√ Struktur Kloroplas : Pengertian dan Fungsi

Diposting pada

Pengertian Kloroplas

Kloroplas merupakan sebuah organ pada sel yang hanya terdapat dalam suatu tumbuhan. Kloroplas ini berfungsi sebagai berlangsungnya fotosintesis. Kloroplas merupakan organel yang memiliki membran ganda. Kloroplas terdapat pada hampir semua tumbuhan tetapi tidak umum dalam semua sel. Jika ada, maka setiap sel dapat memmiliki satu sampai lebih plastid.

√ Struktur Kloroplas : Pengertian dan Fungsi

Pada tumbuhan tinggi seperti tumbuhan yang berbunga atau tumbuhan paku, kloroplas pada umumnya berbentuk seperti cakram yang mempunyai diameter kira-kira 2 x 5 mm, dan juga terkadang bisa lebih besar, kloroplas itu dapat tersusun atas lapisan tunggal dalam sitoplasma dan terkadang memiliki bentuk dan posisi yang tidak sesusai karena dipengaruhi dari intensitas dari cahaya. Kloroplas memang mempunyai bentuk yang berubah – ubah hal ini dapat kita lihat pada ganggang yang terkadang mempunyai bentuk spiral, mangkuk, bintang, dan juga terkadang menyerupai jaring tergantung intensitas cahaya yang akan diterima pada ganggang tersebut.

pada umumnya kloroplas dewasa memiliki membran stroma, disinilah akan terjadi reaksi – rekasi gelap pada saat fotosintesis. Dalam stroma terdapat sejumlah grana, yang masing – masing terdiri dalam setumpuk tilakoid berupa sebuah gelembung yang mempunyai membran, pipih atau cakram. Membran tilakoid menyimpan pigmen – pigmen fotosintesis dan juga sistem transpor elektron yang ada dalam fasa fotosintesis yang sangat tergantung pada sinar cahaya matahari.

Fungsi Kloroplas

Kloroplas merupakan suatu tempat untuk sebuah proses fotosintesis. Fotosintesis ini memerlukan energi cahaya matahari yang akan diserap oleh klorofil dan diubah menjadi sebuah energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat ataupun senyawa organik lain yang akan dibutuhkan oleh tumbuhan. Reaksi yang terjadi pada fotosintesis merupakan reaksi pebentukan ATP yang akan melibatkan transpor elektron dan juga tanspor hidrogen dalam senyawa seperti sitokrom dan NADH.

Struktur Kloroplas

Komponen utama dari kloroplas ialah:

a.Membran

Membran kloroplas meupakan suatu struktur membran ganda yang terdapat di dalam membran luar dan juga membran dalam. Masing-masing membran ini ialah bilayer fosfolipid, dan juga tebalnya sekitar 6 sampai 8 nm. Sebuah ruang tebal hadir sekitar 10 sampai 20 nm antara 2 membran yang sering dikenal sebagai ruang antar membran.

b.Stroma

Stroma merupakan suatu cairan yang berada dalam membran membran ganda yang sering disebut stroma. Komponen internal serta beberapa zat terlarut yang tersebar ke stroma. Stroma kaya protein, dan juga banyak yang mengandung beberapa enzim yang akan diperlukan untuk proses penting seluler. DNA kloroplas juga hadir dalam stroma bersama dengan ribosom dan juga molekul lain yang akan diperlukan untuk sintesis protein. Pati disintesis melalui fotosintesis akan disimpan dalam stroma dalam bentuk suatu butiran.

c.Tilakoid

Selain itu ada2 membran yang membentuk membran, kloroplas ini akan mengandung sistem membran internal yang ke 3 yang sering disebut membran tilakoid. Tilakoid internal, membran-terikat kompartemen yang akan dibentuk oleh membran tilakoid tersebut. Bagian internal tilakoid disebut lumen tilakoid, dan juga berisi plastocyanin atau molekul lain yang diperlukan untuk pengangkutan sebuah elektron.

d.Grana

Beberapa tilakoid tersebut diatur dalam bentuk suatu cakram yang akan ditumpuk antara yang 1 dengan yang lainnya. Tumpukan ini sering disebut grana, dan juga akan terhubung satu sama lain melalui tilakoid intergrana maupun tilakoid stroma.

e.Fotosistem

Hadir dalam membran tilakoid, ini merupakan sebuah unit struktural dan juga fungsional untuk bisa memanfaatkan energi matahari. Sebuah fotosistem terdiri atas pusat reaksi yang akan dikelilingi oleh penangkap suatu cahaya matahari maupun antena kompleks yang akan mengandung klorofil, karotenoid, dan juga pigmen fotosintetik yang lainnya, serta protein yang terkait.

f.Peripheral Retikulum

Kloroplas tanaman yang tertentu mengandung sebuah paket tambahan membran tubulus yang sering disebut retikulum perifer yang berasal dari membran dalam bentuk membran. Vesikel tunas kecil yang terlepas dari membran dalam kloroplas, dan juga akan berkumpul untuk membentuk sebuah tubulus dari retikulum perifer.

Demikianlah artikel tentang √ Struktur Kloroplas : Pengertian dan Fungsi dari pengajar.co.id smeoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Penyakit Pada Sistem Gerak : Pengertian Beserta Penyebabnya
Lihat Juga:   √ Kalimat Majemuk Campuran : Pengertian Karakteristik, Jenis dan Contoh
Lihat Juga:   √Contoh Desentralisasi : Pengertian, Tujuan, Dampak dan Bagiannya
Lihat Juga:   √Piramida Penduduk