Pengertian Manajemen Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Manajemen Adalah: Fungsi, Unsur, Tujuan, Jenis, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Manajemen-Adalah


Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen adalah sebuah proses dalam mengatur sesuatu yang dilakukan oleh para kelompok orang atau organisasi dalam mencapai sebuah tujuan organisasi tersebut melalui cara kerja sama yang memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki.

Secara etimologi kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu“menagement” yang mana mempunyai arti adalah seni untuk mengatur dan juga melaksanakan. Manajemen bisa juga diartikan sebagai cara perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya dalam mencapai suatu sasaran dengan efisien dan juga efektif.

Efektif dalam hal ini ialah untuk mencapai sebuah tujuan sesuai dengan perencanaan dan juga efisien dalam melaksanakan pekerjaan dengan benar dan juga teroganisir.

Menurut T. Hani Handoko, terdapat tiga alasan paling utama mengapa manajemen sangat diperlukan :

  • Manajemen diperlukan supaya tujuan pribadi dan juga organisasi bisa terwujud
  • Selanjutnya, manajemen juga sangat diperlukan dalam menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan,kegiatan, dan sasaran, yang akan bertentangan dari pihak yang ada kepentingan dalam organisasi.
  • Manajemen dibutuhkan dalam mencapai keefisiensi dan keefektivitas dari kerja organisasi

Sebuah organisasi yang dalam proses berkembang membutuhkan sebuah manajemen dalam beberapa hal; mencakup manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, produksi, dan manajemen lain-lain.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini merupakan beberapa pendapat menurut parah ahli, yaitu :

  1. Menurut George R. Terry

    Pengertian manajemen adalah suatu proses yang sangat identik yang terdiri dari beberapa tindakan; perencanaan, menggerakkan, pengorganinasian, dan pengawasan.

    Semua hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk menentukan dan juga mencapai target atau sasaran yang ingin dituju dengan cara memanfaatkan semua sumber daya, termasuk juga sumber daya manusia dan sumber daya lain-lain.

  2. Menurut Mary Parker Follet

    Pengertian manajemen adalah suatu seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lainnya, seorang manajer bertugas untuk mengatur dan juga mengarahkan orang lain dalam mencapai tujuan sebuah organisasi.

  3. Menurut Henry Fayol

    Pengertian manajemen adalah sebuah proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pengawasan/ kontrol atas sumber daya yang ada supaya mencapai tujuan dengan efektif dan juga efisien.


Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

Fungsi Manajemen adalah untuk elemen dasar yang harus bisa melekat dalam manajemen sebagai acuan dari seorang manajer dalam menjalankan tugas demi mencapai tujuan dengan cara mengorganisir, merencanakan, mengordinasi dan mengendalikan.

Manajer dengan aktif akan melakukan sebuah pengawasan terhadap sumber daya yang talah diorganisasi sebelumnya dan akan memastikan apa yang sudah dikerjakan akan sesuai dengan apa yang direncanakan. Adanya suatu kesalahan atau sebuah penyimpangan dalam menjalankan sebuah tugas bisa dikoreksi guna menjadi sebuah pelajaran pada perencanaan ditahap berikutnya.

Klasifikasi terhadap masing-masing sumber daya juga sangat penting guna menjadi bahan klasifikasi supaya tidak  akan menimbulkan dominansi dari manajer saja. Bisnis yang baik ialah bisnis yang anggotanya dapat bekerjasama sacara tim dan juga bisa berjalan secara simultan.


Unsur-Unsur Manajemen

Berikut dibawah ini adalah unsur-unsur manajemen, yaitu :

  1. Manusia (Human)

    Faktor utama yang sangat menentukan dalam manajemen adalah manusia. Pada praktiknya, manusia lah yang membuat sebuah tujuan dan juga melakukan proses dalam mencapaian sebuah tujuan tersebut. Artinya, proses kerja tidak bisa terjadi jika terdapat sebuah unsur manusia di dalamnya.

  2. Uang (Money)

    Uang merupakan sebuah unsur manajemen yang paling berpengaruh karena hasil dari kegiatan bisa diukur dengan jumlah yang beredar pada suatu perusahaan. Unsur uang bisa menjadi sebuah alat dalam sebuah proses untuk mencapaian suatu tujuan dengan penggunaan yang diperhitungkan dengan rasional.

    Penggunaan uang di sebuah perusahaan ialah sebagai suatu biaya operasional, seperti gaji pegawai, pembelian dan sebuah perawatan peralatan kantor, dan juga peralatan lainnya yang akan dibutuhkan dari perusahaan tersebut.

  3. Materials (Bahan)

    Bahan ini terdiri dari raw material dan juga bahan jadi. Unsur material merupakan sebuah faktor yang sangat penting didalam dunia usaha karena sebuah hasil yang baik hanya dapat tercapai apabila terdapat material yang baik.

  4. Mesin (Machines)

    Mesin sangat dibutuhkan manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan yang sangat sulit menjadi sangat mudah dan juga cepat. Penggunaan mesin dapat meningkatkan sebuah hasil dan juga keuntungan bahkan membuat proses kerja menjadi sangat efektif dan juga efisien.

  5. Metode (Methods)

    Proses pelaksanaan dalam bekerja bisa berjalan dengan efektif dan efisien jika dilakukan sesuai dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja yang harus mempertimbangkan waktu, sasaran, fasilitas, uang, dan kegiatan bisnis.

    Selain itu, sebuah metode yang tepat dan baik juga harus dapat dipahami oleh manusia yang menjalankannya. Artinya, sebuah metode hanya dapat berjalan dengan baik jika manusia juga terlibat di dalamnya.

  6. Pasar (Market)

    Proses pemasaran produk juga merupakan seuatu unsur manajemen yang paling krusial trehatap sebuah perusahaan. Jika tidak adanya sebuah pemasaran maka barang tidak bisa laku.

    Sebauh bisnis dapat menguasai pasar jika bisa menawarkan sebuah produk yang mempunyai kualitas dan sesuai dengan minat dan juga daya pembeli seorang konsumen. Karena itulah mengapa proses pemasaran sangat erat hubungannya terhadap sebuah kualitas barang yang dipasarkan.


Tujuan Manajemen

Berikut dibawah ini merupakan tujuan manajemen, yaitu :

  1. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
  2. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien.
  3. Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
  4. Senantiasa memperbaharui strategi yang kita rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  5. Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur.

Contoh dan Jenis-Jenis Manajemen

Dalam penerapan sebuah ilmu manajemen pada kehidupan kita sehari-hari, terdapat banyak sekali contoh yang bisa ditemukan, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh dan macam-macam manajemen:

  1. Manajemen Administrasi Perkantoran
  2. Manajemen OrganisasiManajemen Strategi
  3. Manajemen Biaya
  4. Manajemen Perusahaan
  5. Manajemen Personalia dan Administrasi
  6. Manajemen Produksi
  7. Manajemen Pemasaran
  8. Manajemen Waktu
  9. Manajemen Keuangan
  10. Manajemen Komunikasi
  11. Manajemen Organisasi
  12. Manajemen Konstruksi
  13. Manajemen Pendidikan
  14. Manajemen Stress
  15. Manajemen Agribisnis
  16. Manajemen Risiko
  17. Manajemen Sumber Daya Manusia
  18. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  19. Manajemen Rantai Pasokan
  20. Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  21. Dan lain sebagainya

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Manajemen Adalah: Fungsi, Unsur, Tujuan, Jenis, Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √Senyawa Kimia Adalah