Jenis Bunga

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Jenis Bunga, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : √ Bagian Bunga : Pengertian dan Fungsinya


Pengertian Bunga

Pengertian bunga merupakan sebuah organ pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat dimana terjadinya perkembang biakan generatif yang terjadi melalui suatu proses penyerbukan atau pembuahan. Bunga juga bisa diartikan sebagai modifikasi dari tunas batang maupun tunas daun, di mana warna, bentuk, dan juga susunannya telah disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan itu sendiri. Modifikasi itulah yang kemudian membentuk beberapa bagian bunga yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda beda.


Jenis Jenis dan Macam Macam dan Nama Bunga

  1. Bunga Anggrek
  2. Bunga Allamanda
  3. Bunga Anyelir
  4. Bunga Apel
  5. Bunga Asoka
  6. Bunga Aster
  7. Bunga Azalea
  8. Bunga Bakung
  9. Bunga Bangkai
  10. Bunga Begonia
  11. Bunga Adenium
  12. Bunga Agapanthus
  13. Bunga Camelia
  14. Bunga Chicory
  15. Bunga Cosmos
  16. Bunga Candytuft
  17. Bunga Dahlia
  18. Bunga Daffodi
  19. Bunga Dandelion
  20. Bunga Eceng Gondok
  21. Bunga Eidelweis
  22. Bunga Freesia
  23. Bunga Gladiol
  24. Bunga Hebras
  25. Bunga Kertas
  26. Bunga Kembang Sepatu
  27. Bunga Lavender
  28. Bunga Lantana
  29. Bunga Lonceng
  30. Bunga Matahari
  31. Bunga Mawar
  32. Bunga Melati
  33. Bunga Jepun
  34. Bunga Peony
  35. Bunga Putri Malu
  36. Bunga Poinsettia
  37. Bunga Protea
  38. Bunga Ranunculus
  39. Bunga Sakura
  40. Bunga Sedap Malam
  41. Bunga Semanggi
  42. Bunga Seruni
  43. Bunga Snapdragon
  44. Bunga Teratai
  45. Bunga Tulip
  46. Bunga Vinca
  47. Bunga Violet
  48. Bunga Widuri
  49. Bunga Wisteria
  50. Bunga Yarrow
  51. Bunga Zinnia
  52. Bunga Magnolia

Bagian-Bagian Bunga

A. Tangkai Induk Bunga

Tangkai induk bunga maupun ibu tangkai bunga ( rachis, penduluncus, penduluncus, communis ) adalah akses perbungaan dalam lanjutan dari batang maupun cabang.


B. Tangkai Bunga

Tangkai bunga ( pedicellus ) merupakan bagian bunga yang tepat berada di bagian bawah bunga yang merupakan pendukung terakhir dari cabang bunga. Fungsi dari tangkai bunga ialah penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang pada bunga.


C. Dasar Bunga

Dasar bunga ( receptacle ) adalah bagian ujung bunga dalam melekatkan ataupun bertumpunya mahkota pada bunga. Fungsi dasar bunga adalah tempat dimana bertumpunya maupun letak mahkota bunga.


D. Daun Pelindung

Daun pelindung ( brachtea ) adalah daun yang diketiaknya ditumbuhi bunga, daun pelindung merupakan daun terakhir.


E. Daun Tangkai

Daun tangkai ( brachteola ) merupakan daun yang letaknya berada di pangkal tangkai bunga yang akan berperan sebagai pelindung.


F. Kelopak Bunga ( Calix )

Bagian yang terluar dari bunga merupakan kelopak. Fungsi kelopak bunga ialah untuk dapat melindungi bunga pada waktu bunga masih muda yang berbentuk kuncup bunga. Kelopak pada umumnya berwarna hijau seperti daun, tetapi ada pula kelopak yang berwarna selain dari hijau sehingga tampak seperti mahkota bunga. Kelopak yang berwarna ini sering kita jumpai pada bunga bougenvil. Setiap helaian kelopak bunga ini sering dikatakan sepal. Disamping kelopak ada beberapa bunga tumbuh kelopak tambahan .


