Dikotil

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id Dikotil : Pengertian, Ciri, Struktur, Tanaman, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : √ Dikotil : Pengertian, Ciri dan Strukturnya


Pengertian Dikotil

Tumbuhan dikotil merupakan satu tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Salah satu tumbuhan termasuk ke dalam kelompok dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga. Daun lembaga ini terbentuk sejak tahapan biji dengan demikian sebagian besar anggotanya memiliki bebijian yang gampang sekali terbelah menjadi dua bagian. Hal inilah yang menjadi pembeda antara tumbuhan dikotil dengan tumbuhan monokotil yang justru bijinya yang berkeping tunggal.


Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil

Berikut dibawah ini beberapa ciri-ciri tumbuhan dikotil

1). Biji Berkeping Dua

Tumbuhan biji berkeping dua umumnya dimiliki oleh tumbuhan berbunga yang mengalami pembelahan saat proses perkecambahan. Tumbuhan dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga (kotiledon). Tumbuhan dikotil sering kita jumpai dalam lingkungan sekitar kita. Contohnya seperti mangga, jambu, rambutan, melinjo, karet, tumbuhan polong-polongan dll.


2). Berakar Tunggang

Tumbuhan dikotil mempunyai akar tunggang. Akar tunggang pada tumbuhan dikotil merupakan salah satu akar yang sangat kuat dan besar. rata-rata akar pada tumbuhan dikotil berukuran cukup besar dan panjang serta mempunyai cabang yang cukup banyak. Hal ini memungkinkan tumbuhan dikotil untuk tumbuh kuat dan kokoh di atas tanah sehingga tidak mudah rubuh pada saat terhempas angin kencang.


3). Daun menyirip atau Menjari

Tulang daun serta bentuk sumsumnya menyirip. Tulang daun dapat disebut menyirip sebab berbentuk seperti sirip ikan. Apabila kita amati lebih jauh, daun yang menyirip dimiliki tumbuhan dikotil Contohnya seperti pohon mangga, jambu dan nangka.


4). Tidak memiliki tudung akar

Tumbuhan dikotil tidak mempunyai tudung akar. Hal ini disebabkan tumbuhan dikotil tidak memiliki akar serabut yang mempunyai cabang akar yang banyak. Meskipun tidak mempunyai tudung akar, tumbuhan dikotil mempunyai sistem perakaran yang kokoh serta kuat sebab akar tunggang bisa menembus tanah yang jauh lebih dalam dari pada akar serabut. Tumbuhan yang mempunyai tudun akar biasanya berda pada tumbuhan dikotil.


5). Batang Berkambium

Tumbuhan dikotil mmpunyai batang yang berkambium. Kambium merupakan lapisan sel atau lapisan jaringan pada tumbuhan yang aktif membelah serta berda diantara pembuluh angkut yaitu xilem dan floem. Ada 2 jenis kambium yakni (Kambium gabus dan Kambium vaskular/pembuluh).


6). Akar dan batang tumbuh membesar

Tumbuhan biji berkping dua mempunyai batang dan juga akar bisa tumbuh serta berkembang membesar. Hal ini disebabkan tumbuhan dikotil mempunyai pembuluh pengangkut. Pembuluh xylem berperan penting untuk membawa air dari akar dan menuju daun. Sedangkan pembuluh floem berfungsi untuk membawa nutrisi dan juga unsur hara dari hasil proses fotosintesis menuju ke seluruh organ bagian tanaman.


7). Batangnya bercabang

Tumbuhan dikotil batangnya bercabang. Batang tumbuhan dikotil memiliki cabang yang banyak. Batang utama dari tumbuhan dikotil mempunyai struktur morfologi yang cukup kuat dan juga kokoh sehingga memungkinkan mempunyai banyak cabang yang umumnya menjadi tempat tumbuhnya buah. Jauh berbeda dengan tumbuhan biji berkeping satu (monikotil) yang batangnya tidak memiliki cabang.


8). Bagian bunga kelipatan 2,4,5

Tumbuhan biji berkeping dua mempunyai jumlah kelopak bunga yang kelipatan 2,4 sampai 5. Kita bisa mengamati disekitar kita terdapat pohon mangga yang mempunyai kelipatan kelopak bunga 4.


9). Memiliki Xylem dan Floem

Tumbuhan dikotil mempunyai pembunuh pengangkut yang berupa xylem dan juga floem. Pembuluh xylem merupakan pembuluh yang mengangkut air dan unsur hara lainnya dari akar menuju ke daun. Pembuluh floem mengangkut hasil fotosintesis (khususnya gula sukrosa) dan zat-zat lain dari daun menuju bagian-bagian tubuh tumbuhan yang lain. Baik pembuluh kayu maupun pembuluh tapis mempunyai beberapa tipe sel yang agak berbeda.


10). Tidak memiliki koleoptil

Tumbuhan dikotil tidak mempunyai koleoptil. Koleoptil merupakan ujung daun bagian atas bentuk berupa selaput yang ada pada tumbuhan monokotil untuk menjaga daun sampai bakal batang. Koleoptil hanya dimiliki tumbuhan monokotil (biji keping satu).


