Karya Tulis Ilmiah

Diposting pada

Pasti ada banyak sekali dari kita yang masih belum tau dan belum paham apa itu karya tulisan ilmiah. Padahal hal seperti ini sangat perlu kita kuasai karena akan sangat bisa berguna untuk kegiatan kita baik di pendidikan ataupun baik untuk di pekerjaan nanti. Bagi teman-teman yang masih bingun dan bertanya-tanya apasih karya ilmiah dan bagaimana cara membuatnya berikut dibawah ini adalah pengertian, contoh, ciri dan struktur dari karya tulisan ilmiah.Karya-Tulis-Ilmiah-Adalah


Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya Ilmiah adalah sebuah karangan yang memaparkan tentang pendapat, hasil pengamatan, tinjauan dan penelitian pada bidang tertentu yang tersusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, da nisi yang sangat benar-benar dan dapat dipertanggung jawabkan.


Ciri-Ciri Karya Tulisan Ilmiah

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri karya tulisan ilmiah :

  1. Reproduktif

Suatu karya ilmiah yang ditulis oleh peneliti atau penulis harus bisa diterima dan dapat memberikan makna bagi pembaca sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Pembaca juga harus cepat memahami konten dari karya ilmiah tersebut.

  1. Tidak Ambigu

Ciri berikut ini ada kaitannya dengan reproduktif. Sebuah karya ilmiah yang haru bisa memberikan pemahaman secara detail dan harus dikemas dengan bahasa yang tidak membingungkan sama sekali. Oleh karena itu maksud dari karya ilmiah adalah untuk bisa secara langsung diterima oleh pembacanya.

  1. Tidak Emotif

Sebuah karya ilmiah yang ditulis tidak melibatkan aspek perasaan dari sang pengarang atau penulis. Hal ini dikarenakan suatu karya ilmiah harus memaparkan fakta yang didapatkan melalui hasil analisis penelitian, bukan berdasarkan dari perasaan subjektif dari pengarang atau penulisnya.

  1. Bahasa yang Baku

Karya ilmiah harus ditulis dengan bahasa yang baku agar mudah dipahami. Penggunaan bahasa yang baku harus meliputi setiap aspek penulisannya. Mulai dari sumber, teori, hingga penulisan kesimpulan. Jika penulisan karya ilmiah yang tidak baku maka hanya akan membuat si pembacanya menjadi bingung dan apa yang disampaikan pada tulisan tidak dapat dipahami oleh pembacanya.

  1. Kaidah Keilmuan

Dalam penulisan karya ilmiah juga harus dengan menggunakan kaidah keilmuan atau istilah akademik dari bidang penelitian dari sang pengarang atau penulis. Hal ini mempunyai tujuan untuk menunjukan bahwa peneliti atau penulis mempunyai kapabilitas pada bidang kajian yang dibahas pada karya ilmiah tersebut. Penggunaan kaidah atau istilah ilmiah juga dapat menjadi acuan seberapa ahli peneliti pada bidang keilmuannya tersebut.

  1. Bersifat Dekoratif

Penilis karya ilmiah harus menggunakan kata atau istilah yang mempunyai satu makna. Rasional artinya penulis harus menonjolkan kerurutan pikiran yang logis dan kecermatan penelitian tersebut. Kedua hal ini sangat penting karena karya ilmiah harus bisa menyampaikan maksud dari penelitian yang dilakukan oleh sang penulis tersebut tanpa harus membingungkan.

  1. Kohesi

Artinya suatu karya ilmiah haruslah mempunyai kesinambungan antara bagian dan babnya dan harus bersifat straight forward maksudnya adalah tidak bertele-tele atau langsung tepat sasaran. Sebuah karya ilmiah setiap bagian atau babnya haruslah mempunyai alur logika yang harus saling terhubung. Bukan hanya itu saja, penyampainya pun harus tepat sasaran dengan apa yang ingin disampaikan.

  1. Bersifat Objektif

Sebuah karya ilmiah haruslah bersifat objektif. Hal ini sangatlah penting karena karya ilmiah tidak dibuat berdasarkan perasaan dari penulis. Karya ilmiah harus menunjukan fakta-fakta dan data dari hasil analisanya.

