Teks Eksplanasi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Teks Eksplanasi Adalah : Pengertian, Contoh, Ciri, Jenis, Tujuan, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. Teks-Eksplanasi


Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah suatu bacaan atau paragraf yang berisi informasi, terhadap proses bagaimana suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi, dan mengapa hal itu terjadi baik secara alami maupun sosial di sekitar lingkungan kita yang memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Teks eksplanasi memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari teks lain, yaitu berisi sebuah peristiwa yang memiliki sebab dan akibat.

Sebagai contoh, sebuah rumah runtuh secara tiba-tiba, di samping runtuhnya rumah, pasti ada faktor yang dapat menyebabkan rumah itu runtuh, seperti: kekurangan bahan, tidak kokoh dalam proses pembuatan, terjadi pelapukan kayu atau karena alasan lain.

Dengan terjadinya sebuah peristiwa, kita tidak hanya merasakannya, tetapi kita dapat belajar dari apa yang terjadi, sehingga kita bisa lebih waspada dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Ciri – Ciri Teks Eksplanasi

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri teks eksplanasi :

  • Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  • Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.
  • Menggunakan kata penanda urutan.
Lihat Juga:   Perdagangan Internasional Adalah

Jenis – Jenis Teks Eksplanasi

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis teks eksplanasi :

  1. Eksplanasi Sequential

    Eksplanasi Sequential adalah jenis penjelasan yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Misalnya, urutan siklus hidup dalam bentuk rantai makanan.

  2. Eksplanasi Faktorial

    Eksplanasi Faktorial adalah jenis penjelasan yang menjelaskan efek dan hasil dari suatu proses. Misalnya, tentang efek kolonialisme.

  3. Eksplanasi Teoritis

    Eksplanasi Teoritis adalah jenis penjelasan yang mengandung kemungkinan spekulasi yang mungkin terjadi di balik fenomena alam. Misalnya, letusan Gunung Merapi dapat memicu bencana alam lainnya yang menghancurkan.

  4. Eksplanasi Kausal

    Eksplanasi Kausal adalah sifat penjelasan yang secara progresif menjelaskan asal atau penyebab perubahan dalam suatu masalah. Misalnya saja proses longsor.


Tujuan Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi mempunyai tujuan untuk memberikan sebuah informasi yang secara lebih rinci kepada para pembaca supaya dapat memahami terhadap sebuah fenomena yang sedang terjadi.


Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi memiliki tiga struktur yaitu sebagai berikut :

  1. Pernyataan umum

    Berisi pernyataan umum tentang / mengenai subjek yang akan dijelaskan dalam proses terjadinya / proses keberadaan.

  2. Urutan Sebab dan Akibat

    Berisi penjelasan secara rinci tentang proses terjadinya, disajikan secara berurutan atau bertahap, dari awal hingga akhir.

  3. Interpretasi

    Berisi mengenai atau tentang kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan.


Manfaat Teks Eksplanasi

Berikut dibawah ini meruapak manfaat teks eksplanasi, yaitu :

  1. menambah wawasan mengenai suatu hal yang bersifat ilmiah
  2. Dapat mewujudkan generasi muda yang cerdas secara intelektual
  3. Menambah wawasan mengenai proses terjadinya suatu fenomena/kejadian

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor

Pernyataan Umum :

Tanah longsor adalah peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan massa batuan atau tanah dengan berbagai jenis dan tipe seperti runtuhnya gumpalan tanah yang besar atau bebatu yang jatuh. Tanah longsor biasanya terjadi karena 2 faktor: faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktor pendorong adalah faktor yang mempengaruhi kondisi material, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan material bergerak. Meskipun ada banyak faktor yang menyebabkan tanah longsor, penyebab utamanya adalah “gravitasi yang mempengaruhi lereng yang curam”.

Urutan sebab dan Akibat :

Negara kita sering mengalami tanah longsor, terutama disebabkan oleh gempa bumi dan hujan lebat. Gempa bumi menyebabkan pergerakan lempeng bawah tanah sehingga bergeser.

Proses longsor yang pertama adalah penyerapan air hujan ke tanah sehingga mempengaruhi beban tanah sehingga berada pada batas maksimum dalam mengandung air.

Kemudian, perubahan tekstur tanah, ketika air telah mencapai bagian tanah kedap air, tanah menjadi licin, sehingga terjadi pergerakan tanah yang sangat cepat.

Permukaan tanah akhirnya akan mengalami pelapukan, begitupun dengan struktur lapisan tanah yang berada dibawahnya sampai ke paling dasar dari tanah. Hal ini menyebabkan tanah bergerak, kemudian keluar lereng dan terjadi tanah longsor.

Kesimpulan / Penutup :

Bencana alam yang disebabkan oleh tanah longsor ini menyebabkan kerugian yang sangat besar, mulai dari kerusakan pada rumah hingga hilangnya akses kendaraan, harta benda dan nyawa manusia.

Karena sangat jarang seseorang selama peristiwa tanah longsor bisa melarikan diri, itu karena tanah longsor dapat bergerak dengan kecepatan 100 km / jam.

Jika ada yang selamat, korban tersebut bisa trauma. Untuk ini, jika Anda mendengar suara gemuruh di dekat jurang / tebing, segera melarikan diri ke dataran yang stabil.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Teks Eksplanasi Adalah : Pengertian, Contoh, Ciri, Jenis, Tujuan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.