Struktur Tumbuhan Dikotil

Struktur pada tumbuhan dikotil ini terbagi menjadi 3 yakni struktur pada daun dan struktur pada batang dan Akar, penjelasan mengenai struktur tumbuhan dikotil ini antara lain sebagai berikut :

A. Struktur Pada Daun

Terdapat 3 bagian struktur pada daun, berikut dibawah ini penjelasannya

  • 1). Epidermis

Epidermis pada daun mengandung sel stomata dan juga epidermis yang membentuk trikoma yang tujuan utamanya agar bisa melindungi dari panasnya sinar cahaya matahari.


  • 2). Jaringan Dasar

Jaringan dasar pada daun itu terdapat pada epidermis yang mempunyai daerah utama untuk proses fotosintesis.


  • 3). Berkas Pengangkut

Berkas pengakat pada daun tu berada di tulang daun yang memiliki susunan yang hampir sama seperti batang.


B. Struktur Batang

Terdapat 5 bagian struktur pada batang, berikut dibawah ini penjelasannya


  • 1). Epidermis

Epidermis pada batang adalah salah satu jaringan sel hidup di luar batang yang tersusun pada dinding sel yang tipis. Epidermis pada batang tersebut umumnya menutupi organ pada tumbuhan.


  • 2). Korteks

Korteks pada batang itu terletak pada lapisan epidermis.


  • 3). Endodermis

Endodermis pada batang itu terletak dibawah permukaan lapisan epidermis.


  • 4). Floem

Floem pada batang itu menyusun sel yang meliputi berbagai sel-sel serat floem dan juga komponen pembuluh yaitu sebagai penyalur makanan pada tumbuhan.


  • 5). Xylem

Sel penyusun xylem ini melingkupi elemen trakea, serat xilem dan jugaparenkim xilem. Xylem ini mempunyai fungsi yaitu sebagai penyalur air dan juga mineral dari akar ke daun dan berada pada bagian dalam berkas pembuluh. Xilem pada tumbuhan berbunga mempunyai dua tipe sel, yaitu trakeid dan juga unsur pembuluh. Kedua tipe sel tersebut merupakan sel mati.

C. Struktur Akar

Akar adalah organ tumbuhan yang tempatnya didalam tanah dan mempunyai fungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah dan juga menempel yaitu sebagai pondasi supaya tumbuhan tubuh tegak dan juga kokoh. Akar tersebut berasal dari calon akar yang terletak pada embrio. Struktur luar akar tersebut terdiri atas batang akar, cabang akar, bulu akar dan juga tudung akar. Bagian paling ujung dari akar adalah sbuah titik tumbuh yang dilindungi oleh adanya tudung akar (kaliptra) yang dibentuk oleh kaliptrogen.


Contoh Tumbuhan Dikotil

  1. Singkong/Ubi Kayu (Manihot utilissima)
  2. Karet (Hevea brasiliensis)
  3. Jarak (Ricinus communis)
  4. Cabai Merah (Capsicum annum)
  5. Tumbuhan Kapas (Gossypium sp)
  6. Kentang (Solanum tuberosum)
  7. Bunga Dahlia (Dahlia sp)
  8. Putri Malu (Mimosa pudica)
  9. Tomat (Solanum lycopersicum)
  10. Anggur (Vitis vinivera)
  11. Jeruk (Citrus)
  12. Kacang Tanah (Arachis hypogaea)
  13. Mangga (Mangifera indica)
  14. Ceremai (Phyllanthus acidus)
  15. Puring (Codiaeum variegatum)
  16. Kacang Kedelai (Glycine soja)
  17. Jambu Air (Syzygium aqueum)
  18. Bunga Flamboyan (Delonix regia)
  19. Cabai Rawit (C. frutescens)
  20. Tembakau (Nicotiana tabacum)
  21. Bunga Seruni (Chrysanthemum)
  22. Kakao (Theobroma cacao)
  23. Jambu Biji (Psidium guajava)
  24. Pohon Mahoni (Swietenia mahagony jaca)
  25. Kamboja (Plameria acuminata)
  26. Cengkeh (Syzygium aromaticum)
  27. Johar (Senna siamea)
  28. Srikaya (Annona squamosa)
  29. Strawberry (Fragaria daltoniana)
  30. Ceremai (Phyllanthus acidus)
  31. Petai (Parkia speciosa)
  32. Sawo (Manilkara zapota)
  33. Melinjo (Gnetum gnemon)
  34. Terong (Solanum melongena)
  35. Buah Rambutan (Nephelium lappaceum)
  36. Bunga Matahari (Helianthus annuus)
  37. Kacang Panjang (Vigna sinensis)
  38. Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)
  39. Ranti/Leunca (Solanum nigrum)
  40. Kecubung (Datura metei)
  41. Takokak (Solanum torvum)
  42. Pohon Albasia (Albizia chinensis)
  43. Kacang Koro (Canavalia gladiata)
  44. Jarak Pagar (Jatropha curcas)
  45. Lamtoro/Petai Cina (Leucaena leucocephala)
  46. Kamkuat (Citrus japonica)
  47. Saga (Adenanthera pavonina)
  48. Jambu Monyet (Anacardium occidentale)
  49. Waru (Hibiscus tiliaceus)
  50. Bunga Seruni (Chrysanthemum indicum)
  51. Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima)
  52. Jeruk Bali (Citrus maxima)
  53. Durian (Durio zibberthinus)
  54. Rosela (Hibiscus sabdariffa)
  55. Bunga Sepatu (Hibiscus rosasinensis)
  56. Kacang Hijau (Phaseolus radiatus)

