Pengertian Flowchart Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Flowchart Adalah: Simbol, Contoh, Jenis, Fungsi, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Flowchart-Adalah


Pengertian Flowchart

Flowchart – Kata flowchart merupakan berasal dari Bahasa Inggris yang berarti adalah diagram alir. Flowchart umumnya disusun berdasarkan algoritma dari sebuah program yang ingin dijalankan, guna untuk mempermudah pemahaman dari bahasa program. Penyusunan flowchart diharuskan sistematis serta berurutan dengan berdasarkan alur dari program itu sendiri. Agar lebih jelasnya, dibawah ini adalah pengertian dari Flowchart menurut beberapa ahli, yaitu :


Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

  1. Indrajani

Indrajani memiliki sebuah pandangan tentang flowchart yang lebih sederhana. Menurutnya flowchart merupakan gambaran yang dibuat dalam bentuk sebuah grafik dimana isinya merupakan langkah-langkah program yang dibuat berdasarkan urutan dari prosedur program itu sendiri.

  1. Jogiyanto

Pendapat Jogiyanto agak mirip dengan pendapat Indrajani. Beliau berkata bahwa bagan alir atau flowchart adalah sebuah bagan yang dibuat untuk menunjukan alir, arus, atau flow dalam sebuah program dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan berlaku secara logis.

  1. Krismiaji

Krismiaji mengeluarkan sebuah buku yang berjudul Sistem Informasi dan Akuntansi pada tahun 2010. Dalam buku tersebut, Krismiaji mengatakan bahwa flowchart atau bagan alir adalah sebuah sebuah teknik analitis untuk menjelaskan aspek-aspek dari urutan suatu sistem informasi, dimana aspek yang dijelaskan dalam flowchart itu haruslah bersifat tepat, logis, serta jelas.

Lihat Juga:   √Budi Utomo Adalah

Fungsi Flowchrt

Dibawah ini adalah fungsi dari diagram alir atau yang sering disebut Flowchart.

  1. Digunakan untuk Merancang Proyek Baru

Flowchart bisa digunakan untuk merancang sebuah proyek yang akan dibuat.  Yaitu dengan cara memetakan proyek tersebut ke dalam bentuk diagram alir agar lebih mudah dipahami dan membantu menyusun langkah untuk mewujudkan proyek tersebut.

  1. Mendokumentasi Proses Kerja Sebuah Program

Selain itu flowchart juga memiliki fungsi sebagai dokumentasi sebuah proses kerja dari proses pembuatan program tertentu. Mendokumentasi itu sangat penting dalam pembuatan sebuah program yang dimana nanti bisa dijadikan referensi dalam pembuatan program selanjutnya.

  1. Mengelola Alur Kerja

Maksud dari pengelolaan ini adalah untuk menciptakan program yang berkualitas dengan mempertimbangkan integritas prosedur yang dibuat dalam pengerjaan program itu sendiri.

  1. Membantu Merepresentasikan Algoritma

Algoritma sangat penting dalam proses pembuatan sebuah program. Itu dikarenakan program memerlukan flowchart dalam pembuatannya. Dan ini disebabkan karena flowchart dapat memenuhi kebutuhan representasi algoritma program yang direncanakan tersebut.

  1. Mengaudit Proses Kerja

Adapun fungsi lain dari algoritma, yaitu sebagai pengaudit dari proses kerja. Dan karena flowchart itu berbentuk diagram yang diuraikan, maka dari itu apabila sebuah program mengalami kesalahan, akan mudah mendeteksi dari mana sumber kerusakan program tersebut.


Simbol Flowchart

Dibawah ini adalah simbol-simbol flowchart beserta penjelasannya.

  • Flow Direction Symbols atau Simbol Arus

Simbol arus atau yang bisa disebut juga sebagai simbol penghubung, digunakan untuk menyatakan jalannya arus juga menghubungkan antara proses yang satu dengan proses lain.

  • Processing Symbols atau Simbol Proses

Digunakan untuk menyatakan rangkaian dari sebuah proses dalam sebuah program. Berikut ini adalah simbol proses :

  • I/O Symbols atau Simbol Masukan dan Keluaran

Simbol input dan output digunakan untuk menggambarkan masukan dan keluaran yang ada didalam sebuah program.

Lihat Juga:   √Kepemimpinan Adalah

Jenis-Jenis Flowchart

Ada lima jenis dalam penggambaran flowchart, yaitu :

  1. Flowchart Sistem

Merupakan diagram alir yang dapat digunakan untuk menggambarkan alur kerja sebuah sistem secara keseluruhan. Flowchart sistem juga memiliki fungsi untuk menjelaskan setiap urutan dari berbagai prosedur terstruktur yang dilakukan sebuah sistem.

