√ Paragraf Persuasi

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan memberikan ulasan mengenai Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh, Syarat Menyusun, Langkah,, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : √ Contoh Paragraf Persuasif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya


Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakansalah satu teks jenis paragraf yang akan berisi ajakan kepada pembaca untuk dapat melakukan suatu hal, sesuai dengan keinginan pengajaknya.contohnya : ajakan untuk membeli barang barang, ajakan untuk pergi liburan keluar kota, ajakan untuk peduli kebersihan lingkungan sekitar, dan juga beberapa kalimat yang mengandung ajakan yang lainnya.


Ciri Ciri Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi ini sering dikenal mempunyai beberapa ciri. Adapun ciri-ciri dari paragraf persuasi sebagai berikut yakni:

  • Terdapat sebuah ajakan dari penulis untuk melakukan suatu hal
  • Adanya paparan mengenai data, angka, sehingga data tersebut sering digunakan untuk memperkuat ajakan si penulis kepada para pembacanya.
  • Bahasa yang akan digunakan dalam paragraf persuasif ini cenderung lugas, dan tidak akan bertele-tele.
  • Terdapat beberapa kata kunci ajakan. Beberapa kata kunci ajakan yang termasuk dalam paragraf persuasif adalah salah satunya ada marilah, ayolah, kemarilah, bersedialah, atau yang lain sebagainnnya

Jenis Jenis Paragraf Persuasi

  • Paragraf Persuasif Propaganda

Merupakan salah satu jenis paragraf persuasif yang akan berisi suatu himbauan yang telah disampaikan kepada pembaca dengan bahasa yang sangat keras. Ada maksud-maksud masif yang diutarakan penulis kepada para pembacanya. Jenis paragraf ini juga biasanya digunakan oleh tokoh-tokoh politik untuk dapat menjatuhkan lawan-lawan politiknya.


  • Persuasif Pendidikan

Merupakan salah satu jenis paragraf persuasi yang berada didalamnya yang mengandung suatu unsur seputar dunia pendidikan. Paragraf jenis ini biasanya sering digunakan oleh instansi-instansi pendidikan untuk bisa menyampaikan suatu gagasan maupun kebijakan seputar pendidikan ke ranah publik.


  • Paragraf Persuasif Politik

merupakan salah satu jenis paragraf persuasi yang berisi ajakan-ajakan tentang politik untuk memilih beberapa kader politik yang tertentu. Paragraf jenis ini akan banyak diproduksi ketika musim Pemilu pada waktunya tiba. Paragraf ini kerap menampilkan sebuah visi misi dari Paslon yang akan dicalonkannya. Kadang, paragraf ini akan disertakan pula beberapa kebijakan-kebijakan pada partai.


Syarat Menyusun Paragraf Persuasi

  1. Kredibilitas, yaitu penulis harus memahami masalah yang ia telah menulis dengan baik. Ini ditampilkan berdasarkan diksi, struktur kalimat, dan gaya bahasa yang digunakan penulis. Selain itu, penulis harus jujur dengan pembaca sehingga iman muncul kepada pembaca sendiri.
  2. Kemampuan untuk mengidentifikasi emosi berarti bahwa penulis harus perhatian untuk terangsang emosi dan perasaan para pembaca.
  3. Bukti berarti bahwa penulis memiliki kemampuan untuk memberikan bukti kebenaran.

Langkah-Langkah Menyusun Paragraf Persuasi

  • Mengatur topik dan tujuan dalam paragraf yang menarik

Dalam paragraf meyakinkan, tujuan penulis dapat diungkapkan secara langsung.

Sebagai contoh, tema yang dibuat oleh penulis adalah “untuk menghindari pengaruh negatif dari nacotics dan obat-obatan terlarang lainnya”.

Tujuan dari surat, yang dapat dirumuskan, adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa narkotika dan obat lain berdarah dingin pembunuh yang perlahan-lahan mengubur kulit mereka.


  • Membuat perincian penjualan yang menarik

Agar pengaturan yang meyakinkan untuk menjadi sistematis dan logis, bingkai tulisan harus diamati ketika didirikan.

Susunan yang benar dari diskusi untuk meyakinkan paragraf adalah pengaturan Logis dengan urutan kausal. Dengan diskusi ini, pembaca langsung dihadapkan dengan masalah yang sedang dibahas.