Contoh Tumbuhan Dikotil

  • Singkong Singkong

Sertaan pohon yang terkandung pohon dikotil yakni ubi kayu atau ubi kayu atau ubi Tumbuhan. Nama latin ubi prancis ialah Manihot utilissima. Ada banyak kemujaraban sampeu di antaranya asalkan penghasil karbohidrat semampang pilihan makanan pokok.

Pikulan karbohidrat ini ada pada akar ubi kayu yang menyimpan mata air makanan. Daun dari tanaman ini lazimnya pula difungsikan andaikata sayuran hijau. Terkecuali beruang serat, daun ubi jenderal didapati memiliki rahim asam amino tinggi.


  • Kentang Kentang

Sertaan tanaman dikotil yang cukup dikenal ialah Ubi benggala. Nama latin ubi belanda ialah Solanum Tuberosum L. Ubi benggala dikenal secara makanan asal mula bagi negara-negara di Eropa. Di Indonesia, ubi belanda pun banyak dimakan oleh masyarakat.

Ada banyak faedah mengonsumsi ubi benggala di antaranya menjadi sumur vitamin B dan C. Ubi benggala pula mengandung serat dan protein yang baik. Ubi belanda sering dijadikan secara camilan ringan karena dikenal seumpama makanan rendah lemak.


  • Tumbuhan Kapas Tumbuhan Kapas

Tanaman kapas pula termuat selaku tanaman dikotil. Nama latin kapas ialah Gossypium sp. Tanaman ini biasa hidup di zona topika dan subtropik seperti di Indonesia. Peraturan khasnya yakni bulunya beragam putih yang banyak dibudidayakan.

Ada banyak kurnia pohon kapas di antaranya yang utama yaitu bila bahan dasar benang dan Kerudung. Kapas pun banyak tergarap menjadi berbagai macam produk paling utama untuk kebutuhan sandang dan Busana. Keuntungan kapas yang lain yakni untuk mengemasi wajah maupun pembalut luka


  • Karet Karet

Karet ialah turutan tanaman dikotil. Nama latin tumbuhan karet ialah Hevea braziliensis. Karet adalah nama tanaman penghasil getah lateks. Indonesia solo dikenal bila salah satu negara penghasil tumbuhan karet paling besar di dunia.

Ada banyak keefektifan karet di antaranya ialah getah tumbuhan ini diperlukan andaikata bahan baku pembentukan ban dan beraneka macam benda berbahan karet yang lain di kawasan Perseroan. Sementara batang karet dapat dipakai semisal bahan bangunan.


  • Putri Malu Putri Malu

Hawa malu yakni nama tanaman yang Distingtif, yang pula termuat dalam jenis tanaman dikotil atau pohon dengan biji berkeping dua. Nama latin perempuan malu ialah Mimosa pudica. Pohon ini sangat khusus karena kala daunnya disentuh maka ia bakal langsung menutupnya.

Hal itulah yang mengatur pohon ini dinamai wanita malu karena adanya pergerakan yang disebabkan oleh rangsangan sentuhan Tersimpul. Beberapa guna pohon betina malu yakni melebihi penyakit bronkitis, melampaui insomnia akut dan jika penurun demam.


  • Cabai Cabai

Sertaan tumbuhan dikotil berikutnya yaitu cabe merah. Nama latin cabe merah yaitu Capsicum sp. Tumbuhan ini dikenal seandainya penghasil rasa Nyelekit. di Indonesia, cabai menjadi salah satu bumbu masak paling awam dan paling sering diolah.

Fungsi cabai pun ada banyak, tidak kecuali diperlukan seandainya bumbu masak masa. Laba cabai yang lain bisa dijadikan seandainya keinginan pengobatan tradisional, mengibarkan metabolisme tubuh, membiayai menanggang darah tinggi serta dapat menetralisasi infeksi.


  • Tomat Tomat

Tomat pun tertera kalau tanaman dikotil. Nama latin dari pohon tomat ialah Solanum Lycopersicum. Pohon ini tercatat dari bangsa Slanaceae. Tomat dikenal jika buah dengan angkutan vitamin C yang cukup tinggi.

Ada banyak khasiat tomat yang sering dimakan sidang di antaranya untuk menyehatkan jantung, antioksidan untuk penyakit kanker serta menahan sembelit. Tomat pula apik untuk ibu hamil serta dapat pula menata tindihan darah.


Demikianlah artikel tentang Dikotil : Pengertian, Ciri, Struktur, Tanaman, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   Hak Cipta

Lihat Juga:   Revolusi Industri 4.0 Adalah

Lihat Juga:   √ Hotel Adalah

Lihat Juga:   Futsal Adalah