Artefak Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini admin akan membuat artikel yag berjudul Artefak Adalah : Pengertian, Ciri, Jenis, Gambar, Contoh, berikut ini mari kita bahas sama – sama. Artefak

Pengertian Artefak

Artefak adalah sebuah alat benda atau peninggalan sejarah yang di buat oleh manusia (bukan benda alamiah yang di modifikasi) yang dapat di pindah dari suatu tempat ke tempat lain tnpa merusak bentuk asli nya.

Sangat mudah sekali artefak ini dipindahkan tidak akan dapat menghancurkan bentuk asli tentu sangat bermanfaat untuk  para peneliti(sejarawan) untuk di jadikan objek penelitian maupun di taruh dalam museum sehingga sebagai manusia di zaman modern dapat melihat peninggalan sejarah zaman dahulu dengan mudah.


Ciri-Ciri Artefak :

Berikut di bawah ini ciri-ciri Artefak:

  • Merupakan hasil kebudayaan yang diabadikan.
  • Terbuat dari batu dan sudah mulai halus.
  • Saat ditemukannya dapat berupa bentuk benda utuh maupun pecahan-pecahan yang nanti akan disatukan.
  • Bentuknya beragam, seperti lonjong, bulat, persegi dan sebagainya.
  • Merupakan hasil dari peristiwa sejarah.

Jenis-Jenis Artefak

Berikut di bawah ini jenis-jenis Artefak:

  1. Artefak – Alat Dari Batu

Kapak Genggam Kapak-Genggam

Kapak genggam adalah alat batu yang di bentuk menjadi semacam kapak, cara membuatnya masih kasar bagian tajam hanya pada satu sisi. Alat ini belum bertangkai dan dapat di gunakan dengan cara di genggam. Tempat di temukanya kapak genggam ini adalah berada di Lahat(Sumatera Selatan) kalianda (lampung),awang bangkal(Kalimantan Selatan), Cabange (Sulawesi selatan), dsan Trunyan (Bali).

Alat Serpih Alat-Serpih

Alat serpih adalahbatu serpihan sisa pembuatan kapak genggam yang fi tajamkan , alat tersebut dapat digunakan untuk berbagi fungsinya sebagai berikut:

  • Penusuk
  • Pisau gurdi
  • Ngandong (Lembah Bengawan Solo)
  • Gombong (Jawa Tengah)
  • Mengeruda (Flores)
Lihat Juga:   √ Karangan Deskripsi Adalah

Sumatralitha

Sumatralitha

Nama lain suatralitha adalah kapak genggam sumatera , cara membuatnya lebih halus dari kapak primbas. Bagian tajam sudah kedua sisi , cara menggunakannya masih di genggam. Tempat di temukan : Lhokseumawe(aceh) dan Binjai (sumatera utara).

Beliung Persegi Beliung-persegi

Beliung persegi adalah alat dengan permukaan memanjang dan berbentuk kotak . seluruh permukaan alat telah di gosok alus.beliung persegi berukuran besar berfungsi sebagai alat pengukir rumah atau pahat.

Tempat ditemukan Sumatra, jawa, bali, Lombok dan Sulawesi.

Kapak Lonjong Kapak-Lonjong

Kapak lonjong adalah sebuah alat benda yang pangkalnya telah diasah halus, sisi pangkalnya berbentuk runcing dan diikat pada tangkai ,sisi depan lebih melebar dan diasah sampai tajam, alat ini digunakan untuk memotong kayu dan berburu.

Di temukan : Sulawesi, Flores, Tanimbar, Maluku, Papua.

Mata Panah Anak Panah Mata-Panah-Anak-Panah

Mata Panah Anak Panah adalah bendat untuk berburu yang sangat penting, selain untuk berburu mata panah juga digunakan untuk menangkap ikan , mata panah dijadikan bergerigi, selain terbuat dari batu mata panah juga terbuat dari tulang ,

D itemukan : Di Gua petpuruh, Gua Gede , Gua Cakondo, Gua Tomatoa, Gua Saripa(Sulawesi Selatan).

  • Artefak- Tanah Liat

Gerabah

Gerabah adalah sebuah alat tanah liat yang dibentuk dan dibakar untuk dijadikan sebuah alat yang berguna untuk  membantu manusia, gerabah berfungsi sebagai alat penyimpanan untuk wadah makanan atau sebuah sajian .

  1. Artefak –Perunggu

Nekara Perunggu Nekara-Perunggu

Nekara adalah bentuk semacam berumbung, yang terbuat dari perunggu yang pinggang dibagian tengahnya dan sisi atasnya tertutup.

Nekara digunakan saat waktu upacara, untuk memanggil roh nenek moyang, dipakai untuk genderang perang, dan digunakan untuk alat memanggil hujan.

Kapak Perunggu

Kapak perunggu  bermacam-macam bentuk . ada yang menyerupai corong (disebut kapak corong), ada pula yang menyerupai pahat dan jantung (tembilang).selain itu kapak perunggu berfungsi sebagai alat kebesaran dan upacara adat

Lihat Juga:   Iklan Baris Adalah

Arca Perunggu Arca-Perunggu

Arca perunggu adalahl peninggalan benda kebudayaan yang berbentuk patung dan terbuat dari perunggu menggambarkan orang yang sedang menari, berdiri, naik kuda, dan memegang panah.

  1. Artefak – Bangunan

Menhir Menhir

Menhir adalah sebuah batu yang berdiri tegak yang berfungsi sebagai tempat persembahan roh nenek moyang atau tanda peringatan orang yang meninggal.

Dolmen

Dolmen adalah meja batu yang terdiri atas batu lebar yang di topang oleh beberapa baru yang lain.

Dolmen berfungsi untuk tempat persembahan memmuja roh leluhur.

Sarfokagos Sarfokagos

Salfokagus adalah tempat kubur yang berbentuk batu yang di beri tutup di atas nya.

Waruga Waruga

Waruga adalah tempat kubur yang berupa batu berbentuk kubus dengan tutup atap seperti rumah.

Pundek Berundak Pundek-Berundak

Pundek berundak adalah bangunan bertingka yang dihubungkan tanjakan kecil.

Pundek berundak berfungsi untuk tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang.

Arca Arca

Arca adalah patung yang menggambarkan binatang dan manusia, binatang yang biasa di gambarkan adalah harimau, gajah, dan monyet.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Artefak Adalah : Pengertian, Ciri, Jenis, Gambar, dan Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.