√ Penyebab Pelanggaran Ham : Pengertian, Jenis, Faktor dan Bentuk

Diposting pada

Pengertian Pelanggaran Ham

Pelanggaran hak asasi manusia adalah sebuah kata yang merujuk pada tindakan mengambil atau menghancurkan hak-hak dasar manusia, contohnya seperti hak hidup dan juga hak atas kebebasan. Meskipun, tidak semua pelanggaran yang berhubungan dengan hak bisa dikategorikan sebagai pelanggaran HAM.

 

Ada bermacam-macam tindakan yang termasuk dalam pelanggaran HAM serta yang terberat di antaranya ialah pembunuhan serta pelecehan. Undang-undang negara kita sudah mengatur hal-hal yang berhubungan dengan pengadilan terhadap pelanggaran hak asasi manusia.

Penyebab Pelanggaran Ham : Pengertian, Jenis, Faktor dan Bentuk

Jenis-jenis Pelaggaran Ham

Terdapat beberapa macam jenis pelanggaran ham, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Kejahatan Genosida

Kejahatan genocide merupakan perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau merusak seluruh atau sebagian kelompok bangsa atau ras. Tindakan pelanggaran hak asasi manusia ini merupakan salah satu yang paling mengerikan serta membahayakan bagi kehidupan sebuah bangsa.

2). Kejahatan Kemanusiaan

Kejahatan kemanusiaan merupakan perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas dan sistematik yang diketahui bahwa serangan itu disampaikan secara langsung terhadap penduduk sipil, misalnya pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, penyiksaan, pemerkosaan dan penghilangan orang secara paksa serta kejahatan apartheid.

3). Pembajakan dan Perampokan

Pembajakan merupakan tindakan kejahatan yang dilakukan di pesawat udara, sedangkan perampokan ialah kejahatan yang dilakukan di laut.

4). Kejahatan Perang

Kejahatan perang merupakan tindakan kejahatan yang umumnya dilakukan oleh pribadi pada saat perang serta berakibat banyak korban yang terlibat dalam peperangan itu, contohnya kejahatan Perang Dunia II.

 

Faktor Penyebab Pelanggaran Ham

Terdapat 2 (dua) Faktor Penyebab Pelanggaran Ham, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Faktor Internal

Faktor internal terjadinya pelanggaran HAM adalah dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan tindakan-tindakan yang bisa membahayakan hak asasi orang lain.
Faktor internal penyebab pelanggaran HAM tersebut bisa tercapai dalam sikap seseorang yang ingin mementingkan diri serta kelompoknya sendiri. Sikap mementingkan ego tersebut bisa berujung pada kelengahan atau hilangnya rasa toleransi terhadap orang lain.

2). Faktor Eksternal

Faktor eksternal penyebab terjadinya pelanggaran HAM berasal dari penyalahgunaan kekuasaan oleh para pemimpin atau pejabat. Beberapa pemimpin dikenal mempunyai ideologi serta kepentingan pribadi yang berimbas pada tindakan pelanggaran hak dasar warganya. Penyalahgunaan kekuasaan tersebut tidak hanya bisa terjadi di ranah pemerintahan. Para pemegang perusahaan tidak jarang melakukan tindakan atau kebijakan yang dinilai bisa saja melanggar hak asasi manusia.

 

Bentuk-Bentuk Pelanggaran HAM

Terdapat 2 (dua) macam bentuk-bentuk pelanggaran ham, berikut di bawah ini penjelasannya

1). Pelanggaran HAM Berat

Pelanggaran HAM Berat Undang-undang No. 39 Tahun 1999 pasal 104 ayat (1) menjelaskan bahwa tindakan-tindakan yang termasuk ke dalam jenis pelanggaran HAM berat di antaranya ialah : genosida, kejahatan kemanusiaan, pembunuhan di luar putusan pengadilan dan penyiksaan, perbudakan serta diskriminasi yang dilakukan secara sistematis.

a). Genosida

Menurut UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, genosida adalah sebuah perbuatan yang dilakukan demi merusak maupun memusnahkan kelompok ras, suku bangsa atau agama tertentu.

b). Kejahatan Kemanusiaan

Merujuk pada tindakan maupun serangan sistematis yang ditujukan pada individu, kelompok maupun penduduk sipil yang didasari oleh konflik di bidang politik serta kepentingan.

2). Pelanggaran HAM Ringan

Meski masih dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran terhadap hak, pelanggaran HAM ringan adalah jenis pelanggaran hak yang tidak berdampak pada penghilangan nyawa seseorang atau kelompok tertentu. Bentuk pelanggaran HAM ringan di antaranya ialah : pemukulan, pembatasan kebebasan berpendapat dan perampasan atau pengambilan secara paksa harta milik orang lain. Kasus pelanggaran HAM ringan sering kita temui di kehidupan sehari-hari contohnya di lingkungan keluarga serta sekolah.

 

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Berikut dibawah ini beberapa contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

1). Kasus pelanggaran di Tanjung Priok

Sekita tahun 1984 pernah terjadi sebuah penembakan serta beberapa bentuk kekerasan massal yang pernah dilakukan oleh aparat serta warga sekitar. Hal tersebut menyebabkan banyaknya korban jiwa yang mengalami luka parah.

2). Kasus Dayak dan Madura

Sekitar tahun 2000, kedua suku yaitu Dayak dan Madura ini mengalami sebuah kesalah pahaman dan pertikaian akibat kepentingan etnis. Dari permasalahan pelanggaran HAM ini akhirnya banyak memakan banayak korban jiwa dari kedua suku tersebut.

3). Kasus TKI Malaysia

Masih di tahun 2000, ada sebuah bentuk pelanggaran yang terjadi di Malaysia yakni beberapa warga Indonesia yang mendapatkan sebuah penganiayaan saat masa kerjanya di negara tersebut. Para TKW mendapatkan tindak kekerasan fisik serta seksual dari majikannya.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Penyebab Pelanggaran Ham : Pengertian, Jenis, Faktor dan Bentuk semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Teori Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli : Pengertian, Manfaat dan Faktornya

Lihat Juga:   √ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya

Lihat Juga:   √ Globalisasi Menurut Para Ahli : Pengertian , Penyebab dan Dampaknya

Lihat Juga:   √ Lempar Lembing : Pengertian, Teknik dan Aturannya