Urutan sistem ini harus terdiri dari data dalam sebuah sistem dan proses transformasi data dari sistem tersebut. Flowchart sistem hanya bisa berproses baik secara online maupun offline dan terpisah dari komputer, contohnya adalah kalkulator dan mesin kasir.

  1. Flowchart Dokumen

Flowchart dokumen dapatdigunakan untuk menjelaskan tentang arus laporan dan beberapa formulir lengkap dengan tembusannya atau hal yang bersifat administratif. Simbol yang digunakan dalam diagram alir ini sama dengan flowchart sistem.

  1. Flowchart Skematik

Flowchart skematik memiliki bentuk yang sangat mirip dengan flowchart sistem. Namun, flowchart skematik mengguankan ilustrasi lain berupa gambar komputer ataupun tools lain sesuai kebutuhan.

Flowchart skematik ini mempunyai fungsi sebagai penjelasan tentang prosedur sistematis yang berlangsung di dalam sebuah sistem.

  1. Flowchart Program

Flowchart program memiliki sifat yang detail dalam menggambarkan langkah-langkah dari proses sebuah program dan dibuat dengan berdasarkann derivasi flowchart sebuah sistem. Terdapat 2 macam flowchart yang sering kali dipakai, yaitu flowchart logika program dan flowchart program komputer yang terperinci.

  1. Flowchart Proses

Merupakan teknik penggambaran sebuah proses rekayasa industrial yang bertujuan untuk memecah sekaligus menganalisis langkah yang diambil dalam sebuah prosedur atau sistem yang terlah terorganisir.

Simbol yang sering sekali digunakan dalam flowchart proses yaitu simbol operasi, simbol transportasi, simbol inspeksi, simbol penundaan, dan simbol penyimpanan.


Tujuan Flowchart

Dapat disimpulkan bahwa flowchart memiliki tujuan untuk menyederhanakan sebuah proses secara rapi, singkat, terurai, dan jelas sehingga sebuah program dapat dipahami dengan lebih baik. Pembuatan flowchart pula dapat mempermudah dan mudah memahami dalam pembuatan sebuah program.

Lihat Juga:   Partai Politik Adalah

Contoh Flowchart

Agar memahami dengan jelas mengenai flowchart, dibawah ini akan diperjelas dengan contoh-contohnya.

  1. Menghitung Luas Segitiga

Analisis :

Input : a (alas) dan t (tinggi) Luas Segitiga = a*t/2

Algoritma :

Masukan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t). Untuk menghitung luas segitiga digunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan. Rumus Luas Segitiga yaitu L = 1/2*a*t

Flowchart :

contoh-Menghitung-Luas-Segitiga

  1. Menghitung Keliling Persegi yang diketahui luas

Analisis :

Input : L (Luas). Input : S ( sisi ). Hitung Sisi : S = L : 2. Hitung Keliling Persegi : K= 4*S

Algoritma :

Masukkan Luas Persegi. Kemudian hitung Sisi Menggunakan rumus diatas. Hitung keliling persegi juga menggunakan rumus diatas. Nilai  K (Keliling Persegi) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

Flowchart :

contoh-Menghitung-Keliling-Persegi-yang-diketahui-luas

  1. Menentukan Kelulusan Mahasiswa

Algoritma :

Nama mahasiswa dan nilai (sudah terbaca). Kalau mahasiswa mendapat nilai  >70 maka ket “ lulus”Kalau mahasiswa mendapat nilai <70 maka ket “tidak lulus”Data nama, nilai dan keterangan akan ditampilkan.

Flowchart :

contoh--Menentukan-Kelulusan-Mahasiswa

  1. Konversi

    Suhu

Algoritma :

Inputkan besaran suhu dalam satuan celcius. Untuk melakukan konversi suhu dari celcius ke Reamur digunakan rumus  :  R = 4/5 * C. Dan untuk  melakukan konversi suhu dari celcius ke Farenheit digunakan rumus berikut : F = 9/5 * C + 3

Flowchart :

contoh-Konversi-Suhu

  1. Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap

Algortima :

Inputkan bilangan bulat.Kemudian bagi bilangan yang sudah diinputkan dengan angka 2. Jika menghasilkan sisa pembagian ( 0 ) maka bilangan tersebut genap. Dan jika menghasilkan sisa pembagian bukan (0) bimaka bilangan tersebut ganjil

 Flowchart :

contoh-Menentukan-Bilangan-Ganjil-atau-Genap


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Flowchart Adalah: Simbol, Contoh, Jenis, Fungsi, semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.