Seminar Pendidikan Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Seminar Pendidikan Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini.

Seminar-Pendidikan-Adalah


Pengertian Seminar Pendidikan

Berdasarkan terminologi seminar yang merupakan aktivitas yang diadakan untuk menyampaikan sebuah karya ilmiah dari seorang ahli atau peneliti yang dipresentasikan kepada peserta sehingga mereka dapat membuat keputusan yang sama pada karya ilmiah antara sumber dan peserta.

Pendidikan adalah upaya secara sadar dan terencana untuk menciptakan situasi belajar dan proses belajar sehingga siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, akhlak mulia, kecerdasan dan sejuta keterampilan yang diperlukan untuk diri mereka sendiri dan masyarakat.

berdasarkan dari dua pengertian di atas, yang dimaksud dengan seminar pendidikan adalah kegiatan menyampaikan karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan dan disajikan dengan sumber atau peneliti dalam pengambilan keputusan dan bertujuan untuk menyamakan pendapat terhadap suatu karya ilmiah untuk mengambil kebenaran dari isi karya ilmiah.

Seminar pendidikan sering dilakukan oleh seorang mahasiswa yang bertanggung jawab atas karya ilmiah yang dilakukannya. Dalam hal ini, seorang mahasiswa yang kreatif tentunya dapat dianggap bertanggung jawab atas karya ilmiah yang ia hasilkan. Kemahiran dalam berbahasa atau retorika juga dapat menarik perhatian orang lain yang mendengarkan ketika berbicara untuk mendukung hasil karya seseorang.


Tujuan Seminar

Seminar tentu saja harus direncanakan dari segi waktu, tempat, peserta dan juga menentukan pengarah dan hasil sumber karya ilmiah sehingga dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan seminar yang akan diadakan. Seperti kita ketahui, tujuan dari seminar pendidikan adalah untuk mengoreksi hasil karya ilmiah untuk membuat keputusan bersama demi kesempurnaan hasil.

Lihat Juga:   √ Contoh Pronomina : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Kegiatan seminar pendidikan tanpa perencanaan akan jauh dari tujuan seminar, seorang peneliti atau narasumber dalam seminar juga harus benar-benar memahami dan menguasai konten hasil yang didapatnya dan peserta juga tahu untuk apa dia ikut seminar dan benar-benar berpartisipasi. setidaknya tahu judul seminar dan harus ada pengarah di seminar.


Fungsi Seminar

Fungsi seminar ialah untuk menyampaikan suatu pendapat atau suatu yang baru kepada para pendengarnya, dengan harapan supaya penerima informasi bisa memperoleh hasil yang baru yang bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih luas lagi.


Susunan Acara Seminar

Berikut dibawah ini susunan acara seminar, yaitu :

  1. Laporan ketua Pelaksana
  2. Penyajian ketua
  3. Pembahasan oleh pembicara
  4. Diskusi atau tanya jawab
  5. Kesimpulan
  6. Penutupan

Syarat Seminar

Berikut dibawah ini beberapa syarat seminar yang harus diketahu :

  1. Peserta seminar harus bisa berfikir logis dalam menangani pemecahan masalah
  2. Pemateri atau narasumber harus tahu materi atau permasalahan yang akan dibahas
  3. Menentukan waktu
  4. Perumusan masalah sudah ditentukan
  5. Suatu permasalahan bisa dipecahkan secara ilmiah dan sistematis

Contoh Seminar

Berikut dibawah ini merupakan contoh seminar, yaitu :

  • Seminar bisnis
  • Seminar menulis
  • Seminar narkoba
  • Seminar prakarya
  • Seminar pendidikan
  • Seminar usaha

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seminar Pendidikan Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.