Candi Cetho

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Candi Cetho Berikut Pembahasannya:


Candi Cetho

Sejarah Candi Cetho

Sesuai dengan sejarahnya, Candi Cetho adalah peninggalan kerajaan Hindu yang ada di Indonesia. Bahkan. samapai sekarang, banyak umat Hindu yang kerap melakukan aktivitas keagamaan di candi ini. Anda juga tidak perlu terkejut kalau saat menyambangi tempat tersebut akan mendapatkan berbagai sesajen sebagai bekas ritual yang dilakukan umat Hindu.

Penemuan Candi sendiri dilakukan oleh arkeolog dari Belanda bernama Van de Vlies di tahun 1842. Kondisi Candi Cetho ketiak pertama kali ditemukan tergolong sangat memprihatinkan. Ada 14 teras dengan kondisi bebatuan yang sudah tertutup oleh lumut.

Lantas, pemugaran dilakukan di tahun 1970 saat Presiden Soeharto tengah menjabat. Pemugaran dilakukan oleh asisten pribadi presiden yang bernama Humardani. Berdasar pada penelitian, Candi itu diperkirakan dibangun di tahun 1451 sampai 1470 saat Raja Brawijaya V Majapahit berkuasa.

Candi tersebut dibangun dengan tujuan untuk ritual tolak bala serta ruwatan karena di masa ini, terjadi kerusuhan serta permasalahan di Kerajaan Majapahit.


Lokasi Candi Cetho

Candi Hindu tersebut berlokasi di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Candi ini ada di lereng Lawu dengan posisi ketinggian 1497 mdpl. Candi tersebut ada di titik koordinat GPS: 7o 35’ 30.22” S, + 1 1 1o 9’ 19.87” E.


Mistisme dan Eksotisme yang Berpadu di Candi Cetho

Saat mendapati lokasi dari Candi, seketika Anda akan merasa tempat tersebut begitu eksotis. Terbukti sejak pemandangan sebelum mencapai area candi yang begitu menakjubkan. Perkebunan teh juga mempunyai sisi romantis yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Lihat Juga:   Pencemaran Air

Letaknya sendiri ada pada perbukitan lereng Lawu. Jadi, tidak terlalu mudah untuk dapat mencapainya. Untuk itu, Anda perlu memastikan kondisi tubuh yang fit sebelum melakukan perjalanan ini. Ketikatertentu, penganut Agama Hindu serta Kejawen akan melakukan ritual di Candi tersebut.

Kamu tergolong orang yang beruntung apabila mendapati ritual ini waktu mengunjungi Candi tersebut. Banyaknya ritual adat yang dilakukan, membuat suasana dari tempat ini sedikit berbau mistis. Terbukti dari adanya sesajen yang sering ditemui di area sekitar candi.


Pemandangan Sepanjang Jalan ke Candi Cetho

Sebelum mencapai Candi, kamu bisa menikmati pemandangan perkebunan teh warga. Jika cuaca sedang cerah, maka Anda akan menyaksikan hamparan hijau perkebunan bak permadani di kaki langit yang seakan tidak ada batasnya.


Rute

Rute untuk menuju ke Candi tersebut cukup mudah untuk diakses. Perjalanan dapat kamu mulai dari pusat Kota Solo ke ibu kota Kabupaten Karang Anyar. Setelah itu, kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu.

Nah, tepat sebelum area Grojogan Sewu, kamu akan mendapati papan arah ke Candi Cetho. kamu tinggal mengikuti jalannya sampai ke Candi Cetho tersebut.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Candi Cetho Semoga Bermanfaat