  • Mengumpulkan bahan untuk penjualan yang menarik

Materi dapat diperoleh melalui kegiatan pengamatan, wawancara dan distribusi survei kepada responden.

Ketika mengumpulkan bahan, kita dapat mencatat, baik langsung dan tidak langsung tanda kutip, yang kemudian dapat digunakan sebagai bukti.

Contoh: “peneliti menunjukkan bahwa penyebab seseorang dapat jatuh ke dalam dunia narkotika: 45% rusak rumah, 20% frustasi, 17% ingin disebut modern, dan sisanya karena penyebab lain (Sukartono, 1987:45)”.

Arti: data berasal dari buku 1987 oleh Sukartono, halaman 45.


  • Menarik kesimpulan dari paragraf meyakinkan

Penarikan kesimpulan dalam persuasi set harus dilakukan dengan benar dalam rangka untuk mencapai tujuan kita. Sebuah kesimpulan dapat ditarik ketika data yang diperoleh telah dianalisis. Penarikan kesimpulan mungkin induktif atau deduksi.

Contoh:

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di beberapa kota besar di Jawa Barat, karakteristik pecandu narkoba dapat diungkapkan….


  • Meyakinkan cakupan penjualan

Pada bagian ini, penulis akan menginformasikan inti dan niat untuk menggambarkan fakta yang terkandung dalam ayat dalam 1-2 kalimat dalam bentuk permintaan atau keluhan, biasanya terletak di akhir kalimat (induktif).

Contoh:

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita, sebagai warga kota Jakarta, mencoba melestarikan lingkungan perkotaan ini dengan berbagai macam toko. Ini termasuk tanaman hijau, pembangunan taman kota dan larangan melempar sampah di mana saja. Semua ini dapat mengontrol keindahan Jakarta.


Contoh Paragraf Persuasi

  • Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

A) Contoh Pertama

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan populasi yang memenuhi syarat sebagai ibukota pembangunan. Tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi penguasaan kritis ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke-21.

Indonesia, sebagai negara berkembang, masih memiliki tingkat pendidikan yang mungkin masih cukup rendah. Menurut program pembangunan PBB (UNDP), tingkat pendidikan di masyarakat Indonesia menduduki peringkat ke-124 dari 187 negara yang belajar.

Tingginya jumlah lulusan sekolah awal karena biaya bisa menjadi rendahnya tingkat pendidikan di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu telah menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa untuk membantu mereka yang membutuhkan melanjutkan pendidikan mereka.

b) Contoh Kedua

Ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting di dunia ini. Bahkan Nabi Muhammad telah memerintahkan kita untuk mengklaim ilmu sejak lahir sampai kita mati.

Karena dengan ilmu pengetahuan kita bisa menguntungkan orang lain, karena sama seperti manusia di muka bumi, ada orang yang menguntungkan orang lain.

Oleh karena itu marilah kita menuntut pengetahuan yang tertinggi agar kita dapat menjadi orang yang berpengetahuan luas dan berguna bagi masyarakat di sekitar kita.

c) Contoh Ketiga

Kami meminta agar anak Muslim mengikuti TK Al-Quran. Sebelumnya, guru TK diberi insentif. Sekali besarnya Rp25 ribu per orang, sekarang ini adalah Rp100 ribu dan mudah-mudahan tahun ini dapat dinaikkan lagi.

Madrasah Tsanawiyah, Aliyah dan lain-lain juga membantu. Kita memiliki landasan keagamaan. Tujuannya adalah untuk membuat orang lebih kuat terlibat dalam perkembangan mereka.

Pada intinya, pemerintah harus mampu memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Dari peningkatan mutu pendidikan, kesejahteraan guru, pengelolaan air bersih, perlindungan lingkungan, sarana transportasi dan prasarana.


  • Contoh Paragraf Persuasi Budaya

Komunitas Hindu Bali memiliki upacara kematian yang sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ritual unik ini disebut Ngaben.

Ngaben adalah ritual pembakaran tubuh sebagai lambang pemurnian Roh orang mati. Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai peralatan dengan biaya yang cukup besar, maka tidak semua orang meninggal secara langsung di Aben.