  1. Menggunakna Kalimat Efektif

Penulisan karya ilmiah harus menggunakan kalimat efektif. Ciri ini mempunyai hubungan dengan semua ciri-ciri sebelumnya. Tujuan penggunaan kalimat dalam karya ilmiah supaya pembaca tidak dipusingkan dengan penggunaan kalimat yang berputar-putar.


Struktur Karya Ilmiah

Berikut di bawah ini adalah struktur karya ilmiah :

  1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan berisi dasar dari penelitian ilmiah yang dilakukan, masalah yang diangkat, serta mekanisme penyelesaian masalah tersebut.

  1. Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi dan pembahasan bisa berisi satu atau beberapa bab. Jumlah bab pada bagian ini tergantung dari seberapa pelik pembedahan serta pembahasan dari bahan penelitian.

  1. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan sudah pasti akan berisi sebuah kesimpulan dan hasil dari analisis pada bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disapaikan pada bagian ini berupa sebuah penjelasan singkat dan padat mengenai hasil dari anilisis. Bagian ini biasanya hanya berisi satu bab.


Contoh Karya Ilmiah

Berikut di bawah ini contoh karya ilmiah :

  1. Contoh Karya Ilmiah Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Karena itulah banyak orang yang selalu berusaha untuk tetap menjaga kesehatan Mata. Akan tetapi masih banyak orang juga yang kurang perdulu. Terbukti dari banyaknya mata yang terkena penyakit katarak. Untuk itu penelitian mengenai menjaga kesehatan mata perlu dilakukan.

B. Rumusan Masalah

Bagaimaana cara untuk menjaga kesehatan mata?

C. Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui cara menjaga kesehatan mata

BAB II

Pembahasan

Berbagai penyakit yang menyerang mata memang masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang.  Padahal ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan mata. Setelah melakukan riset yang mendalam, maka peneliti menemukan beberapa cara diantaranya.

  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran
  • Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
  • Kurangi penggunaan tetes mata
  • Gunakan mentimun
  • Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Lihat Juga:   √Bagian Telinga : Pengertian, Bagian Telinga, Penyakit dan Fungsinya

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Menjaga kesehatan mata memang sangat penting bagi manusia. Dan ternyata untuk memperoleh mata yang sehat tidak memerlukan usaha yang sulit dan bisa dilakukan sehari-hari.

  1. Contoh karya Ilmiah Tentang Sampah

Pemanfaatan Kembali Sampah

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Akhir-akhir ini sampah menjadi fokus utama oleh dunia hal ini dikarenakan permasalahan yang terus ditimbulkannya. Ada banyak sekali kerugian yang sampah sebabkan sehingga berdampak bagi kesehatan manusia. Sepertinya masih banyak orang yang tidak mau mendaur ulang sampah sehingga menyebabkan sampah terus menerus menumpuk. Oleh karena itu penelitian mengenai pemanfaatan kembali sampah penting dilakukan.

B. Rumusan Masalah

Bagaimana menggunakan kembali sampah?

C. Tujuan penelitian

Bisa tahu cara menggunakan kembali sampah

BAB II

Pembahasan

Sampah yang dihasilkan oleh banyak orang sebenarnya bisa selalu digunakan agar tidak menumpuk terlalu banyak. Penggunaan kembali limbah biasanya tidak membutuhkan banyak waktu. Yang paling penting adalah kreativitas dan ketekunan. Untuk sampah organik bisa dijadikan pupuk.

Sedangkan sampah kertas bisa didaur ulang dan dijadikan kertas kembali. Untuk sampah plastik dan kaleng bisa dijadikan berbagai wadah, tergantung ukurannya. Semua penggunaan sampah ini diklasifikasikan sebagai reuse atau pemanfaatan kembali.

BAB III

Penutupan

Kesimpulan

Sampah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan sering menimbulkan masalah. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk itu. Ada banyak cara untuk menggunakan sampah dan bahkan mengubahnya menjadi sumber pendapatan.

 

  1. Contoh karta tulis ilmiah tentang lingkungan hidup

Pencemaran Dalam Lingkungan Hidup

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Lingkungan adalah kesatuan antara abiotik dan biotik. Abiotik adalah kumpulan benda mati. Sedangkan biotik adalah kumpulan benda hidup. Di dalam komponen abiotik adalah udara, tanah, air, sinar matahari, suhu, dll.

Komponen biotik mencakup dekomposer atau yang disebut pengurai, konsumen dan produsen. Kedua komponen tersebut sangat erat hubungannya atau tidak dapat dipisahkan.

