Apresiasi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Apresiasi Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat & Jenis, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. Apresiasi


Pengertian Apresiasi

Pengertian Apresiasi adalah suatu proses atau bentuk penghargaan dan penilain terhadap suatu masalah yang berkaitan dengan karya seni dan karya sastra.

Secara etimologis, kata “apresiasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Apreciation” yang berarti menghargai. Sedangkan dalam terminologi, arti kata apresiasi adalah proses penilaian atau penghargaan positif yang dilakukan seseorang untuk sesuatu hal.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

    Apresiasi adalah setiap penilaian baik; penghargaan; seperti misalnya – terhadap karya – karya sastra atau pun karya seni.

  • Menurut Effendi

    Pengertian apresiasi merupakan aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.


Jenis-Jenis Apresiasi

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis apresiasi, yaitu :

  1. Apresiasi empatik, yaitu apresiasi yang menilai hanya baik dan buruknya suatu karya seni berdasarkan penglihatan mata.
  2. Apresiasi estetis, yaitu apresiasi yang menilai dari keindahan disertai dengan pengamatan dan perasaan yang mendalam.
  3. Apresiasi kritis adalah apresiasi yang sudah berada pada level analisis. Jadi, evaluasi di sini bukan hanya untuk memiliki, tetapi untuk dianalisis secara akurat sehingga hasilnya lebih jelas dan terurai.

Tujuan dan Manfaat Apresiasi

Apresiasi seni memiliki tujuan utama. Tujuan utama apresiasi seni adalah untuk memastikan bahwa publik menyadari maksud dan tujuan karya seni sehingga publik dapat menilai, merespons dan menghargai karya seni yang ada.

Terdapat beberap tujuan akhir dari apresiasi seni, sebagai berikut:

  1. Melakukan evaluasi dan pengembangan nilai keindahan terhadap karya seni
  2. Melakukan pengembangan daya kreasi dan imajinasi terhadap karya seni
  3. Melakukan penyempurnaan karya seni

Fungsi Apresias

Berikut dibawah ini fungsi dari apresiasi, yaitu :

  • Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta terhadap karya anak bangsa dan menumbuhkan rasa perdulu terhadap sesame
  • Sebagai sarana untuk menilai, menikmati, hiburan, empati dan edukasi
  • Sebagai sebuah sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia terhadap beberapa hal

Tahapan Apresiasi

Berikut dibawah ini merupakan tahapan atau proses melakukan apresiasi, yaitu :

  1. Melakukan observasi atau pengamatan
  2. Menghayati
  3. Dapat Memahami
  4. Menanggapi
  5. Memberikan penilaian
  6. Implementasi

Contoh Apresiasi

Contoh Apresiasi Seni

Ada seorang penikmat seni yang diundang untuk datang ke pameran seni yang diadakan oleh beberapa seniman. Pencinta seni datang karena mereka ingin tahu dan melihat karya seni yang dipamerkan.

Selain itu, dengan melihat-lihat, karya-karya seni tertentu mampu menarik perhatian para pecinta seni dan memberikan apresiasi terhadap sudut pandangnya.

Menurutnya, beberapa karya memang menarik, tetapi kurang warna. Dan dia mengungkapkan penilaiannya kepada teman-teman lain juga untuk seniman.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Apresiasi Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat & Jenis, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Teks Ulasan Adalah