√ Pengertian Pangsa Pasar : Segmentasi, Tujuan, Contoh dan Strateginya

Diposting pada

Pengertian Pangsa Pasar

Yaitu sebuah strategi pemasaran yang mencakup sasaran pasar yang luas menjadi kumpulan dari beberapa bagian kecil diantaranya konsumen, bisnis ataupun negara yang mempunyai kebutuhan umum atau sebuah kepentingan dan memiliki prioritas dan kemudian merancang sebuah strategi untuk menjadikannya sasaran. biasanya pangsa pasar digunakan untuk menganalisa target pasar sebuah produk yang tergantung pada permintaan yang spesifik dansesuai dengan segmentasi produk.

√ Pengertian Pangsa Pasar : Segmentasi, Tujuan, Contoh dan Strateginya

Segmentasi Pangsa Pasar

Didalam pangsa pasar terdapat beberapa segmentasi untuk mempermudah pembagian kriterianya, segmentasi tersebut diantaranya adalah :

Segmentasi Geografis

Pemasar biasanya menggunakan segmentasi geografis untuk melakukan analisa terhadap konsumen pada sebuah wilayah yang cenderung menggunakan produk tertentu berdasarkan wilayahnya, misalkan wilayah atau daerah yang memiliki curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, jasa hujan atau yang sangat berfungsi ketika hujan. Dan pemasar didaerah yang panas menjual barang seperti kipas angin, Pendingin ruangan dan lain lain, seperti itulah kira-kira definisi dari segmentasi geografis.

Segmentasi Demografis

Segmentasi yang berdasarkan usia, gender, agama, suku bisa juga berdasarkan manfaat dari layanan ataupun produk yang diberikan manfaat nya juga akan berbeda sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya. segementasi ini memungkinkan membagi pasar sesuai dengan tahap kehidupan yang ada.

Segmentasi Psikografis

Segmentasi yang paling berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berkaitan dengan gaya hidup, di zaman saat ini ketika suatu barang menjadi trending maka akan diikuti oleh semua kalangan. didalam perkembanganya media sosial yang paling berpengaruh pada segmentasi ini.

Segmentasi oleh Manfaat

Segementasi ini bisa berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.

Segementasi Sesekali

Segmentasiini tidak mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah maupun atas misal dengan memberikan minuman bersoda didalam pesta sederhana.

Segmentasi Budaya

segmentasi budaya digunakan untuk mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya karena budaya adalah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan dan dipakai untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi. segmentasi budaya dapat digunakan sebagai cara yang baik untuk membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.

Segmentasi Prilaku

Sekmentasi yang satu ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, dan diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap ataupun tanggapan mengenai sebuah produk banyak pemasar yang menggunakan metode ini karna prilaku atau sikap adalah langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.

Tujuan Pangsa Pasar

  1. Pasar lebih mudah dibedakan
  2. Pelayanan kepada pembeli lebih baik
  3. Strategi pemasaran yang lebih mengarah

Contoh Pangsa Pasar

Market Share yang biasa kita dengar adalah sebuah indikator yang di pakai oleh perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan dengan kompetitor perusahaan yang ada. Kita ambil contohnya adalah dalam sebuah pangsa pasar sebuah perusahaan penjualan gadget menargetkan penjualan mencapai 70 % dari produk yang ada pada perusahaan tersebut dilihat dari pesaing atau kompetitor yang ada pada tahun berjalan dan ternyata pada tahun berikutnya target tercapai yakni 75% berarti pangsa pasar dari perusahaan tersebut sukses dan berjalan dengan baik, sebaliknya apabila tidak mencapai target maka perusahaan harus mengevaluasi lagi metode pangsa pasar yang digunakan.

Strategi Pangsa Pasar

Jika Kegiatan Bisnis kita sudah berjalan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan pangsa pasar

dengan strategi yang jitu, berikut strategi yang bisa dilakukan :

1. Tambahkan produk serta layanan baru

Terdengar begitu sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada perusahaan. akan tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat. Anda harus mengerti produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.

Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang ingin membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.

kemudian pertanyaannya apakah Anda bisa memenuhi permintaan dari pelanggan atau tidak. Cara terbaik untuk meljawab pertanyaan diatas adalah dengan melakukan riset pasar agar dapat mengetahui apa dan berapa jumlahnya yang diinginkan.’

2. Menjual Produk kepada konsumen yang Sudah ada dengan meningkatkan Jumlah

Dengan metode ini, maka Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada. Kemudian, Anda akan fokus pada penjualan serta strategi marketing yang fokus pada segmen ini. Strategi ini juga terlihat begitu mudah akan tetapi cukup sulit untuk dilakukan guna menganalisis segmentasi pasar.

3. Memperluas area Pasar ke Tempat Baru

Tugas Anda adalah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda juga memerlukan yang namanya riset/ penelitian dilapangan agar produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan riset/penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar jika baik maka langkah berikutnya ialah memilih lokasi yang strategis untuk mempromosikan produk kepada pelanggan baru.

4. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Pada umumnya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan demografi/lokasi tertentu seperti jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan.

5. Masuk Pada Sistem Penjualan Baru

Strategi yang satu ini menuntut Anda untuk dapat memasuki ranah dunia bisnis baru yakni ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar dan saat ia berhasil memanfaatkan sebuah teknologi dan sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bisa juga digunakan untuk memudahkan pelanggan pada dunia internet menemukan produk yang anda jual.

6. Mengambilalih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha atau bisnis orang lain yang sudah meningkat atau yang akan menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara untuk peningkatan jumlah pelanggan Anda. untuk contoh Instagram di beli oleh facebook karna bisa saja menjadi pesaing dan pastinya meningkatkan bisnis pada facebook

Dari 6 teknik di atas, Anda sudah bisa merumuskan bagaimana perusahaan bisa berkembang dan meningkat dari segi jumlah pelanggan sehingga peluang untuk meraih keuntungan yang lebih banyak juga pasti akan meningkat.

Demikianlah artikel tentang √ Pengertian Pangsa Pasar : Segmentasi, Tujuan, Contoh dan Strateginya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Larutan Elektrolit : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Khasiat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Balok : Pengertian, Sifat, Rumus dan Unsurnya
Lihat Juga:   √ Jenis Bakteri : Pengertian, Peran, Struktur dan Cirinya
Lihat Juga:   √Contoh Bibliografi : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi, Manfaat dan Contohnya