√Autobiografi

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali Ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Autobiografi Berikut Pembahasannya:

√Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Struktur dan Manfaatnya

Pengertian Autobiografi

Autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan”. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yakni autos yang artinya sendiri, bios yang artinya hidup dan graphein yang artinya menulis.

Pengarang auto biografi umumnya mengandalkan berbagai sudut pandang serta beberapa dokumen dan otobiografi dapat didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar dan terkadang agak sulit untuk membedakan keduanya.

jadi kesimpulan diatas, pengertian autobiografi ialah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai sekarang (sudut pandang orang pertama).


Jenis-jenis Autobiografi

Ada beberapa jenis autobiografi, berikut diantaranya :

1. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini merupakan korban dan penentang rezim totaliter yang sudah mampu menyampaikan kritik mencolok dari rezim melalui bentuk autobiografi dari penindasan mereka.

2. Autobiografi Fiksi

Maksudnya ini diciptakan untuk mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis dan seolah-olah karakter tersebut menulis biografi mereka sendiri.

3. Autobiografi seseorang yang tidak terkenal

Sudah ada Beberapa orang tanpa klaim asli terkenal sudah mulai menulis autobiografi mereka sendiri untuk dibagikan ke masyarakat umum.

Lihat Juga:   √ Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri, Syarat, Contoh

4). Autobiografi Palsu

Tren yang mendukung adanya autobiografi palsu, khususnya terkait dengan “penderitaan menyala”, penulis diduga menderita menjadi bagian keluarga yang disfungsional atau dari masalah umum (sosial) dari penindasan politik.

5). Autobiografi Sensasional

Pada abad ke-17 , “skandal memoar” oleh Libertini seharusnya melayani selera publik, telah sering dipublikasikan. umumnya samaran, sebagian karya fiksi mereka ditulis oleh seorang penulis ghostwriters.


Ciri-ciri Autobiografi

Ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut:

1. Autobiografi adalah suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan penulis lain, yang ditulis menurut pengalaman yang dialami oleh tokoh tersebut.
2. Autobiografi terkadang berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri dari yang sulit sampai dia keberhasilan
3. Autobiografi biasa menampilkan informasi yang sifatnya positif. Bahkan umumnya ditulis dalam rangka pencitraan seorang tokoh politik
4. Autobiografi seringkali ditulis supaya masyarakat lebih kenal dan tahu tentang apa yang telah dilakukannya selama ia hidup, menjadikan bisa mengambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada didalamnya.


Tujuan Autobiografi

Terdapat beberapa tujuan autobiografi, berikut diantaranya :

1. Memperkenalkan diri sendiri dengan lebih detail kepada masyarakat.
2. Memberikan gambaran, pelajaran dan kisah-kisah inspiratif tentang seseorang dapat sukses dalam bidang yang sedang lakoni sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
3. Bahan pencitraan seseorang.


Struktur Autobiografi

Struktur autobiografi terdiri atas 5 struktur, diantaranya:

1. Latar belakang Keluarga

Bagian ini berisi tentang keluarganya yakni kedua orang tua, tanggal lahir dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan saudara-saudaranya.

2. Latar belakang Pendidikan

Bagian ini menceritakan tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.

Lihat Juga:   Mufakat Adalah

3. Latar belakang Prestasi

Bagian ini berisi tentang semua pestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.

4. Latar belakang Pekerjaan

Jika tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, namun jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.

5. Latar belakang Hasil Karya

Bagian ini khusus bagi mereka yang sudah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa dihilangkan.


Manfaat Kebahasaan Autobiografi

1. Kata hubung/penghubung: berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.
2. Kata kerja: suatu kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.
3. Rujukan kata: merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya.
4. Keterangan waktu: berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.


Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Antara autobiografi dan biografi memiliki perbedaan yaitu:

  1. Autobiografi merupakan suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dibantu dengan penulis lain, yang dibuat menurut pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri, sedangkan biografi ditulis oleh orang lain.
  2. Autobigrafi seringkali berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan.
    Sedangkan subjek biografi adalah tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya ataupun pemikiran yang bermanfaat untuk orang lain.
  3. Autobiografi biasanya hanya memberikan informasi yang sifatnya positif saja. Bahkan banyak autobiografi dibuat karena dalam rangka untuk pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan biografi dibuat dengan bersumber pada literatur, dokumen penting, atau menggali pada narasumber, sebagai saksi dalam menjelaskan peristiwa, dan fakta yang terjadi di perjalanan hidup tersebut.
  4. Autobiografi biasa dibuat untuk mengenalkan atau memberitahu masyarakat mengenai apa yang telah dilakukannya selama hidup, menjadikan dapat diambil hikmahnya, pelajarannya yang berharga yang ada didalamnya. Sedangkan biografi seringkali berisikan informasi yang didalamnya ada hikmah, motivasi dan sejarah penting yang bisa dijadikan suri tauladan untuk orang yang membacanya.
Lihat Juga:   Gelombang Elektromagnetik

Contoh Autobiografi

Namaku Garox Al-Zebber dan biasa dipanggil dengam Garox oleh orang-orang dilingkunganku. Aku sangat hobi membaca buku dan bermain Futsal serta lahir di kota Lampung di tanggal 1 Februari 1998 dari pasangan Ojak dan Siti Aminah.

Kakakku bernama Udinyang telah menikah dan sekarang tinggal dengan suaminya di kota Palembang. Aku juga mempunyai adik kembar laki-laki dan perempuan bernama Hani dan Heni yang baru berusia 6 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2004-2010 di SDN 3 Darma Jaya. Lalu setelah lulus meneruskan ke SMPN 4 Karang Melanting dari tahun 2011-2014. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 9 Bandar Lampung. Di SMA ini aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan selain itu aktif di Organisasi Pramuka dan OSIS. Aku juga pernah menjabat sebagai ketua Pramuka.

Aku merupakan anggota futsa di SMAN 1 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal dengan tingkat sekolah ataupun tingkat umum. Antara lain Juara 1 Piala Gubernur tahun 2016. Juara II Basket Hardiknas Cup 2016, juara I DBL Sekolah dan lain sebagainya.

Aku mempunyai cita-cita dalam beberapa tahun mendatang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional Futsal Indonesia dan membawa nama harum Bangsa di Asia dan Dunia.

Demikianlah artikel Pengajar.co.id tentang √Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Struktur dan Manfaatnya semoga bermanfaat.