Lingkungan hidup diartikan sebagai beragam. Menurut kamus ekologi, lingkungan hidup dianggap juga environment. environment adalah kesatuan antara makhluk hidup atau biotik dan tidak hidup atau abiotik di Bumi. Sedangkan menurut UU Lingkungan No. 32 tahun 2009, yaitu kesatuan ruang dalam semua benda. baik makhluk hidup, termasuk manusia, situasi hingga perilaku manusia.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup adalah kombinasi dari semua makhluk hidup dan faktor dan komponen yang mengelilinginya. Makhluk hidup di bumi ini adalah salah satu faktor keberhasilan lingkungan hidup. Makhluk hidup khusus adalah manusia. Manusia adalah makhluk cerdas yang telah diciptakan Tuhan dengan sempurna dalam kondisi lengkap.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kegagalan lingkungan hidup seperti polusi yang dihasilkan disebabkan oleh manusia. Perilaku manusia pada tahap ini telah melampaui batas yang wajar. Salah satunya adalah sampah. Banyak tempat yang seharusnya bebas dari sampah bahkan dijejali dengan sampah. Tempat yang seharusnya indah dan teduh, berubah menjadi tempat yang panas dan gersang.

2. Perumusan masalah

Apa saja jenis pencemarannya dan bagaimana penjelasannya?

3. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Jenis Pencemaran

A. Pencemaran Udara

Polusi udara tidak selalu disebabkan oleh aktivitas manusia. Polusi udara juga bisa disebabkan oleh peristiwa alam seperti gunung berapi. Hasil letusan gunung berapi membawa partikel logam berbahaya. Namun, penyebab utama pencemaran udara di Indonesia pada umumnya karena pencemaran dari kendaraan bermotor pada roda dua, roda tiga dan roda empat orang.

Polusi udara disebabkan oleh faktor-faktor berikut, yaitu:

1. Asap rokok

Seperti kita ketahui, kebanyakan orang kaya di Indonesia adalah boss besar dari perusahaan rokok. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa asap rokok adalah faktor utama pencemaran udara. Bahan berbahaya dalam rokok seperti tar dan nikotin. Maka asap yang dihasilkan juga berbahaya.

2. Ozon (O3)

Semua orang tahu bahwa lapisan ozon sudah mulai encer. Penghalang buruknya matahari menjadi bumerang bagi bumi. Polutan ozon adalah polutan paling berbahaya. Manipulasi juga sangat sulit karena tidak dapat dideteksi. Ingatlah bahwa polutan ozon dapat merusak paru-paru.

3. Karbon monoksida (CO)

Gas CO juga merupakan polutan yang sangat berbahaya. Gas dapat menyebabkan kematian jika seseorang menghirupnya untuk waktu yang lama. Contoh polutan terkait CO adalah tidur di mobil ber-AC. Gas CO yang diproduksi di luar kendaraan bermotor dapat memasuki bodywork. Gas inilah yang menyebabkan kematian.

B. Pencemaran air

Air bersih adalah air yang tidak berbau dan tidak berwarna. Jadi jika Anda menemukan air berwarna dan berbau dan ada juga biota yang mati, airnya tercemar. Polusi air dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

1. Limbah pabrik, nuklir, dan industri

Limbah pabrik, nuklir, dan industri mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satunya adalah radioaktif. Pembuangan sampah yang sembarangan di sungai sangat berbahaya. Karena zat berbahaya akan bercampur dengan air sungai. Ini mengancam keberadaan biota sungai dan lingkungannya.

2. Bahan peledak untuk menangkap ikan

Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak telah dilarang. Namun, masih ada oknum nakal  yang masih menggunakan metode ini. Penangkapan dengan bahan peledak memang dianggap efektif. Tidak akan butuh waktu lama dan Anda juga akan mendapatkan hasil tangkapan yang berlimpah. Namun, ini adalah salah satu penyebab pencemaran air.

3. pestisida

Limbah pertanian sebenarnya tidak berbahaya. Namun, penggunaan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan akan menyebabkan polusi air. Limbah pertanian yang mengandung pestisida berlebih dan pupuk kimia akan mengalir. Hal selanjutnya yang akan menyebabkan polusi di air.

