√ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Sumber daya alam

Semua benda di alam yang bermanfaat bagi manusia disebut sumber daya alam. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam digolongkan menjadi dua. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui dan ada pula yang tidak. Mari kita pelajari satu demi satu. Sumber daya alam yang dapat di perbaharui Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis walaupun digunakan terus-menerus. Mengapa demikian? Sebab, sumber daya ini dapat dihasilkan kembali. Contohnya adalah tumbuhan, hewan, air, udara, tanah, dan sinar matahari.

√ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya

Jenis Sumber daya alam beserta Contohnya

Tumbuhan

Adakah tumbuhan di sekitar rumah kalian? Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sebab, tumbuhan dapat berkembang biak. Tumbuhan banyak bermanfaat bagi manusia. Misalnya, sebagai bahan makanan, pakaian, dan bangunan. Setiap hari kalian makan nasi, bukan? Nasi didapatkan dari butiran beras yang didapat dari tanaman padi. Nasi merupakan makanan pokok bagi kita. Jagung, gandum, dan sagu juga menghasilkan makanan pokok. Selain itu, masih banyak bahan makanan lain dari tumbuhan. Contohnya adalah berbagai sayuran dan buah-buahan.

Ketika bersekolah, kalian tentu memakai seragam. Seragam sekolah dapat berasal dari tumbuhan. Mengapa tumbuhan dapat menjadi seragam? Seragam kalian dibuat dari kain, adapun kain dibuat dari benang. Benang ini dapat diolah dari tumbuhan kapas atau jerami. Tidak hanya seragam, pakaian yang lain pun demikian. Jadi, pakaian secara tidak langsung dapat berasal dari tumbuhan.Tumbuhan juga digunakan sebagai bahan bangunan. Tumbuhan menghasilkan kayu. Kayu yang biasa

dimanfaatkan berasal dari pohon jati, mahoni, dan sengon. Perhatikan rumah kalian. Adakah bagian rumah kalian yang berasal dari kayu? Ada pintu, jendela, dan tiang rumah yang terbuat dari kayu. Bagaimana dengan perabot rumah? Meja, kursi, dan lemari juga terbuat dari kayu. Sekarang kalian tahu kegunaan tumbuhan, bukan? Selain kegunaan di atas,masih banyak lagi kegunaan tumbuhan. Agar kalian lebih memahaminya, lakukan kegiatan berikut.

Hewan

Hewan Merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui. Hewan dapat diperbaharui karena mampu berkembang biak. Hewan banyak bermanfaat bagi manusia. Misalnya, untuk bahan makanan, alat transportasi dan menyuburkan tanah. Berbagai bahan makanan diperoleh dari hewan. Bahan makanan dari hewan memiliki kandungan protein, ada daging telur dan susu. contoh hewan penghasil daging adlaah ayam kambing sapi dan ikan. contoh hewan penghasil telur adalah ayam, bebek dan putuh adapun contoh hewan penghasil susu adalah sapi dan kambing. Beberapa jenis hewan mempunyai tenaga yang kuat. Oleh karena itu, mereka dimanfaatkan sebagai alat transportasi. Kuda dapat menarik delman. Adapun sapi dan kerbau dapat menarik bajak di sawah.Sementara itu, kotoran hewan juga dapat digunakan sebagai pupuk. Pupuk dari hewan disebut pupuk kandang. Pupuk ini dapat menyuburkan tanah.

Air, tanah, udara dan sinar matahari.

Air banyak bermanfaat bagi manusia. Begitu pula dengan tanah, udara, dan sinar matahari. Keempatnya tidak akan habis meskipun digunakan terus-menerus. Air digunakan untuk minum, mandi, mencuci, memasak, dan mengairi sawah. Selain itu, air digunakan sebagai pembangkit listrik. Air bersih yang telah dipakai menjadi kotor. Air kotor dapat dibersihkan lagi dengan teknologi tertentu.Tanah dan udara adalah sumber daya alam. Tanah dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman.

Udara dibutuhkan manusia untuk bernapas. Udara yang mengalir disebut angin. Angin dapat menggerakkan kapal dan kincir angin.

Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Panas matahari dapat mengeringkan baju dan bahan lainnya.

Panas matahari juga digunakan untuk membuat garam. Sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan manusia. Air, tanah, udara, dan sinar matahari dapat langsung digunakan.Artinya,keempatnya sudah tersedia di alam. Manusia tidak perlu membuatnya terlebih dahulu. Beberapa kegunaan air, tanah, udara, dan sinar matahari telah kalian ketahui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam (SDA) yang tidak lagi dapat diperbarui akan semakin habis jika dipergunakan secara terus-menerus. Sumber daya alam ini tidak dapat dibuat lagi. Meskipun dapat dipulihkan, biasanya memakan waktu sangat lama.Contohnya adalah minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Bahan-bahan ini didapatkan dengan cara menggali tanah. Jumlah bahan- bahan ini tidak dapat bertambah. Jika diambil terus-menerus maka bahan- bahan ini akan habis. Manusia tidak dapat membuat minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Minyak bumi, batu bara, dan gas alam terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup. Sisa- sisa ini terkubur di dalam tanah selama jutaan tahun. Ketika didapatkan dari penggalian, minyak bumi dan batu bara belum bisa digunakan. Bahan- bahan ini harus diolah terlebih dahulu. Minyak bumi didapatkan dari alam dalam bentuk minyak mentah. Minyak mentah kemudian diolah menjadi berbagai bahan bakar. Misalnya, bensin, solar, kerosin, dan oli. Minyak bumi juga digunakan untuk membuat aspal. Batu bara dan gas alam digunakan sebagai bahan bakar. Kita dapat menggunakan gas alam untuk memasak.

Demikianlah artikel tentang √ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Fungsi Paru-Paru : Pengertian, Struktur dan Bagiannya
Lihat Juga:   √ Ciri Arthropoda : Pengertian, Klasifikasi, Ukuran dan Bentuk Tubuh
Lihat Juga:   √Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya

[irp