Mayat, yang belum di perut, biasanya dimakamkan pertama sampai peralatan Ngaben siap. Jika Anda ingin melihat ritual unik ini, tidak ada salahnya ketika Anda mengunjungi Provinsi Bali, karena upacara Ngaben dilakukan oleh hampir semua umat Hindu di Bali.


  • Contoh Paragraf Persuasi Lingkungan

A) Contoh Pertama

Polusi Sungai Ciliwung sangat kuat dan dapat diklasifikasikan sebagai polusi yang parah. Rumah tangga adalah pencemar terbesar limbah di Sungai Ciliwung.

Jika kondisi ini berlanjut, beberapa daerah tergantung pada sumber air dari Sungai Ciliwung akan ditakuti sebagai krisis. Untuk tujuan ini, kesadaran akan konservasi lingkungan harus kuat ditanamkan dalam masyarakat. Jika lingkungan terjaga, kita akan mendapatkan keuntungan dari itu.

b) Contoh Kedua

Kita semua tahu bahwa situasi lingkungan di Jakarta sangat mengkhawatirkan. Banyak sungai kotor karena limbah tidak teratur dibuang dan polusi udara dari asap dari kendaraan bermotor menjadi lebih dan lebih.

Semua ini dapat menyebabkan gangguan makhluk hidup di kota Jakarta, termasuk manusia. Pernapasan kami dapat terganggu dan keindahan Jakarta dicemburu.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita, sebagai warga kota Jakarta, mencoba melestarikan lingkungan perkotaan ini dengan berbagai macam toko.

Ini termasuk tanaman hijau, pembangunan taman kota dan larangan melempar sampah di mana saja. Semua ini dapat mengontrol keindahan Jakarta.


  • Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan

A) Contoh Pertama

Penggunaan pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia juga dapat mendatangkan manfaat yang melimpah bagi petani dari tanaman.

Tapi efek negatif yang disebabkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena mereka dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan.

Selain itu, penggunaan pupuk kimia juga dapat mencemari buah yang dihasilkan dengan pupuk kimia ini, sehingga mengurangi kualitasnya.

Oleh karena itu, kompos yang murah dan terjangkau juga aman untuk hasil panen.

b) Contoh Kedua

Tubuh kita mendesak kebutuhan berbagai vitamin dan mineral yang berguna untuk kebutuhan hidup kita. Vitamin dan mineral ini banyak digunakan dalam makanan bergizi, seperti buah, daging, susu, sayuran, kacang-kacangan dan susu.

Jika kebutuhan akan vitamin dan mineral sudah mencukupi, maka kita menjadi sehat dan tidak mudah sakit. Sebaliknya, jika kita kekurangan vitamin dan mineral, kita mudah diserang oleh penyakit.

Sehingga tubuh kita sehat, makan makanan mereka. Juga, jangan lupa untuk mengimbangi dengan olahraga teratur.


  • Contoh Paragraf Persuasi Banjir

Banjir telah menjadi masalah umum bagi masyarakat Jakarta. Ada banyak kerugian yang disebabkan oleh bencana alam, mulai dari bahan dan kerugian tak berwujud.

Tapi kita harus mengakui penyebab banjir itu sendiri, adalah orang yang selalu merusak alam. Dari penebangan kayu pohon liar, buang sampah untuk mencemari sungai.

Oleh karena itu, untuk mencegah kejadian banjir ini terjadi lagi, kita perlu sikap yang nyata dari kita dalam rangka melestarikan lingkungan.


  • Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

Islam saat ini dianggap religius atau teroris agama. Namun, asumsi sebenarnya adalah satu besar. Islam adalah agama yang penuh dengan perdamaian dan toleransi. Hanya sedikit orang yang salah menafsirkan kata jihad, yang membuat nama Islam kotor.

Banyak dari para pemuda direkrut oleh kelompok tertentu, yang katanya adalah jihad, tetapi malah membunuh sesama manusia. Meskipun jelas Allah SWT melarang pembunuhan itu apalagi membunuh saudaranya Mitislam.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemuda Islam, kita tidak harus dipengaruhi oleh undangan palsu yang mengarah ke nama Islam. Kita hendaknya menguatkan diri kita agar tidak terpengaruh oleh mereka yang akan menggulingkan kita.

Dan marilah kita membangun kembali agama Islam, yang telah dicap sebagai agama kekerasan ini, menjadi agama yang penuh dengan kebaikan dengan berbuat baik dengan orang lain. Tapi dengan batas yang ditetapkan oleh agama kita.


