√ Pengertian Kebudayaan : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan secara umum ialah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila dan hukum adat dan setiap kecakapan serta kebiasaan.

√ Pengertian Kebudayaan : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Berikut dibawah beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli

1). Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebagai buah budi manusia, yang artinya hasil dari dua pengaruh besar yakni alam dan kodrat masyarakat. Ini juga merupakan suatu bukti kejayaan kehidupan manusia untuk bisa mengatasi kesulitan di dalam hidupnya supayam keselamatan dan kebahagyaan dapat terwujud. Nantinya, sifat tertib dan damai juga akan tercipta dari sini.

2). Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan perilaku dari manuasia dan hasil yang didapat melalui proses belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

3). Parsudi Suparlan

kebudayaan merupakan semua pengetahuan manusia yang maksudnya makhluk sosial yang digunakan untuk bisa memahami dan sebagai interpretasi dari lingkungan serta pengalamannya. Kebudayaan juga digunakan untuk andasan dalam bertingkah laku.

4). Haji Agus Salim

Beliau mengatakan bahwa kebudayaan ialah persatuan dari kata budi dan daya supaya menjadi makna satu jiwa yang tidak bisa dipisah – pisahkan.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Koentjaraningrat (1985) mengatakan ada tujuh unsur-unsur kebudayaan. Ia mengatakan sebagai isi pokok kebudayaan. Ketujuh unsur kebudayaan universal tersebut ialah sebagai berikut :

1). Kesenian

Pada saat memenuhi kebutuhan fisik manusia juga membutuhkan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga terciptanya kesenian yang bisa memuaskan.

2). Sistem teknologi dan peralatan

Sistem yang timbul sebab manusia bisa membuat barang – barang dan sesuatu yang baru supaya bisa memenuhi keperluan hidup dan membedakan manusia dengam makhluk hidup yang lainnya.

3). Sistem organisasi masyarakat

Sistem yang muncul sebab kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna tetapi tetap mempunyai kelemahan serta kelebihan masing – masing antar individunya sehingga akan timbul rasa utuk berorganisasi dan bersatu.

4). Bahasa

Sesuatu yang berasal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah menjadi lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan telah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.

5). Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi

Sistem yang timbul sebab manusia bisa membuat barang – barang dan sesuatu yang baru supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengam makhluk hidup yang lain.

6). Sistem pengetahuan

Sistem yang ada sebab setiap manusia mempunyai akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan memperoleh sesuatu yang berbeda pula, sehingga perlu disampaikan supaya yang lain juga mengerti.

7). Sistem religi

Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul sebab kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa.

Wujud Kebudayaan

Menurut Koentjaraningrat, wujud kebudayaan terbagi dari beberapa point, yaitu :

1). Nilai Budaya

Nilai – nilai ini dipelajari oleh masyarakat sejak kecil, sulit untuk dipisahkan dan menghasilkan gagasan di kemudian hari. bisa berupa buah pikiran, tingkah laku maupun benda – benda tertentu.

2). Sistem Sosial

Kebudayaan dalam sistem sosial sifatnya konkret dan juga bisa diabadikan. Sistem ini menunjukan tingkah laku manusia yang selalu berjalan dengan pola tertentu serta aturan-aturan tertentu.

3). Kebudayaan Fisik

Artinya mempunyai bentuk dan dapat dilihat. Misalnya saja hasil budaya seperti candi, baju adat dan gamelan serta benda – benda sejarah lainnya.

Fungsi Kebudayaan

Berikut dibawah ini beberapa fungsi kebudayaan

1). Pedoman hubungan manusia atau kelompok

suatu kelompok tertentu biasa berjalan dengan satu arah dan satu tujuan sebab memiliki kebudayaan yang sama. Contohnya ialah masyarakat Yogyakarta yang memiliki kebudayaan Grebeg Maulud untuk memperingati Maulid nabi Muhammad SAW. Satu Jogja sepakat bahwa itu merupakan budaya yang telah ada sejak dahulu, tujuannya jelas, dan dianggap sebagai salah satu pemersatu masyarakat.

2). Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Budaya semata-mata tentang adat istiadat, tapi juga pola perilaku manusia itu sendiri. Termasuk dalam bagaimana masyarakat tersebut bisa bertahan hidup dengan memenuhi keperluan hidupnya. contohnya Seperti berkebun untuk masyarakat pegunungan dan para pencari ikan di daerah pesisir pantai.

3). Mendorong Perubahan Masyarakat

Kebudayaan bisa dipakai untuk merubah masyarakat. Khusunya berlaku untuk kebudayaan baru yang mulai masuk pada ranah masyarakat tertentu. Contoh nyatanya ialah Budaya Korea yang masuk ke Indonesia, sedikit banyak merubah pola perilaku sebagian masyarakat yang menyukai kebudayaan tersebut.

Contoh Kebudayaan

Berikut dibawah ini beberapa contoh kebudayaan yang ada di Indonesia

1). Ngaben

Ngaben adalah tradisi masyarakat Bali dalam memperlakukan orang yang sudah wafat atau meninggal. Mereka percaya bahwa api akan mensucikan, sehingga orang yang sudah meninggal dibuatkan upacara tertentu yang kemudian dibakar sampai menjadi abu. Selanjutnya, abu akan dikumpulkan dalam suatu wadah yang nantinya akan dilarung ke laut.

2). Tradisi Bakar Batu

Tradisi Bakar Batu adalah bagian dari kebudayaan masyarakat Timur Indonesia. Mereka membakar batu sebagai tanda syukur kepada sang pencipta atas berkah serta hasil bumi yang melimpah. Bakar Batu juga menjadi simbol perdamaian atau gencatan senjata, sebab sejak dahulu antar suku di daerah Timur Indonesia sering kali terlibat peperangan.

3). Wiwitan

Tradisi ini sering dilakukan oleh masyarakat suku Jawa yang bermata pencaharian sehari-hari menjadi petani untuk mensyukuri hasil panen mereka yang melimpah. Wiwitan juag dilakukan dengan memotonga atau menyembelih ayam kampung, menyediakan dengan nasi uduk serta dibagi – bagikan kepada tetangga. Selain dari pada itu, petani yang berhubungan juga membuat sesaji khusus yang akan ditaruh di ladang dekat hasil panen mereka.

Demikianlah artikel tentang √ Pengertian Kebudayaan : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Ciri Galaksi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi
Lihat Juga:   √ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
Lihat Juga:   √ 10 Konsep Geografi : Contoh Dan Penjelasannya Menurut Para Ahli
Lihat Juga:   √ Pteridophyta : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat dan Ciri