Lihat Juga:   √Definisi Kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern

4. Sampah

Sampah adalah masalah utama saat ini. Kesadaran manusia terhadap lingkungan tampaknya sangat rendah. Sampah dibuang di sembarang tempat. Mulai dari saluran air kecil atau selokan yang mengarah ke sungai, penuh dengan sampah. Padahal, sampah adalah salah satu penyebab utama pencemaran air.

C. Pencemaran Tanah

Dapat dikatakan bahwa suatu tanah telah tercemar ketika tidak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Kebutuhan yang dimaksud, misalnya pertanian. Selain itu, tanah gersang juga merupakan karakteristik tanah yang terkontaminasi. Penyebab pencemaran tanah, yaitu:

  • Senyawa asam
  • Pestisida berlebihan
  • Pupuk kimia
  • Limbah industri, industri, dan nuklir
  • Sampah rumah tangga seperti deterjen.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Polusi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu polusi air, tanah dan udara. Semua polusi memiliki karakteristik tertentu. Polusi juga memiliki penyebab spesifik. Penyebab polusi satu sama lain tidak jauh berbeda.

Misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan. Karena alasan ini, manusia, sebagai makhluk cerdas di Bumi, terpaksa mengurangi penggunaan bahan-bahan pencemar dan melindungi lingkungan.

  1. Contoh karya tulis ilmiah Dolanan Tradisional

Dolanan tradisional dalam pembentukan karakter anak-anak “

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Bermain, juga dikenal sebagai dolanan tradisional, memiliki karakteristik yang berdampak positif pada perkembangan anak-anak. Kata bermain untuk anak-anak adalah cerminan dari pembebasan jiwa dari keterikatan pada aturan orangtua.

Ketika anak-anak bermain, mereka mengekspresikan kegembiraan mereka dan berkomunikasi dengan teman sebaya mereka. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungannya.

2. Rumusan masalah

Apa Pengertian dolanan tradisional?

Apa pengaruh dolanan tradisional dalam membentuk karakter anak-anak?

3. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui pengertian dolanan tradisional dan pengaruhnya terhadap karakter anak.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Dolanan Tradisional

Kata “dolanan” adalah kata yang dipinjam dari bahasa Jawa. Kata dolanan berarti mainan atau permainan, sedangkan kata tradisional adalah cara berpikir dan berperilaku sesuai dengan adat dan sudah ada sejak zaman dahulu.

Dolanan anak juga disebut sebagai simbol pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi dan memenuhi berbagai fungsi.

2. Pendidikan Karakter

Secara sederhana, pendidikan karakter adalah segala upaya yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Upaya itu telah dilakukan agar seseorang dapat memahami pentingnya karakter positif dalam diri mereka.

Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter adalah pengajaran tentang sikap mulai dari ilmu hingga tindakan. Tidak hanya itu, perasaan juga termasuk dalam pendidikan karakter.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Dolanan tradisional bukan hanya permainan yang akan menghasilkan efek bahagia. Dolanan tradisional juga memiliki banyak manfaat. Manfaat-manfaat ini termasuk pembentukan otak dan kecerdasan motorik anak-anak dan dapat membentuk karakter pada anak-anak.

Anak-anak dapat meningkatkan semangat sosial dalam diri mereka sendiri, tetapi juga berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan teman-teman mereka dengan permainan dan lingkungan.

  1. Bahaya Internet Bagi Remaja

Bahaya Internet Bagi Remaja

BAB I

pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah

Internet sekarang sangat tertanam dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan remaja. Memang, internet sangat berguna untuk melakukan banyak pekerjaan. Namun, ternyata Internet tidak terlepas dari hal-hal negatif yang bisa berdampak negatif. Selain itu, remaja adalah waktu yang tidak stabil sehingga arus sering terseret. Untuk alasan ini, penting untuk melakukan penelitian tentang bahaya Internet bagi remaja.

2. Perumusan masalah

Apa bahaya Internet bagi remaja?

3. Tujuan penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet bagi remaja

BAB II

Pembahasan

Bahaya Internet Bagi Remaja

Internet remaja sekarang tampaknya telah menjadi kebutuhan mendasar. Namun tidak semua remaja menggunakan internet dengan baik. Ada banyak remaja yang cenderung menyalahgunakan Internet untuk mempengaruhi diri mereka dan lingkungan mereka.

