√ Paragraf Narasi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan sebuah bentuk dari paragraf yang mempunyai tujuan tertentu yakni untuk menghibur dengan cara memberikan pengalaman estetis maupun fantasi-fantasi kepada para pembacanya. Gagasan utama paragraf ini juga disampaikan dengan alur maupun urutan cerita yang jelas.

√ Paragraf Narasi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Paragraf narasi biasanya sering ditemukan dalam bentuk karya-karya sastra seperti novel, cerpen, roman, biografi, maupun juga autobiografi. Cerita yang akan ditampilkan dalam paragraf narasi mempunyai 2 jenis yang bisa dikelompokkan berdasarkan sifat cerita di antaranya ialah: Narasi fiksi, yakni cerita yang diangkat berdasarkan kisah nyata, atau juga Narasi non-fiksi, yaitu cerita yang merupakan sebuah lembaran karangan-karangan yang berasal dari imajinasi-imajinasi penulis tertetu.

Ciri-Ciri Karangan Narasi

Sebuah teks ini bisa dikatakan sebagai suatu karangan narasi apabila memenuhi ciri-ciri dibawah ini:

  • Isi teks maupun karangan ini berisi tentang sebuah cerita, kisah dan peristiwa tertentu yang dibentuk dari beberapa susunan paragraf menggunakan gaya bahasa yang naratif.
  • Cerita yang akan disampaikan mempunyai sebuah konologi atau urutan cerita yang jelas mulai dari awal cerita sampai hingga akhir cerita.
  • Terdapat suatu peristiwa maupun juga permasalahannya.
  • Mempunyai suatu unsur-unsur pembentuk berupa tema, latar, setting, karakter, atau yang lain sebagainya.

Jenis Paragraf Narasi

Narasi Ekspositoris

Narasi ekspositoris merupakan jenis narasi dimana cerita bissa saja disampaikan secara informatif dan jelas sehingga pembacanya dapat benar-benar memahami maupun juga mengerti tentang apa yang akan terjadi di dalam cerita.

Paragraf narasi ekspositoris ini akan bertujuan memperluas pengetahuan para pembacanya mengenai suatu cerita dan kisah yang telah ditulis berdasakan kejadian peristiwa yang pada sebenarnya.pada Umumnya narasi ini juga berkisah tentang kehidupan seseorang dari awal ia hidup hingga berakhir kematiannya. Narasi ekspositori sangat cocok untuk menyusun teks teks biografi.

Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf narasi sugestif merupakan sebuah paragraf narasi yang dimana akan menceritakan kisah yang merupakan hasil imajinasi dari seorang penulis. Paragraf narasi ini murni mempunyai suatu tujuan untuk bisa menghibur para pembacanya dengan kisah yang sangat menarik bahkan menjurus ke suatu hal yang tidak masuk di akal pembacanya.

Paragraf narasi sugestif ini sering ditemukan dalam cerita hikayat, novel, maupun cerpen yang akan menjurus ke arah cerita non-fiksi.

Paragraf Naratif Informatif

Paragraf narasi informatif yakni sebuah paragraf yang akan dituliskan dengan tujuan menyampaikan sebuah informasi. Dalam menyampaikan informasi penulis ini harus menuliskan suatu paragraf ini secara terperinci. Tujuan utama dari penulisan paragraf ini yakni bisa untuk menambah pengetahuan dan juga wawasan para pembacanya.

Contoh Paragraf Narasi

Berikut contoh paragraf narasi singkat yaitu:

Pada malam hari itu udara sangat dingin hingga menusuk badan dan tulang-tulangku. Aku yang hanya seorang diri di rumah berusaha untuk bisa menghibur diri dengan menonton televisi meskipun tidak ada satu pun acara satupun yang bagus bagiku. Ketika aku sedang menonton televisi, aku sedang melihat secercah cahaya yang bersinar di balik jendela ruang tamu ku. Aku pun penasaran dan saya mulai menerka-nerka apakah gerangan cahaya tersebut. Rasa penasaranku pun semakin membesar dan juga membawaku untuk bisa mendekati cahaya tersebut. pelahan lahan aku mendatangi jendela dan mengintip dari celah-celah jendela yang bolong akibat seekor rayap. Ketika aku melihat dari lubang tersebut, betapa aku terkejutnya diriku ketika sudah mengetahui cahaya itu berasal dari sebuah makhluk kecil yang mempunyai antena di atas kepalanya. Dia pun melihat ke arahku dengan tatapan mata yang sangat tajam maupun bengis. Aku sangat ketakutan pada saat itu, terlebih lagi ketika dia akan mendekati diriku aku pun langsung berlari menjauh dari hewan itu. Seketika itu pun juga, buruk aku sempat terjatuh dari sofa dan juga aku pun menyadari aku sudah tertidur ketika menonton televisi.

Demikianlah artikel tentang √ Paragraf Narasi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Prinsip, Ciri, Jenis Contohnya
Lihat Juga:   √Apa Itu Faktur : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Pengertian Online : Pengertian, Ciri, Kekurangan dan Kelebihannya
Lihat Juga:   √Letak Geologis Indonesia: Pengertian, Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap