Gelombang Mekanik

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Gelombang Mekanik yang mana akan mengulas Pengertian, Rumus, Jenis, Karakteristik, Sifat, & Contoh berikut dibawah ini penjelasannya.


Gelombang-MekanikPengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik adalah gelombang yang, dalam perambatannya membutuhkan media [perantara] berarti menyalurkan energi untuk keperluan proses perambatan gelombang. Suara adalah contoh gelombang mekanik yang merambat selama perubahan tekanan udara di dalam ruang(rapat atau renggangnya molekul-molekul  udara padat). Tanpa udara, suara tidak bisa dirambatkan. Di pantai bisa kita lihat ombak, yang merupakan gelombang mekanik yang membutuhkan air sebagai sarana. Contoh lain adalah gelombang pada seutas tali.


Jenis-Jenis Gelombang Mekanik

Berikut dibawah ini penjabaran dari Jenis-jenis gelombang mekanik :

  1. Gelombang Transversal

    Ketika gelombang mekanis melewati medium, partikel-partikel yang membentuk medium mengalami berbagai jenis perpindahan, yang tergantung pada sifat gelombang. Sebagai contoh, apa yang terjadi dengan gelombang string, jika kita menggoyang sedikit ke atas di ujung string atau string, maka goyangan tersebut berjalan sepanjang dawai.

    Bagian dawai yang berurutan mengalami gerakan yang sama seperti yang kita berikan ke ujung dawai tersebut, tetapi kemudian secara berurutan. Karena pergeseran medium tersebut tegak lurus atau transversal ke arah perjalanan gelombang yang merambat sepanjang medium tersebut, maka gelombang ini disebut gelombang transversal. Dengan demikian, gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah rambat. Contoh lain gelombang transversal adalah gelombang cahaya, gelombang air, gelombang tali, dan semua bentuk gelombang elektromagnetik.jenis-jenis-gelombang-mekanik
    Satu gelombang pada gelombang transversal adalah puncak ditambah satu lembah.

  2. Gelombang Longitudinal

    Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya memiliki arah yang sama dengan arah rambat. Contoh gelombang longitudinal termasuk gelombang suara dan gelombang slinky.

    jenis-jenis-gelombang-mekanik

    Satu gelombang pada gelombang longitudinal adalah satu rapatan yang ditambah dengan satu rengganga.


Karakteristik Gelombang Mekanik

Karakteristik atau ciri-ciri gelombang mekanik, diantaranya adalah gelombang mekanik, membutuhkan peralatan untuk berpindah atau alat. Gelombang ini memiliki panjang gelombang, periode dan frekuensi gelombang, serta kecepatannya rambat gelombang.

Panjang gelombang yang dihasilkan oleh gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sangat berbeda. Panjang gelombang transversal dapat diukur dari bukit, dasar gelombang dan puncak. Periode gelombang adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu gelombang. Frekuensi gelombang adalah jumlah gelombang yang dihasilkan per detik. Perambatan gelombang cepat adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh setiap detik.


Sifat Gelombang Mekanik

  • Dipantulkan (Refleksi)
  • Dipadukan (Interferensi)
  • Dibiasakan (Refraksi)
  • Dibelokkan/disebarkan (Difraksi)

Rumus Gelombang Mekanik

Persamaan yang digunakan didalam sebuah gelombang sebagai berikut :

T = t/n

f = n/t

serta

T = 1/f

f = 1/T

Catatan / Keterangan:

T = periode (s), merupakan waktu yang dibutuhkan untuk dapat menempuh satu gelombang.

t = waktu (s)

n = banyaknya gelombang (kali)

f = frekuensi (Hz), merupakan jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detiknya.

Untuk dapat menentukan cepat rambat gelombang itu digunakan persamaan sebagai berikut :

v = λ.f atau v = λ/T

Keterangan:

λ = panjang gelombang (m)

v = cepat rambat gelombang (m/s)


Contoh Gelombang Mekanik

Berikut dibawah ini contoh gelombang mekanik :

  1. Gelombang air laut, yaitu gelombang dengan medium perambatan air laut
  2. Gelombang suara, yang dihasilkan oleh getaran benda, merambat melalui udara
  3. Gelombang gempa, disebabkan oleh pergerakan kerak bumi dan merambat melalui tanah
  4. Gelombang tali, berupa getaran di tali yang merambat
  5. Gelombang slinki, terjadi karena slinki yang bergetar

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id yang membahas mengenai Gelombang Mekanik : Pengertian, Rumus, Jenis, Karakteristik, Sifat, & Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √Definisi Kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern