√ Galaksi Andromeda

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul tentang Galaksi Andromeda yang mana akan mengulas mengenai Pengertian, Sejarah, Teori, Ciri-ciri, dan pergerakan.galaksi-andromeda


Pengertian Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda adalah galaksi spiral dengan jarak sekitar 780 kiloparsec (2,5 juta tahun cahaya: 2,4 1019 km dari Bumi). Galaksi ini memiliki nama lain yaitu Messier 31 / NGC 224 / UGC 454 / PGC 2557.

Galaksi Andromeda juga merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Buma Sakti. Yang memiliki struktur milip dengan galaksi Bima Sakti spiral.

Galaksi Adromeda berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bima Sakti. Di belahan utara langit, yang berada 41 derajat di utara khatulistiwa langit, paling baik dilihat sekitar bulan September, Oktober dan November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini terlihat seperti kabut tipis kecil di langit utara, tetapi jika dilihat dengan teropong yang dapat menampilkan bintang redup di tepi galaksi Andromeda, ukurannya lebih dari 7 kali lipat diameter sudut bulan. Galaksi Andromeda berisi sekitar satu triliun bintang dan bergerak menuju Bima Sakti dengan kecepatan 300 km / s.


Sejarah Galaksi Andromeda

Menurut beberapa perkiraan, galaksi Andromeda lebih muda dari galaksi Bima Sakti. Sekitar ribuan tahun setelah pembentukan galaksi Bima Sakti, galaksi Andromeda terbentuk dari sisa-sisa debu. Diyakini bahwa selama pembentukan galaksi Bima Sakti, ada juga bintang-bintang kuno yang membelah dan membentuk calon galaksi akhirnya membentuk beberapa galaksi yang ukurannya lebih kecil.

Ada 2 galaksi kecil yang saling mendekat sampai akhirnya mereka bertabrakan. Karena tabrakan itu membentuklah sebuah galaksi Andromeda yang di dalamnya terdapat bintang yang terikat dengan gravitasinya. Dengan demikian, galaksi Andomeda terus tumbuh dengan membentuk beberapa komponen. Komponen-komponen ini termasuk bintang, cincin gas dan debu. Sejauh ini, diperkirakan bintang-bintang ini memiliki jumlah sekitar 1 triliun. Tabrakan dua galaksi kecil terjadi sekitar 9 miliar tahun yang lalu. Perkembangan berlanjut sampai galaksi Andromeda terbentuk seperti yang kita kenal sekarang.

Lihat Juga:   Karya Tulis Ilmiah

Ciri-Ciri Galaksi Andromeda

  • Memiliki bentuk spiral
  • Memiliki struktur yang mirip dengan galaksi Bima Sakti
  • Terletak di belahan utara langit di sekitar 41 derajat utara khatulistiwa langit (terletak di rasi bintang Andromeda)
  • Di tepi galaksi Andromeda, tampak lebih gelap dari tengahnya
  • Memiliki gerakan yang cenderung dekat dengan galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 300 km / s
  • Dapat dilihat dengan jelas baik ketika tidak ada cahaya bulan (ketika gerhana bulan terjadi)
  • Dikelilingi oleh piringan gas dan debu
  • Jarak dari galaksi Andromeda ke galaksi Bima Sakti adalah sekitar 2,5 juta tahun gahaya
  • Dikelilingi oleh bintang spektrum merah muda

Teori Terciptanya Galaksi Andromeda

Diperoleh dari beberapa teori tentang terciptanya galaksi Andromeda, termasuk salah satunya teori spekulasi Fowler. Teori spekulasi Fowler dikemukakan oleh seorang ilmuwan bernama Fowler sekitar tahun 1957. Fowler menjelaskan bahwa 12.000 juta tahun yang lalu, galaksi masih berupa gas hidrogen dengan diameter sangat besar. Hidrogen terus bergerak dengan gerakan rotasi untuk menciptakan bulatan, karena mempunyai gaya berat dan kemudian mendaptkan peregangan.

Struktur pencipta galaksi seperti itu mendapati bahwa gerakan berubah arah secara perlahan dan memiliki berat jenis yang besar sehingga terciptanya bintang-bintang. Setelah puluhan ribu tahun, suhu bintang-bintang ini semakin menurun. Bentuk bintang cenderung konsisten seperti keadaan matahari. Para ahli percaya bahwa teori itu terletak di jantung galaksi, tempat penciptaan bintang-bintang baru, baik yang lembut maupun yang eksplosif.

Menurut teori tersebut, telah dijelaskan bahwa galaksi diciptakan dari kumpulan hidrogen yang membeku dan menciptakan bintang. Bintang itu bercerai berai, tetapi karena gaya gravitasinya, ia telah bergabung dengan wilayah yang luas dan menciptakan galaksi, begitu juga dengan galaksi Andromeda.

Lihat Juga:   √ Agen Sosialisasi Politik : Pengertian, Macam dan Contohnya

Pergerakan Galaksi Andromeda

Galaksi ternyata memiliki kelompok, di setiap kelompok ada beberapa galaksi. Demikian pula di galaksi Bima sakti, galaksi Bima sakti diklasifikasikan dengan galaksi tetangga. Jumlah tetangga Bima sakti ada sekitar 48 galaksi.

Dari masing-masing kelompok dibuat lokal dibuat antara galaksi yang berdekatan. Dalam grup lokalnya, galaksi Andromeda dan Bima Sakti adalah galaksi terbesar. Pusat massa dalam grup lokal galaksi terletak di antara Bima Sakti dan galaksi Andromeda. Pusat massa disebut dengan istilah barycenter.

Menurut pengamatan beberapa ahli, tampak bahwa galaksi Andromeda bergerak dekat dengan Bima Sakti dengan gerakan lateral yang agak menyamping, seperti halnya galaksi Bima Sakti. Pergerakan yang lebih berorientasi ke galaksi Bima Sakti memiliki kecepatan sekitar 300 km / s.

Dari dua galaksi yang memiliki massa hampir sama, yang membuatnya bergerak di sekitar orbit elips barycenter. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa jika laju gerakan menyamping adalah nol, kita dapat menyimpulkan bahwa kedua galaksi itu berdekatan satu sama lain, artinya, mirip satu sama lain di waktu dengan bentuk orbit tegak lurus.

Dengan gerakan yang terus menerus terjadi dan bentuk orbit yang tegak lurus, sangat mungkin bahwa beberapa ribu atau jutaan tahun yang akan datang galaksi andromeda dan galaksi Bima Sakti mengalami tabrakan.

Demikian artikel dari pengajar.co.id yang membahas mengenai Galaksi Andromeda : Pengertian, Sejarah, Teori, ciri-ciri dan pergerakannya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.