Sejarah Sepak Bola Di Dunia

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Sejarah Sepak Bola Di Dunia : Materi, Peraturan & Teknik Dasar, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Sejarah-Sepak-Bola-Di-Dunia


Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sejarah sepak bola sebagai olahraga disukai dari abad ke-2 Masehi hingga abad ke-3 Masehi di Cina. Selama Dinasti Han, orang-orang menggiring bola kulit dan memasukan bola di jaring kecil yang disebut Tsu Chu. Sepak bola juga dimainkan di Jepang dengan nama lain, Kemari. Pada abad ke-16, sepakbola juga populer di Italia. Kemudian, banyak pertandingan sepak bola ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Roma, Amerika Tengah dan Roma Kuno.

Tetapi ketika sepak bola mencapai Inggris pada tahun 1365, Raja Edward III melarang bermain sepak bola, karena dalam sepakbola ada banyak kekerasan dan aksi brutal. Namun pada 1360, Raja Edward III mengizinkan kembalinya sepakbola. Namun sepak bola tidak berubah, tetap penuh dengan kekerasan dan tindakan brutal. Hingga 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembalinya pertandingan sepak bola tanpa kompromi dan disertai sanksi tegas terhadap mereka yang masih bermain sepakbola dengan memenjarakan orang tersebut. Namun akhirnya, pada 1680, larangan bermain sepakbola kembali dicabut oleh Raja Charless II.

Sejarah Sepakbola Modern Berdasarkan Tahun:

  • Pada 1863 asosiasi sepakbola Inggris dibentuk
  • Pada 1885, ada pertandingan sepakbola di luar Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika
  • Pada tahun 1886 diadakan pertemuan untuk pertama kalinya untuk membahas pembentukan kelompok-kelompok, yaitu Asosiasi Sepak Bola Dunia
  • Pada tahun 1888 seorang wasit menjadi penengah di permain sepak bola
  • Pada tahun 1904, Asosiasi Fédération Internationale de Football (FIFA) do France dibentuk, yang mempunyai anggota Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis.
Lihat Juga:   Patriotisme Adalah

Pengertian Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola dengan bahan kulit / karet dan dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari 11 pemain utama dan beberapa pemain pengganti.

Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian sepak bola adalah permainan yang dibuat dengan cara menendang bola di mana tujuannya adalah untuk menempatkan bola di gawang lawan. Pertandingan sepak bola dimenangkan oleh tim yang memasukan bola ke gawang lawan paling banyak sesuai dengan aturan permainan.

Dalam bahasa Inggris, sepakbola disebut Football, sedangkan di Amerika Serikat, permainan disebut Soccer. Istilah “sepakbola” terdiri dari dua kata, yaitu:

  1. Sepak yang artinya adalah menendang dengan kaki.
  2. Bola, yang berarti alat bermain yang berbentuk bundar dan berbahan dasar kulit / karet.

Peraturan Sepak Bola

Bola

  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bola = Berbentuk bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Keliling lingkaran bola = 68 – 71 cm

Gawang

  • Tinggi gawang = 2,44 m
  • Lebar gawang = 7,32 m

Lapangan

  • Panjang lapangan =100 – 110 m
  • Lebar lapangan = 64 – 75 m
  • Luas daerah gawang = 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah penalti = 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik Penalti dengan garis gawang = 11 m

Teknik Dasar Sepak Bola

Berikut dibawah ini merupakan teknik dasar sepak bola, yaitu :

  1. Menendang ( kicking ),
  2. Menggiring ( dribbling ),
  3. Menyundul ( heading ),
  4. Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ),
  5. Mengambil Bola ( tacling ),
  6. Lemparan Kedalam ( trow – in )
  7. dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping )

Tujuan Sepak Bola

Berikut dibawah ini tujuan permainan sepak bola, yaitu :

  1. Saling menghormati antar sesama agar tercipta fair play.
  2. Mencetak atau menghasilkan gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dengan mengkombinasikan teknik bermain sepak bola yang ada.
  3. Mencegah gawang kemasukan gol melalui penyusunan taktik dan pertahanan yang kuat.
  4. Menjaga kesehatan karena dalam olahraga kita dituntut untuk terus bergerak dan berlari demi mencapai tujuan yang ditetapkan. Dengan begitu, jantung, paru-paru, dan kekuatan otot tubuh akan terlatih sehingga daya tahan tubuh dan sistem imun akan semakin meningkat.
  5. Meningkatkan jalinan kerjasama antar tim agar terhindar dari kegagalan dan sifat egois.
  6. Menjaga sportifitas yang artinya menjaga kejujuran dan saling menghormati antar satu pemain dengan pemain yang lainnya.
Lihat Juga:   Demokrasi Terpimpin

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Sejarah Sepak Bola Di Dunia : Materi, Peraturan & Teknik Dasar, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.