√Penyakit Bronkitis : Pengertian, Penyebab, Pengobatan, Gejala dan Diagnosis Secara Lengkap

Diposting pada

Pengertian Bronkitis

Bronkitis merupakan infeksi pada saluran pernapasan yang utama dari paru-paru maupun bronkus yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan maupun inflamasi pada saluran tersebut.selanjutnya, Kondisi ini termasuk sebagian besar salah satu penyakit pernapasan.

Penyakit Bronkitis

Bronkitis terbagi menjadi 2 jenis yakni. Pertama, bronkitis akut yang akan bertahan selama 2 atau 3 minggu. Bronkitis akut merupakan salah satu infeksi sistem pernapasan yang paling sering terjadi dan paling utama menyerang anak berumur di bawah 5 tahun. Kedua, bronkitis kronis merupakan salah satu infeksi bronkus yang dapat bertahan setidaknya 3 bulan dalam satu tahun dan berulang pada tahun depannya. Bronkitis sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 42 tahun.

Penyebab Terjadinya Bronkitis

Bronkus merupakan salah satu saluran udara pada sistem alur pernapasan yang akan membawa udara ke paru-paru ataupun  sebaliknya.yakni, Dinding bronkus akan juga menghasilkan mukosa ataupun lendir untuk menahan partikel-partikel yang lain bisa akan menyebabkan iritasi agar tidak akan masuk ke dalam paru-paru.

Bronkitis akut datang  dari infeksi paru-paru yang dapat kebanyakan disebabkan oleh virus. Iritasi dan peradangan disebabkan oleh bronkus akan dihasilkan mukosa maupun lendir dalam bentuk yang  banyak. setelah itu,tubuh akan mengeluarkan lendir.

Penyebab bronkitis kronis yang paling sering yaitu kebiasaan merokok. Tiap kali isapan rokok akan  merusak bulu-bulu kecil yg ada di dalam paru-paru yang juga disebut dengan rambut silia. Rambut silia juga berfungsi untuk menghalau dan menyapu keluar masuk debu, iritasi,maupun mukosa atau lendir yang amat berlebihan. setelah sekian lama, kandungan rokok juga bisa dapat menyebabkan penyakit permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus.

Pengobatan Penyakit Bronkitis

Pengobatan profesional untuk bronkitis, akut juga terdiri dari cara cara yang amat sederhana seperti, banyaknya istirahat/tidur, mengkosunsi banyak minum air mineral, maupun menghindari asap rokok maupun polusi udara sehingga menggunakan  bronkodilator intalasi. oleh sebab itu, bronkitis akut sembuh, pencegahan bronkitis ialah dengan cara mengikuti  gaya hidup sehat dengan menghindari asap rokok atau menghindari polusi udara tercemar. Dalam kasus bronkitis kronis yang amat parah, steroid oral, inhaler maupun oksigen yang bertambah dapat diberikan untuk mengurangi peradangan.

Antibiotik juga tidak akan diberikan pada kasus ini yang akan disebabkan oleh virus karena tidak akan memberikan efek apapun. Pemberian antibiotik diperlukan jika ada kemungkinan yg terjadi infeksi bakteri. Jika ada peningkatan dalam jumlah cairan lendir atau pun kekentalannya, berarti kita sudah terkena terinfeksi oleh sebuah bakteri/kuman. obat antibiotik yang akan diberikan biasanya yakni untuk 5 hari atau 6 hari.

Jika seseorang yang memiliki bronkitis yang kronis, paru-paru nya akan rentan terhadap infeksi. Sebaiknya pasien bronkitis kronis segera akan mendapatkan perawatan. Pemberian vaksinasi akan melindungi/mengobati Anda dari bakteri atau pun virus dari penyakit ini. Disarankan untuk mengkonsultasi kan dengan dokter sebelum melakukan perawatan.

yang perlu diingat adalah, jangan mengkonsumsi/meminum obat antitusif tanpa resep dokter maupun suster. Sama dengan halnya  bronkitis yang akut, batuk yang produktif berhubungan juga dengan bronkitis kronis kita juga dapat membantu membersihkan paru-paru.kebanyakan kasus ini, bronkitis bisa juga diatasi dengan mudah di rumah/di kampung halaman. Anda hanya perlu menemui dokter maupun suster jika ada gejala bronkitis yang muncul menjadi semakin buruk dan tidak kaya biasanya, contohnya:

  • Batuk yang anda alami lebih parah dan bertahan lebih  dari 3 minggu.
  • Mengalami demam/panas selama lebih dari 3 hari.
  • Batuk berdarah atau berdahak.
  • Anda menderita penyakit jantung atau paru-paru yang jadi penyebab dasarnya. contohnya penyakit asma,dan gagal jantung.
  • Untuk mendiagnosis bronkitis, suster maupun dokter akan bertanya gejala yang dialami oleh kita,suster maupun dokter juga akan memeriksa dan juga mengecek bagian dada memakai stetoskop

Gejala Bronkitis

Gejala yang utama bronkitis adalah  salah satu batuk yang terus menerus dan yang sangat efektif  liur nya kehijauan. Gejala yang lainnya juga akan mirip dengan flu biasa .gejala yang akan  timbul di bawah ini:

1.sakit tenggorokan

2.sakit kepala atau pusing

3.hidung berair atau tersumbat

4.sakit atau nyeri dada atau perut karena batuk terus-menerus

5.lelah atau lesu

6.demam yang tidak terlalu tinggi atau panas

7.meriang atau menggigil.

8.jika pada bronkitis kronis,kita juga sering terjadi penderita yang akan mengalami sesak napas  karena saluran,jangan menyepelekan kondisi kita jika terjadi batuk berdarah atau pun batuk berlendir yang kental dan gelap.kita Segera periksa ke dokter untuk pengobatan lebih tepat.

Diagnosis

Dokter maupun suster yang akan menentukan diagnosis bronkitis akan berdasarkan gejala yang akan muncul atau pemeriksaan mental atau fisik. Gejala bronkitis umumnya hampir mirip dengan infeksi paru-paru. oleh sebab itu,Terkadang juga dokter maupun suster akan membutuhkan pemeriksaan sinar X rey untuk dapat memastikan keadaan penderita bronkitis.

Demikianlah artikel tentang √Penyakit Bronkitis : Pengertian, Penyebab, Pengobatan, Gejala dan Diagnosis Secara Lengkap dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Pengertian VOC : Latar Belakang, Tujuan, Hak Istimewa, Politik dan Kemundurannya
Lihat Juga:   √Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya
Lihat Juga:   √Struktur Jaringan Akar
Lihat Juga:   Implikasi Adalah