7 Perbedaan Hak dan Kewajiban beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul 7 Perbedaan Hak dan Kewajiban beserta Contohnya Lengkap, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Perbedaan-Hak-dan-Kewajiban


Pengertian Hak

Hak dapat diartikan sebagai hak untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Hak sangat memungkinkan orang untuk menyadari apa yang berhak mereka dan apa yang tidak berhak mereka lakukan. Diberbagai masyarakat dan kelompok budaya, ada berbagai hak, ini mungkin didukung oleh batasan-batasan sosial, etika atau hukum. Ketika berbicara tentang hak, semua nilai universal berlaku untuk semua manusia terlepas dari kebangsaan, jenis kelamin, budaya, agama, atau kelompok etnis. Hal itu dikenal sebagai hak asasi manusia. Hak dipercaya sebagai meletakkan dasar bagi fungsi dan stabilisasi masyarakat yang efektif.


Pengertian Kewajiban

Sedangkan kewajiban dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan seseorang karena hukum, kebutuhan ataupun karena itu adalah tugas mereka . Ada berbagai bentuk kewajiban seperti kewajiban hukum, kewajiban moral, dan lain sebagainya.

Apabila individu lebih fokus untuk mendapatkan hak mereka namun tidak peduli dengan kewajiban mereka, maka individu tersebut akan menciptakan suasana yang negatif. Oleh sebab itu, orang harus menyadari bahwa sama seperti mereka menikmati hak mereka, mereka harus memenuhi kewajiban mereka terhadap orang lain.


Perbedaan Hak dan Kewajiban

  1. Hak dapat didefinisikan sebagai hak untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Sedangkan kewajiban dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang harus dikerjakan seseorang karena hukum, keharusan atau karena itu adalah pekerjaan mereka.
  2. Hak memiliki fungsi sebagai kewenangan yang dimiliki orang. Sedangkan kewajiban merupakan pekerjaan yang harus dirampungkan oleh orang-orang yang diistimewakan oleh hak-hak mereka.
  3. Hak hanya ditujukan untuk diri sendiri. Sedangkan kewajiban ditujukan kepada sebagian besar orang lain.
  4. Hak yaitu apa yang kita peroleh dari masyarakat. Sedangkan kewajiban merupakan apa yang kita kerjakan untuk masyarakat.
  5. Hak itu bisa dipertahankan atau ditantang oleh pengadilan. Sedangkan kewajiban warga negara tidak dapat ditantang oleh pengadilan.
  6. Hak itu didasarkan pada hak istimewa yang diserahkan kepada seseorang. Sedangkan kewajiban didasarkan pada akuntabilitas menjalankan tugas oleh individu.
Lihat Juga:   √Chatting Adalah

Contoh Hak Dan Kewajiban

Berikut ini merupakan contoh dari hak dan kewajiban yang sering kita jumpai di dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu diantaranya :

Contoh Hak

  1. Hak dalam menyampaikan pendapat.
  2. Hak berbicara dalam keluarga.
  3. Hak mendapatkan perlindungan untuk anak-anak.
  4. Hak mendapatkan kasih sayang keluarga.
  5. Hak mendapatkan pengajaran di sekolah.
  6. Tiap warga negara berhak mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum.
  7. Hak atas penghidupan yang layak.
  8. Tiap warga negara berhak untuk mempertahankan wilayah negara Indonesia.

Contoh Kewajiban

  1. Membayar uang sekolah.
  2. Menjunjung tinggi dasar negara dan menaati peraturan yang berlaku.
  3. Berkewajiban membayar pajak.
  4. Kewajiban menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.
  5. Ikut serta dalam pembangunan dalam membangun bangsa agar dapat berkembang dan maju.

Contok Hak Warga Negara Indonesia

  1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
  2. Semua warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  3. Semua warga negara memiliki kedudukan yang sama dimata hukum dan didalam pemerintahan.
  4. Semua negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.
  5. Semua warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
  6. Semua warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh.
  7. Semua warga negara Indonesia memiliki hak yang sama dalam kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.

Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia

  1. Semua warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk berperan dalam membela dan mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.
  2. Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda).
  3. Semua warga negara Indonesia harus mentaati juga menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  4. Semua warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di negara indonesia.
  5. Semua warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa supaya bangsa ini dapat berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.
Lihat Juga:   Konstitusi Adalah

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul 7 Perbedaan Hak dan Kewajiban beserta Contohnya Lengkap, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.