G. Tajuk Bunga Atau Mahkota Bunga ( Corolla )

Tajuk bunga maupun mahkota bunga merupakan hiasan pada bunga yang terdapat di sebelah dalam kelopak.pada Umumnya mahkota ini ukurannya lebih besar dari pada kelopak atau berwarna indah serta menarik tidak jarang pula mempunyai bau yang harum atau sedap. Warna yang indah dan juga baunya yang harum inilah yang merupakan daya tarik bagi serangga atau binatang kecil lain seperi burung dan kelelawar untuk mendatangi bunga tersebut.


H. Benang Sari ataupun Stamen ( Alat Kelamin Jantan )

Benang sari bagi tumbuhan merupakan alat kelamin jantan, seperti sama halnya dengan bagian-bagian bunga, benang sari pun merupakan hasil dari metamorfosis daun yang bentuk dan juga fungsinya telah disesuaikan sebagai alat kelamin jantan. Jadi fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan pada bunga ( alat perkembangbiakan ).


Struktur Bunga sturktur bunga

  • Kelopak Bunga

Kelopak adalah bagian luar bunga dan menyelimuti mahkota sementara masih kuncup. Fungsi kelopak bunga adalah untuk melindungi Mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka ketika mahkota mekar.


  • Mahkota Bunga

mahkota bunga adalah salah satu bagian yang sangat indah dari bunga dan memiliki warna yang berbeda. Mahkota bunga sering disebut sebagai hiasan bunga. Mahkota bunga terletak di sebelah bagian dalam atau di atas kelopak. Fungsi Mahkota bunga didukung oleh serangga yang mendukung dan mendukung proses penyerbukan.


  • Benang Sari

Benang Sari adalah alat kelamin bunga di antara Mahkota bunga. Bagian yang terletak di Stamen adalah kepala Sari (anther), batang (filamen) dan serbuk sari (Polandia). Fungsi benang Sari adalah sebagai proses pemuliaan dan memproduksi tepung serbuk yang menghasilkan gamet jantan pada tanaman.


  • Putik Bunga

Putik adalah alat kelamin bunga betina yang terletak di bagian tengah bunga. Ada beberapa bagian yang ada di Cap, yaitu ujung PISTG (kepala lereng, Putick batang (bagian yang panjang), buah terletak di bagian bawah lereng, dan benih yang terletak di buah yang memiliki 2 inti, yaitu telur dan lembaga masa depan. Bunga yang sempurna adalah bunga yang memiliki puitis dan Benang Sari. Sementara bunga yang tidak memiliki mereka atau tidak disebut kedua bunga tidak sempurna.


Fungsi Bunga

Bunga mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut yakni:
1. Sebagai organ seksual.oleh Sebab, bunga merupakan tempat menyatunya gamet jantan dan gamet pada suatu tumbuhan.

2. Sebagai alat reproduksi.

3. Sebagai organ untuk bertahan jika terjadi situasi yang kurang menyenangkan. misalnya: jika tanaman kekurangan air, tanaman tersebut biasanya akan membentuk sebuah bunga.

4. Untuk dapat menarik perhatian serangga, agar ia mau hinggap atau membantu proses penyerbukan yang sangat penting bagi sebuah bunga.

5. Untuk meneruskan proses perkembangbiakan. Bunga ada yang mempunyai biji. Biji tersebut bisa ditanam di tempat lain untuk menjadi tanaman yang baru.

Demikianlah artikel tentang Jenis Bunga : Pengertian, Macam, Nama, Bagian, Struktur, Fungsi dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   Kegiatan Ekonomi

Lihat Juga:   Estetika Adalah

Lihat Juga:   Desain Adalah

Lihat Juga:   √Pengertian Informasi