

  4. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama

    Agama Islam adalah salah satu agama paling luas di Indonesia sejak masa penjajahan Indonesia. Dizaman ini, Islam adalah agama yang mendominasi warga negara Indonesia ini. Yang memiliki pengikut lebih dari 80% populasi di Indonesia. Islam telah masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari Timur Tengah. Dengan berdagang, mereka menyebarkan agama Islam, karena keramahan mereka. Tidak sedikit sedikit orang Indonesia yang tertarik dengan Islam.

    Selain keramahtamahan para pedagang kepada orang Indonesia, Islam juga ternyata adalah agama yang benar. Ini bisa dibuktikan dengan kitab panutan umat islam yaitu Al-Quran dan Sunnah. Karena selama ratusan tahun, kedua pedoman Muslim ini telah mampu menggambarkan kehidupan masa depan. Dan ini salah satu bukti bahwa Islam adalah agama yang benar.

  5. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba

    Pemerintah harus terus merevisi undang-undang terkait narkoba. Sebab, saat ini, ada banyak jenis narkoba baru yang muncul. Menurut data yang diterbitkan dalam World Drugs Report pada 2016 – yang dilaporkan di situs web Detik, ada 644 jenis narkoba baru telah muncul di berbagai belahan dunia, di mana 65 di antaranya telah masuk ke Indonesia. Sayangnya, dari 65 jenis, hanya 43 yang terdaftar dalam undang-undang.

    Kava adalah salah satu jenis narkoba baru. Jenis narkoba yang berbentuk minuman herbal ini ditemukan oleh Badan Pengawasan Obat Nasional (BNN) Jakarta Utara setelah penggerebekan di wilayah Koja, Jakarta utara. Sayangnya, para pengguna narkoba ini tidak dapat dirawat secara hukum karena kava belum terdaftar di undang-undang. Oleh karena itu, undang-undang narkoba perlu direvisi sehingga jenis narkoba yang baru saja masuk ke Indonesia dapat dicatat secara rinci. Dengan cara ini, pengedar baru dan pengguna narkoba dapat dirawat secara hukum, dan kasus-kasus di kota Koja tidak terjadi lagi. Selain itu, masyarakat menjadi sadar akan jenis narkoba baru dan mengenalinya, yang memungkinkan mereka untuk lebih waspada jika jenis narkoba itu ada disekitaran mereka.

  6. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang pendidikan

    Pendidikan di Indonesia tentu masih belum tersebar dengan merata, bahkan di beberapa daerah ada tempat dan pendidikan yang masih belum layak. Contoh di beberapa daerah terpencil dalam hal fasilitas dan kenyamanan masih kurang. Bahkan di beberapa daerah, pendidikan harus menempuh jarak puluhan kilometer. Dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih kekurangan dalam hal pendidikan, meskipun keberadaan pendidikan yang memadai akan menumbuhkan cikal bakal anak-anak negara.

  7. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah

    Sekolah SMK PGRI Tanjung Raja meraih penghargaan sebagai sekolah terbaik yang berada di Indonesia. Banyak sekali menghasilkan siswa-siswi berprestasi oleh sekolah SMK PGRI Tanjung Raja ini.

    Hal semacam ini terbukti dengan adanya para juara-juara yang ikut serta di Olimpiade yang sukses dari sekolah ini. Tidak cuma itu, prestasi membanggakan lainnya selain dibidang ekonomi akuntansi, ada bidang lain yang juga berprestasi semisal otomotif.

    Satu tahun yang lalu, sekolah ini mengirimkan 30 atlet sebagai perwakilan Indonesia dalam kejuaraan ajang Sea Games semisal lari, sekolah ini sudah mengikuti kompetisi lomba lari internasional di London, Inggris.

    Prestasi yang membanggakan itu tidak terjadi begitu saja, semua itu karena adanya kerja keras dari para dewan guru dan pihak komite sekolahan yang senan tiasa bekomitmen agar bisa menghasilkan anak didik dengan nilai kelulusan berbaik.

  8. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

    Ada banyak kasus tilang bulan ini. Inilah yang dikatakan Polisi Nasional Indonesia di wilayah Sumatera Selatan. Cukuplah untuk mengatakan bahwa banyak dari berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh penduduk.

    Menurut data kasus tilang lalu lintas, kebanyakan dari mereka tidak memakai helm. Walaupun ini sangat penting bagi pengemudi itu sendiri, ia perlu berjaga-jaga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat mengemudi.

    Mungkin karena mereka tidak peduli dengan keamanan, mereka hanya meremehkan dan terus melakukan pelanggaran ini. Kami pikir mereka akan berjalan dengan baik dalam lalu lintas. Namun buktinya tidak, masih banyak kecelakaan di Indonesia.

    Karena itu, sangat penting untuk tetap waspada terhadap masalah ini. Polisi juga harus terus menghindari warga yang terus membandel. Demi kebaikan mereka sendiri sehingga hal-hal kecil yang tidak diinginkan tidak terjadi.

  9. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

    Musim kemarau saat ini adalah kekeringan paling parah dalam 10 tahun terakhir. Selama 6 bulan, hujan tidak turun, yang mengeringkan tanah dan sumber air. Menurut BMKG, diperkirakan tahun ini hanya akan turun hujan di bulan mendatang.

    Jika ini terjadi, bisa dipastikan musim kemarau tahun ini bukanlah kemarau, karena berlangsung selama 7 bulan. Pada saat yang sama, menurut data BMKG dari tahun lalu, kekeringan hanya terjadi selama 5 bulan. Sebagai contoh, banyak petani kehilangan uang karena kegagalan panen karena tidak ada air mengalir di sawah mereka.

  10. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya

    Saat ini, banyak remaja memiliki perilaku buruk dan tidak baik di masyarakat. Mengganggu ketenangan para warga yang sedang beristirahat.

    Remaja saat ini lagi jamannya balap liar. Meskipun ini melanggar aturan dan sangat tidak bermoral.

    Dengan begitu, masyarakat  yang sedang beristirahat akan terganggu oleh kebisingan sepeda motor.

    Bukti ini dikumpulkan dari polisi yang menangkap banyak anak muda yang balapan liar di malam hari. Untuk hari-hari ini, polisi harus lebih sering merazia anak-anak muda yang masih berlatih menjadi pebalap liar.

    Itu juga harus diawasi oleh orang tua dan dengan aturan yang ketat agar mereka tidak keluar larut malam. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya aktivitas buruk ini.

    Sangat disayangkan bahwa anak bolos sekolah karena kelelahan dari balapan. Bahkan di puncak kenakalan, anak itu ingin meninggalkan sekolah karena memikirkan teman-temannya, sekolah itu tidak masalah.

    Jika ini terus berlanjut, banyak anak bangsa akan kehilangan masa depan mereka.

  11. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

    Saat ini, pendidikan di Indonesia memiliki biaya yang dapat dianggap terlalu mahal, walaupun pemerintah telah mendistribusikan hibah, tetapi siswa masih harus membayar biaya sekolah seperti seragam, dll. .

    Biaya pendidikan yang tinggi ini tidak hanya untuk sekolah dasar, tetapi juga untuk mahasiswa.

    Karena terlalu mahal sebagian besar lulusan sekolah menengah lebih memilih untuk bekerja langsung daripada mengejar pendidikan tinggi, dapat dikatakan bahwa pendidikan Indonesia tidak setara dan berfokus pada mereka yang mampu.

    Sementara itu, mereka yang belum bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi hanya bisa bermimpi.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang mengulas tentang Paragraf Argumentasi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri, dan jenis, semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Implikasi Adalah