Berdasar penelitian yang luas, ada beberapa bahaya penyalahgunaan Internet di kalangan remaja, yaitu:

  • Perilaku intimidasi melalui media sosial
  • Mudah mengakses konten porno yang mengarah ke perilaku kriminal seksual
  • Multiplikasi kasus penculikan remaja setelah menjadi akrab dengan media sosial.

BAB III

penutupan

kesimpulan

Internet sangat berguna dalam kehidupan, tetapi masih ada celah. Akibatnya, orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam pengawasan anak-anak mereka. Dengan demikian, remaja dapat melindungi diri dari elemen negatif terkait penggunaan internet.

  1. contoh karya tulis ilmiah singkat tentang kesehatan

Makanan kaleng yang positif dan negatif

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Makanan kaleng termasuk dalam kategori makanan instan atau junk food. Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, makanan kaleng mengandung bahan kimia Stannum (Sn).

Zat tersebut sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Namun, zat Sn akan berbahaya jika dikonsumsi lebih dari empat belas miligram per kilogram berat badan.

2. Rumusan Masalah

Apa dampak makanan kaleng pada kesehatan tubuh?

3. Tujuan penelitian

Untuk mencari tahu apa efek positif dan negatif dari makanan kaleng.

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak makanan kaleng pada tubuh

Makanan kaleng adalah jenis makanan cepat saji yang populer. Makanan kaleng identik dengan hewan seperti ikan atau juga biasa dikenal dengan sarden.

Namun, tidak hanya ikan sarden, makanan kaleng juga bisa mengandung sayuran, buah-buahan, minuman. Makanan kaleng tidak selalu memiliki dampak negatif pada tubuh. Terdapat juga beberapa keunggulan. Dampak positif dan efek negatif dari makanan kaleng meliputi:

1. Dampak positif

  • Menghemat waktu penyajian
  • Kaleng mencegah makanan dari kontaminasi organisme sebagai penyebab penyakit
  • Makanan kaleng tidak memiliki kekurangan nutrisi

2. Dampak negatif

  • Buat ibu malas untuk memasak
  • Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti hipertensi dan kolesterol
  • Jika dimasak pada suhu tinggi, nutrisi yang dikandungnya akan berkurang atau bahkan hilang.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa makanan kaleng memiliki efek positif dan negatif. Efek negatif akan terjadi jika makanan kaleng yang dikonsumsi melebihi batas normal.

Lihat Juga:   √Analisis Sistem : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tahapan dan Contohnya

Selain itu, cara memasaknya juga akan memengaruhi manfaat makanan kaleng ini pada kesehatan tubuh. Selain efek tidak menyenangkan dari makanan kaleng, ini juga akan memiliki dampak positif, seperti disebutkan di atas.

  1. Contoh karya tulis ilmiah tentang pergaulan bebas

“Bahaya hubungan bebas antar remaja”

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Masa remaja adalah usia yang rentan, terutama dalam hubungan. Kemajuan teknologi juga akan memicu tingkat asosiasi. Saat ini, pergaulan bebas telah menjadi bahaya utama yang dihadapi remaja.

Selain itu, pergaulan bebas juga bisa membuat orang tua khawatir. Remaja yang masih tidak stabil memang akan sangat mudah dibodohi oleh hubungan mereka.

2. Rumusan masalah

Bagaimana bahaya pergaulan bebas untuk remaja?

3. Tujuan penelitian

Mengetahui bahaya apa yang akan mengancam pergaulan bebas.

BAB II

PEMBAHASAN

Bahaya pergaulan bebas

Pergaulan tidak selalu memberikan efek yang baik. Hubungan yang buruk atau sering disebut pergaulan bebas adalah contoh hubungan dengan efek buruk. Efek negatif dari pergaulan bebas adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan non-uang untuk anak-anak

Pergaulan bebas adalah salah satu penyebab kerusakan moral yang diderita oleh anak-anak di negara itu. Mereka akan merasa bebas tanpa perhatian orang tua. Jadi, mereka akan kehilangan karakter baik yang seharusnya mereka miliki.

Hal-hal negatif yang bisa mereka lakukan untuk memenuhi kebahagiaan mereka. Pergaulan bebas akan menyebabkan anak-anak kehilangan sikap sopan dan mengikuti zaman.

2. Penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol

Seperti yang telah banyak dilaporkan, banyak remaja kini terjebak dalam sebuah minuman keras atau narkoba. Bahkan, bukan hanya remaja, tetapi masih anak-anak kecil juga merokok.

