√ Teori Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli : Pengertian, Manfaat dan Faktornya

Diposting pada

Pengertian Perilaku Konsumen Secara Umum

Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang akan dilalui oleh seorang atau juga suatu organisasi dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi dan juga membuang suatu produk ataupun jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi suatu kebutuhannya.

√ Teori Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli : Pengertian, Manfaat dan Faktornya

Atau juga definisi perilaku konsumen pada yang lainnya yakni proses dan aktifitas saat seseorang maupun juga organisasi yang akan berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian dan juga pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi suatu keinginan dan juga kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang dimana mendasari konsumen untuk dapat membuat keputusan pembelian produk atau jasa.Perilaku konsumen akan juga diperlihatkan dalam beberapa tahap yang diantaranya tahap sebelum pembelian, dan juga tahap setelah pembelian barang atau jasa. Pada tahap sebelum pembelian konsumen biasanya juga akan juga melakukan pencarian informasi mengenai produk dan juga jasa tersebut.

Pengertan prilaku konsumen menurut para ahli

a. Schiffman dan Kanuk

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh sesorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan juga akan bertindak pasca konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang akan diharapkan dapat memenuhi suatu kebutuhannya.

b. Engel, Blackwell dan Miniard

Perilaku konsumen merupaka suatu tindakan-tindakan produk jasa, termasuk proses keputusan yang dimana akan mendahului dan juga mengikuti tindakan tersebut yang akan terlibat secara langsung dalam suatu memperoleh, mengkonsumsi dan juga akan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang akan mendahului dan mengikuti tindakan tersebut.

c. Mowen

Perilaku konsumen merupakan suatu aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi atau juga membuang barang maupun jasa.

d. The American Marketing Association

Perilaku konsumen sebagai interaksi yang dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan juga lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

Perilaku konsumen terdiri atas beberapa tahap yakni:

  • Tahap Perolehan : mencari atau juga membeli
  • Tahap Konsumsi: menggunakan atau juga mengevaluasi

d.Loudon dan Della Bitta (1993)

Konsumen merupakan suatu proses pengambilan keputusan dan juga kegiatan fisik individu-individu yang semuanya ini akan melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau juga akan mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.

e.Ebert dan Griffin (1995)

consumer behavior akan dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk dapat membuat keputusan tentang suatup roduk yang akan dibeli dan juga dikonsumsi.

f.James F et al ( 1994 )

Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang akan langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan juga akan menghabiskan produk dan jasa, yang termasuk proses keputusan yang mendahului dan juga akan menyusuli tindakan ini.

g.Loudon serta Della Bitta (1993)

mengemukakan perilaku konsumen merupakan dimana sistem pengambilan keputusan serta aktivitas fisik individu-individu yang semua ini akan melibatkan individu dalam menilai, memperoleh, memakai, atau juga mengabaikan beberapa barang serta beberapa layanan.

Manfaat Prilaku Konsumen

Dalam pasar yang semakin intensif tingkat persaingannya, tuntutan konsumen yang akan semakin tinggi dan juga sangat ingin diperlakukan secara khusus, pemahaman akan konsumen begitu sangat tinggi. Untuk itu sangatlah dibutuhkan suatu pengetahuan tentang perilaku konsumen demi memuaskan konsumen maupun juga memenangkan persaingan.

Pemahaman terhadap perilaku konsumen sangatlah bermanfaat untuk dapat kepentingan penyusunan strategi dan juga bauran pemasaran. melalui pemahaman terhadap psikografis konsumen dan juga perilaku suatu penggunaan, pemasar dapat juga melakukan suatu segmentasi berdasarkan variabel tersebut. Berdasarkan sikap konsumen, pemasar dapat menyusun strategi promosi, khususnya iklan yang tepat

Faktor yag mempengruhi prilaku konsumen

a. Motivasi

Motivasi merupakan suatu dorongan atau juga keinginan yang akan tumbuh di dalam diri manusia untuk dapat mencapai tujuan yang tertentu.

b. Persepsi

Persepsi merupakan sebuah hasil penjelasan seseorang terhadap stimulus atau juga kejadian yang akan diterimanya berdasarkan informasi dan juga pengalaman-Nya terhadap rangsangan tersebut.

c. Pembentukan Sikap

Pembentukan sikap merupakan sebuah nilai yang ada di dalam diri seseorang yang dimana akan mencerminkan sikap suka atau juga tidak suka terhadap seseorang akan suatu hal.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Teori Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli : Pengertian, Manfaat dan Faktornya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh E-Government : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Stakeholder : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Kromosom Manusia : Pengertian, Struktur, Jenis, Jumlah dan Fungsinya
Lihat Juga:   √Stuktur Kulit : Pengertian, Fungsi, Gangguan, Lapisan dan Gambarnya Lengkap