Contoh Paragraf Persuasi Sampah

Sampah tersebar di mana-mana. Sudah sekarang sampah pegunungan dan menyebabkan bau yang tidak menyenangkan.

Banyak orang yang tidak peduli dengan sampah, tetapi sampah bisa menjadi sarang dari berbagai penyakit berbahaya karena sampah merupakan tempat ideal bagi bakteri dan virus untuk berkembang.

Akibatnya, manusia akan terpengaruh, yaitu terinfeksi dengan penyakit yang berasal dari bakteri dan virus yang menyebar melalui udara atau kontak langsung.

Itulah sebabnya kita harus membersihkan sampah sehingga lingkungan kita menjadi bersih dan bebas dari sampah, sehingga kita tidak terinfeksi oleh penyakit.


  • Contoh Paragraf Persuasi Politik

Pemilu pendek (pemilu) tiba. Mari kita gunakan hak kita untuk memilih kandidat presiden terbaik di negeri ini. Ingat, masa depan negara kita 5 tahun ke depan tergantung pada pilihan Anda di tangga Juni 1, 2015.

Jangan biarkan abstain atau hak suara Anda disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, mintalah semua saudara Anda, kakak dan adik teman untuk datang ke TPU untuk menggunakan hak mereka untuk memilih. Ingatlah untuk menjadi pemilih yang cerdas.


  • Contoh Paragraf Persuasi Advertensi atau Iklan

Susu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan meminum susu tubuh akan menjadi sehat dan kuat karena susu mengandung banyak kalsium dan protein, yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Oleh karena itu, kami meminum susu kesehatan susu, yang memiliki berbagai manfaat karena kandungan vitamin dan mineral yang lebih mahal dibanding produk susu lainnya. Mari kita ganti susu Anda dengan susu sehat dan sehat dan kuat.


  • Contoh Paragraf Persuasi Singkat

A) Contoh [ertama

Hari kemerdekaan Indonesia adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, seperti pada hari ini bangsa dibebaskan dari belenggu penjajah bahwa bangsa Indonesia telah menahan nafas selama 3,5 abad.

Itulah sebabnya kita ingin merayakan hari kemerdekaan Indonesia ini dengan berterima kasih kepada Tuhan yang Mahakuasa dan memegang kemerdekaan ini bersama-sama.

b) Contoh Kedua

Sahabat saya yang terkasih, marilah kita datang ke pertemuan ini, kita telah belajar kebijaksanaan. Kali ini tidak boleh digunakan sebagai penolakan hanya kerinduan.

Tapi lebih dari itu, membuat perakitan ini sebagai sebuah persaudaraan bersama-sama untuk memeriksa apa sumbangan kita dapat membuat untuk masyarakat, bangsa, negara dan agama.

c) Contoh Ketiga

Yang bijak mengatakan bahwa dengan seni, hidup menjadi lebih indah. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, hidup menjadi mudah. Apa yang menuntun kita, bagaimanapun, adalah agama.

Agama adalah kata kunci dalam hidup. Masyarakat Tarakan adalah komunitas heterogen. Ada Muslim, Kristen, Katolik, Buddha dan Hindu.

Mari kita pergi bersama karena Islam mengajarkan makna Hablum Minanas. Biarlah umat Islam, dalam konteks kita sebagai mayoritas, menjadi teladan yang baik dari umat beragama.

D) Contoh Keempat

Dalam setiap bangsa Indonesia, nilai cinta bagi sesama manusia harus menjadi refleksi dari kemanusiaan dan keadilan.

Nilai ini mencakup pengakuan dan perlakuan terhadap orang sesuai dengan Haraam dan martabat mereka, perkembangan rasa toleransi dan nilai kemanusiaan.

Sebagai sesama anggota masyarakat, kita harus saling mengembangkan dan saling mengasihi. Dengan demikian kehidupan masyarakat dipenuhi oleh suasana kemanusiaan dan saling mengasihi.


Demikianlah artikel tentang Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh, Syarat Menyusun, Langkah, dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ADSL Adalah

Lihat Juga:   Pencemaran Lingkungan

Lihat Juga:   Perjanjian Kalijati

Lihat Juga:   Rubrik Adalah