√Kalimat Persuasif Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Kalimat Persuasif Berikut Adalah Pembahasannya:

√Contoh Kalimat Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Pengertian Kalimat Persuasif

Kalimat Persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan serta membujuk orang lain agar mau mengikuti atau membeli suatu produk yang diiklankan, Kalimat persuasif hampir serupa dengan slogan, tetapi slogan hanya terdiri dari 4-5 kata yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman, sedangkan kalimat persuasif yang bebas terdiri dari beberapa suku kata tetapi tidak menghilangkan unsur menarik dan mengajak serta mengikuti perkembangan zaman.

Kalimat persuasif bisa berupa paragraf, Paragraf Persuasif merupakan bentuk karangan atau paragraf yang bertujuan meyakinkan orang lain baik itu pendengar atau pembaca untuk melakukan sesuatu yang diinginkan oleh si penulis dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik.


Jenis Paragraf Persuasif

Sebagaimana bentuk paragraf persuasif tersebut, paragraf persuasif bisa digolongkan dalam beberapa macam jenis, berikut antaranya :

1. Persuasi Politik

Sesuai dengan namanya, persuasi politik digunakan dalam bidang politik oleh orang-orang yang terjun dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering memakai pesuasi jenis ini untuk keperluan politik serta negaranya.

2. Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya, dapat memakai persuasi ini untuk mempengaruhi atau membujuk anak muridnya supaya mereka rajin berlajar, senang membaca dll.

Lihat Juga:   Surat Jalan Adalah

3. Persuasi Advertensi

Persuasi iklan dimanfaatkan khususnya dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu produk atau bentuk jasa tertentu. Lewat persuasi iklan ini diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, dan ingin mempunyai berusaha untuk mempunyai barang atau memakai jasa yang ditawarkan.

4. Persuasi Propaganda

Objek yang disampaikan dalam persuasi propaganda ialah informasi. pastinya tujuan persuasi ini tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. malah Lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar mau serta sadar dalam berbuat sesuatu.

Persuasi propaganda sering digunakan dalam kegiatan kampanye. Isi kampanye umumnya berupa informasi dan ajaka. Tujuan akhir dari kampanye ialah agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut.


Ciri-ciri Kalimat Persuasif

Terdapat beberapa ciri-ciri kalimat persuasif, berikut penjelsannya

  1. Kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat ajakan atau membujuk
  2. Kelimat persuasif mempunyai fungsi lain sebagai kalimat perintah, sehingga dalam penulisannya kamu harus memakai tanda seru.
  3. Kalimat persuasi lebih sering dipakai dalam bahasa promosi, iklan, slogan, himbauan dan juga kalimat ajakan lainnya.
  4. Kalimat persuasif pasti menggunakan kata – kata persuasi, beberapa diantaranya ialah : ayo, marilah, dan kata persuasif lainnya.
  5. Kalimat persuasif harus ditulis dengan bahasa yang menarik, bahkan dalam penyampaiannya harus memakai rima
  6. kalimat sehingga orang yang membacanya akan dengan mudah mengingatnya.

Fungsi Kalimat Persuasif

Kalimat persuasi mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan sehari – hari, dan mungkin kamu juga sudah sering menggunakannya dalam kehidupan. Namun mungkin kamu belum menyadarinya dengan baik. Berikut ini adalah fungsi dari kalimat persuasi yaitu :

  1. Sebagai kalimat perintah yang dipakai untuk memberikan perintah secara langsung kepada seseorang.
  2. Dipakai sebagai bahan promosi, kalimat promosi yang dapat menarik banyak konsumen terhadap suatu produk.
  3. Dapat digunakan untuk membentuk suatu paragraf persuasif yang mempunyai tujuan hampir sama dengan kalimat persuasif.
Lihat Juga:   Rumah Adat Maluku

Contoh Kalimat Persuasif

Ada beberapa contoh kalimat persuasif, berikut diantaranya

  • Buanglah sampah pada tempatnya!
  • Ayo kita jaga lingkungan kita!
  • Olahragalah yang teratur!
  • Mari budayakan hidup sehat!
  • Belajarlah dengan sungguh-sungguh!

Paragraf Persuasif

1. Pengertian Paragraf Persuasif

Istilah persuasif merupakan alihan bentuk kata persuation dalam bahasa Inggris. Bentuk kata persuation diturunkan dari kata persuade yang artinya membujuk atau meyakinkan. Jadi paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya menyatakan suatu ajakan, bujukan, atau himbauan terhadap sesuatu dengan harapan agar pembaca mau mengikuti apa yang dilontarkan oleh penulis.

2. Ciri-Ciri Paragraf Persuasif

Ciri paragraf atau karangan persuasif, yakni sebagai berikut.

  • Paragraf persuasif berusaha meyakinkan seseorang atau pembaca.
  • Paragraf persuasif berusaha membuat pembaca tergerak untuk melakukan hal yang dikehendaki penulis.
  • Paragraf persuasif biasanya disajikan dengan berlandaskan ilustrasi atau alat bukti yang disebut evidensi.
  • Paragraf persuasif menitikberatkan pada perasaan/ emosi pembaca.
  • Dalam paragraf persuasif terdapat kata kunci seperti penggunaan kata agar, supaya, marilah, atau kata lain yang sifatnya mengajak.

Syarat Penyusunan Paragraf Persuasif

Untuk dapat menyusun paragraf persuasif dengan baik maka ada 3 syarat yang harus dipenuhi. Ketiga syarat tersebut sebagai berikut.

Kredibilitas, artinya penulis harus memahami persoalan yang ditulisnya dengan baik. Hal ini akan terlihat dari diksi, struktur kalimat, dan gaya bahasa yang digunakan penulis. Selain itu penulis harus jujur kepada pembaca sehingga kepercayaan akan muncul pada diri pembacanya.
Kemampuan mengidentifikasi emosi, artinya penulis harus jeli untuk dapat mengobarkan emosi dan sentimen pembaca.
Bukti-bukti, artinya penulis memiliki kemampuan memberikan bukti-bukti mengenai suatu kebenaran.

Demikianlah artikel tentang √Kalimat Persuasif Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.