√ Struktur Virus : Pengertian, Struktur, Ciri dan Peranan

Diposting pada

Pengertian virus

Pada Sederhananya, artinya dengan hanya penggambaran yang sangat sederhana, pengertian virus meruorgpakan sebuah anisme nonseluler yang dimana akan terususun dari subunit protein dan juga berukuran sangat kecil serta mempunyai sifat parasit obligat intraseluler (cuman saja “hidup” dalam sel makhluk hidup).

√ Struktur Virus : Pengertian, Struktur, Ciri dan Peranan

Kata “Hidup” yang dimaksud diatas tidak sama dengan kata “hidup” untuk makhluk seluler baik itu monoseluler seperti bakteri ataupun multiseluler seperti manusia. Kata “hidup” untuk virus ini direduksi atau dikurangi menjadi merangkai materi organik dalam sel inang (tempat dia numpang) untuk dapat memperbanyak dirinya, selain itu juga termasuk mememecahkan sel inangnya,lalu menginfeksi sel inangnya serta juga dapat menghasilkan senyawa tertentu.

Untuk bisa menjelaskan lebih jauh kita tentang sebuah virus biologis, kita akan bahas secara strukturnya.

Struktur Virus

Okelah memang virus sangat banyak sekali jenisnya, mulai dari helical, icosahedral, prolate, envelope ataupun complex. Jadi kita ambil yang umum saja. T virus maupun bakteriofag. Virus bakteriofag ini mempunyai bentuk seperti laba laba. Virus yang utuh (artinya mempunyai kepala, ekor, tabung ekor dan juga termasuk kaki)yang disebut virion (walaupun banyak lagi bentuk aneh dari virus dalam berbagai jenisnya).Dalam kepala virus T-Fag itu juga terdapat materi genetik (pusat informasi dari keturunan) yang akan dilindungi oleh selubung protein yang sering disebut kapsid. Kapsid ini tersusun oleh subunit subunit kecil (yang berbahan protein) yang disebut kapsomer. Nukleokapsid merupaka suatu istilah yang akan digunakan untuk unit dasar asam nukleat dan juga selubung protein pada virus.

Tabung pada virus T-Fag tersebut dapat digunakan untuk memasukkan materi genetik pada prosessan infeksi virus ke sel inang.lalu Kemudian dalam kondisi yang sudah pas, virus ini mulai memperbanyak diri dalam sel inang dan lalu kemudian meledakkan sel inangnya. Jeda waktu setelah infeksi dan juga mulainya “penyusunan ulang dan perbanyakan diri” virus ini sering disebut waktu inkubasi.

Ukuran virus berada dalam ukuran nanometer (nm) aanda tahu nm kan, 1 nanometer itu sama dengan 1 per 1000 mikrometer,yang artinya sama dengan 1/1000000 mm. Range atau juga kisaran ukuran tubuh virus pada normalnya adalah 20-450 nm. Akan juga tetapi virus terbesar pernah ditemukan berdiamater 500 nm dan juga panjang 700-1000 nm. Kalau kalian bertanya bagaimana cara mereka dapat ukur, para peneliti mengukurnya menggunakan suatu metode sentrifugasi ultra high speed (kecepatan yang sangat tinggi).

Ciri-ciri Virus

Virus ini dapat diidentifikasi melewati beberapa ciri-ciri berikut ini.yang Pertama, virus ini berukuran sangat kecil yaki sekitar 20-300 milimikron.ngy Kedua, virus tidak akan mempunyai sel atau asesuler.

Ketiga, sebagian besar virus ini berupa kristal ataupun hablur. Keempat, virus bisa saja berbentuk oval, silinder, kompleks atau polyhedral, kelima, hanya mempunyai salah satu asam nukleat saja. Keenam, tidak dapat membelah diri dan juga bergerak. Ketujuh, mampu hidup di sel makhluk hidup jenis apa saja dan dimana saja.

Peranan Virus

Kebanyakan dari jenis virus memang banyak yang merugikan, dimana virus yang menyerang tumbuhan juga akan menyebabkan kerusakan atau kematian pada tumbuhan.nah misalnya pada daun tembakau yang akan diserang tobacco Mozaic virus. Selain itu juga virus juga dapat menginfeksi pada hewan,misanya cacar pada sapi Vicinia Virus.

Pasalnya virus yang telah dilemahkan dapat juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan,yang diantaranya membuat antitoksin, melemahkan bakteri, memproduksi vaksin dan juga menyerang patogen.

Demikianlah artikel tentang √ Struktur Virus : Pengertian, Struktur, Ciri dan Peranan dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Fungsi Presiden : Pengertian, Proses Pemilihan, Tugas, Wewenang, Hak dan Kewajibannya
Lihat Juga:   √ Asal Usul Rawa Pening : Legenda dan Cerita Singkat
Lihat Juga:   Teks Berita Adalah
Lihat Juga:   √Customer Servis Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Syarat