√ Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

√ Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya
5 (100%) 2 votes

Pengertian Aplikasi

Aplikasi merupakan program yang siap untuk dipakai, dibuat untuk melaksanakan perintah pemakainya. Arti lain dari aplikasi ialah kumpulan program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan khusus yang di perintahkan oleh pemakainya. Atau bisa juga dikatakan aplikasi adalah perangkat lunak (software) yang di buat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Selain bisa membantu dan mempercepat proses pekerjaan manusia, aplikasi juga bisa menciptakan hasil yang lebih akurat dalam memecahkan permasalahan.

√ Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

1). Harip Santoso

Aplikasi merupakan sebuah kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan kegiatan tertentu yang saling terhubung, contohnya seperti aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.

2). Ibisa

merupakan alat bantu untuk mempermudah dan juga mempercepat proses pekerjaan serta bukan merupakan beban bagi pemakainya

3). Hengky W. Pramana

Aplikasi adalah sebuah unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani keperluan akan beberapa aktivitas, contohnya seperti sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan maupun semua proses yang hampir dilakukan manusia.

4). Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Menurut mereka berdua, aplikasi merupakan komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data maupun berbagai kegiatan lainnya, contohnya seperti pembuatan atau pengolahan dokumen serta file.

5). Sri Widianti

Menurut Sri Widianti, aplikasi merupakan suatu software atau perangkat lunak yag bertugas sebagai font end pada suatu sistem yang dipakai untuk mengolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk pemakainya serta juga sistem yang berhubungan.

Jenis-jenis Aplikasi

Adapun jenis-jenis apalikasi ialah sebagai berikut

1). Aplikasi Desktop

Saat ini Aplikasi Desktop Banyak tersedia dan bisa dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop memiliki banyak fitur (contohnya seperti Microsoft Word), dan aplikasi dekstop lainnya hanya mempunyai satu atau dua fitur (contohnya seperti aplikasi jam atau kalender).

2). Aplikasi Grafis

Adalah sebuah program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru atau juga bisa mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

3). Aplikasi Web Browser

Merupakan salah satu bagian penting dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http. Dengan begini, definisi teknis dari world wide web ialah semua sumber daya serta semua pengguna di intenet yang memakai HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

4). Aplikasi Multimedia

Kita semua pastinya pernah merasakan jenuh pada saat melakukan pekerjaan. Aplikasi multimedia adalah salah satu media hiburan yang dapat kita pergunakan. Apabila kita ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang sudah kita unduh, maka kita bisa memakai aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes adalah aplikasi pemutar media yang populer saat ini.

5). Aplikasi Communication

Aplikasi ini adalah yang paling banyak digunakan dan merupakan yang paling populer. Aplikasi ini dipakai agar manusia dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lain. Contoh seperti aplikasi communication antara lain, Line, Whatsapp , BBM dll.

6). Aplikasi DBMS

Aplikasi DBMS (Database Management System) dipakai untuk menyimpan data, mengolah data dan untuk menghasilkan output berupa informasi. Aplikasi seperti ini ada yang tersedia secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dll.

Fungsi Aplikasi

Berikut dibawah ini beberapa fungsi aplikasi

1). Pendidikan

Aplikasi bisa dipakai sebagai bahan pengajaran. Misalkan saja, membuat penyajian materi dilengkapi animasi-animasi supaya lebih menarik dengan memakai Microsoft Powerpoint. Dengan demikian, suasana pengajaran akan memberikan kenyamanan serta mencapai hasil yang lebih maksimal.

2). Kedokteran

Tidak ada yang menyangka bahwa ada aplikasi yang dikembangkan khusus hanya untuk bidang kedokteran. Misakan saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat. Dengan begini. kamu bisa mengecek diri sendiri menggunakan aplikasi tersebut.

3). Bisnis

Didalam sebuah bisnis, perlu menghitung besarnya keuntungan yang didapat. Apabila keuntungan dihitung secara manual maka akan memerlukan waktu yang lama. oleh sebab itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar keuntungan tersebut.

4). Ilmu Pengetahuan

Dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah kmu untuk mendapat informasi yang berkenaan dengan pengetahuan. Selain dari pada itu, aplikasi ini juga bisa dipakai. apabila kamu ingin meneliti bagian dari ilmu pengetahuan tersebut. Hal ini bisa membantu kamu untuk memperluas wawasan kamu.

5). Militer

Pada zaman moderen ini, banyak aplikasi yang dikembangkan khusus dalam bidang pertahanan. Misalkan saja untuk melakukan pengendalian pesawat tidak lagi dilakukan secara manual namun memakai aplikasi. Dengan begini hasil yang dapat akan menjadi lebih maksimal.

Demikianlah artikel tentang √ Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Legenda Adalah : Pengertian, Jenis dan Cirinya
Lihat Juga:   √Adaptasi Morfologi: Pengertian, Contoh dan Gambarnya
Lihat Juga:   √ Levearge Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tujuannya
Lihat Juga:   √ Dikotil : Pengertian, Ciri dan Strukturnya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend