√ Tujuan Gerakan Non Blok : Pengertian, Sejarah dan Latar Belakang

Diposting pada

Pengertian Gerakan Non Blok

Adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri atas lebih dari 120 negara-negara yang tidak menganggap dirinya bergabung atau beraliansi dengan atau terhadap blok kekuatan besar manapun didunia.

√ Tujuan Gerakan Non Blok : Pengertian, Sejarah dan Latar Belakang

Sejarah Gerakan Non Blok

Berakhirnya Perang Dunia 2, dunia terbagi menjadi dua blok, yakni blok barat dan blok timur. Blok barat yang dipimpin oleh America berpaham Liberal. Dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet (Rusia) berpaham komunis. Kedua Blok tersebut saling berlawanan sebab perbedaan paham yang mereka tetapkan. Supaya menjadi semakin kuat, setiap blok mencari sekutu sebanyak mungkin. Negara negara yang baru merdeka dibujuk untuk menjadi sekutu. Walaupun, tidak semua negara bersedia ikut dari salah satu blok tersebut.

Ada negara negara yang menentukan bersikap netral. Negara negara tersebut tidak mau memihak salah satu blok tersebut.
Di antara negara netral ini ialah meliputi Indonesia, India, Mesir dan ghana serta Yugoslavia. Atas inisiatif pemimpin lima negara ini dibentuklah suatu organisasi yang dinamai dengan gerakan non blok (GNB) atau Non Aligned Movement (NAM).

Pemimpin kelima negara tersebut antara lain Soekarno (Presiden Indonesia), Pandit Jawaharlal Nehru (Perdana mentri India), Gamal Abdel Naser (Presiden Mesir) dan Josep Brozz Tito (Presiden Yugoslavia) serta Kwame Nkrumah (Presiden Ghana). Gerakan Non blok dibentuk pada tanggal 1 september 1961. Gerakan ini di-ilhami oleh Dasasila Bandung yang disepakati pada konfrensi Asia Afrika tahun 1955. Penggagas Gerakan Non Blok ialah Soekarno (Presiden Indonesia), Josep Brozz Tito (Presiden Yugoslavia), Gamal Abdel Naser (Presiden Mesir), Kwame Nikrumah (Ghana).

Latar Belakang Gerakan Non Blok

Berikut dibawah ini faktor-faktor yang melatar belakangi berdirinya Gerakan Non Blok adalah sebagai berikut.

1) Adanya dua blok, yakni Blok Barat di bawah pimpinan Amerika Serikat dan Blok Timur di bawah pimpinan Uni Soviet yang saling memperebutkan pengaruh di dunia.
2) Munculnya kecemasan dan kekhawatiran negara-negara yang baru merdeka serta negara-negara berkembang, sehingga berupaya meredakan ketegangan dunia.
3) Disetujui “Dokumen Brioni” pada tahun 1956 oleh Presiden Joseph Broz Tito (Yugoslavia), PM Jawaharlal Nehru (India), Presiden Gamal Abdul Nasser (Mesir) dan bertujuan untuk mempersatukan negara-negara non blok.
4) Terjadinya krisis Kuba 1961 sebab US membangun pangkalan militer di Kuba secara besar-besaran, sehingga mengkhawatirkan AS.

Tujuan Gerakan Non Blok

Berikut dibawah ini beberapa tujuan dari gerakan non blok

1). Menjaga Perdamaian Dunia

Tujuan utama dari adanya Gerakan Non Blok adalah menjaga perdamaian dunia. perang dingin menimbulkan kedua blok berusaha untuk terus memperluas wilayah pengaruh ideologinya. Akibatnya, perdamaian dunia terus terusik. Banyak cara-cara yang dipakai oleh blok barat dan blok timur untuk menanamkan ideologi nya, baik dengan cara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi contohnya seperti mengirimkan mata-mata.

2). Menjamin Kemerdekaan dan Kesatuan Wilayah Negara Anggotanya

Tujuan kedua dari Gerakan Non Blok adalah menjamin kemerdekaan, kedaulatan dan kesatuan wilayah dari negara anggota. Terdapat berbagai program yang dilakukan dalam rangka menjamin ketiga hal tersebut. sebut saja kerja sama internasional di bidang militer contoh seperti mengadakan pelatihan bersama untuk mempertahankan wilayah perairannya.

3). Menentang Segala Bentuk Penjajahan

Tujuan ketiga dari adanya Gerakan Non Blok di dunia adalah menentang segala bentuk penjajahan yang ada di dunia. penjajahan yang dimaksud contohnya seperti kolonialisme, imperialisme, neo-kolonialisme, rasisme, apartheid, dan semua bentuk penyerangan atau agresi militer, dominasi negara asing, pendudukan, dan intervensi negara lain terhadap urusan dalam negeri. Segala hal tersebut harus ditentang supaya perdamaian bisa tercipta.

4). Menentang Segala Bentuk Blok Politik

Tujuan keempat dari Gerakan Non Blok bagi perdamaian dunia ini adalah menentang segala bentuk blok politik maksudnya semua negara anggota tidak akan memihak ke dalam salah satu blok yang melakukan perang dingin sehingga dampak perang tidak semakin besar serta perdamaian dunia bisa selalu terjaga.

demikianlah artikel tentang √ Tujuan Gerakan Non Blok : Pengertian, Sejarah dan Latar Belakang dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Penyebab Pelanggaran Ham : Pengertian, Jenis, Faktor dan Bentuk
Lihat Juga:   √Cara Membuat Proposal : Pengertian, Jenis, Unsur, Tujuan dan Fungsinya
Lihat Juga:   √ Proses Filtrasi : Pengertian, Reabsorpsi, Augmentasi
Lihat Juga:   √Bentuk Kearifan Lokal : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contohnya