Obat-obatan terlarang sekarang mudah ditemukan jika seseorang telah memasuki zona bebas pilih-pilih. Ini karena alkohol dan narkotika dijual bebas di mana-mana.

3. Kecelakaan sebelum pernikahan

Dampak negatif dari pergaulan bebas yang akan berdampak besar pada Anda atau keluarga Anda adalah hamil. Kurangnya pendidikan seks bagi remaja akan menjadi penyebab utama.

Kecelakaan pra-nikah bahkan terjadi pada anak-anak usia sekolah dasar. Mereka tidak akan tahu apa yang mereka lakukan dan dampak yang akan mereka dapatkan setelah itu.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Pergaulan saat ini memasuki zona berbahaya. Efek negatif dari pergaulan bebas telah mengakibatkan banyak korban. Mulai dari kerusakan moral dan penggunaan narkoba serta kecelakaan sebelum nikah.

Pergaulan bebas yang terjadi di antara remaja dapat dikurangi dengan perantara utama, yaitu orang tua. Orang tua harus memberikan pendidikan dan pengawasan yang memadai kepada anak-anak mereka.

  1. Contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan dan kesehatan

Pengaruh tidur siang pada kesehatan tubuh

BAB I

AWAL

1. Pendahuluan

Kesehatan adalah sesuatu yang harus dijaga oleh setiap manusia. Seseorang tidak akan dapat melakukan aktivitas apa pun jika tubuhnya tidak sehat. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah menjaga asupan gizi.

Selain itu, olahraga juga sangat diperlukan. Selain itu, tidur di siang hari juga memiliki beberapa keunggulan.

2. Rumusan masalah

Apa yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat?

Bagaimana tidur siang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh?

3. Tujuan penelitian

untuk mengetahui cara mempertahankan tubuh yang sehat dan memahami pengaruh tidur siang pada kesehatan tubuh.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Cara menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Cara untuk menjaga kesehatan adalah:

  • Memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh
  • Konsumsi makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna
  • Olahraga teratur
  • Tidur yang cukup
  • Jauhi minuman beralkohol.

2. Pengaruh tidur siang

Tidur siang sering dilakukan lebih awal oleh seseorang. Namun, kegiatan ini juga dilakukan oleh banyak orang dewasa. Efek tidur siang pada kesehatan tubuh termasuk:

  • Dapat mengurangi tekanan darah
  • Meringankan kelelahan
  • Dapat mengurangi kecemasan dan juga sedih.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Tidur siang adalah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kegiatan ini memiliki beberapa keunggulan. Namun, tidur siang harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Jika aktivitas ini dilakukan secara berlebihan, ini akan menyebabkan efek yang tidak diinginkan. Dengan demikian, semua kegiatan harus dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan biarkan itu mengurangi kebugaran fisik.

  1. Contoh karya tulis ilmiah tentang makanan

Menjaga kesehatan jantung

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Jantung adalah salah satu organ vital tubuh manusia. Akibatnya, banyak orang berusaha untuk selalu menjaga jantung mereka tetap sehat.

Namun, nampaknya masih banyak orang yang tidak peduli. Ini dibuktikan dengan banyaknya kematian yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang jantung. Karena itu, penelitian tentang menjaga kesehatan jantung harus dilakukan.

2. Perumusan masalah

Bagaimana menjaga kesehatan jantung?

3. Tujuan penelitian

Bisa mengetahui cara menjaga kesehatan jantung

BAB II

PEMBAHASAN

Cara menjaga kesehatan jantung

Banyak penyakit yang menyerang jantung tetap menjadi masalah utama bagi sebagian orang. Meskipun ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Setelah penelitian yang luas, para peneliti telah menemukan beberapa metode, termasuk:

  • Hindari stres karena dapat memicu hormon adrenalin abnormal dan menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Menjaga kebersihan, kebersihan pribadi yang baik dan lingkungan.
  • Mengatur pola makan. Kurangi lemak dan junk food dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
  • Olahraga teratur.

BAB III

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting bagi manusia untuk mendapatkan umur panjang. Dan cara mendapatkan hati yang sehat tidak membutuhkan usaha yang terlalu sulit, tetapi dapat dilakukan setiap hari. Dengan menjaga kesehatan jantung, diharapkan lebih sedikit korban yang jatuh sakit karena penyakit yang menyerang jantung.