Promosi Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Promosi Berikut Penjelasnnya:

Promosi Adalah


Pengertian Promosi Adalah

Promosi adalah sebuah akitivitas komunikasi yang dikerjakan oleh seseorang atau sebuah perusahaan dengan masyarakat luas, yang mana tujuannya ialah guna memperkenalkan sesuatu yaitu barang,jasa,merek,perusahaan) kepada masyarakat serta sekaligus mempengaruhi masyarakat luas supaya membeli dan memakai produk itu.

Promosi adalah sebuah kegiatan pemasaran yang biasa dikerjakan oleh tenaga pemasar guna memberikan informasi tentang produknya dan mendorong konsumen supaya melakukan pembelian terhadap produk itu. Cara serta media promosi ada banyak sekali, malah metode promosi pasti berkembang dari waktu ke waktu.


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

1. Harper Boyd

Harpert Boyd Menyatakan Promosi adalah usah membujuk orang guna menerima produk, konsep serta gagasan.

2. Swastha

Swastha menyatakan Promosi adalah persuasi satu arah yang di buat guna mempengaruhi orang lain yang tujuannya pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3. Boone & Kurtz

Boone dan Kurtz menyatakan Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, serta mempengaruhi sebuah keputusan pembelian.


Tujuan Promosi

  1. Bertujuan menyebarluaskan informasi tentang sebuah produk (barang atau jasa) kepada masyarakat serta calon konsumen potensial.
  2. Bertujuan mengambil dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
  3. Untuk membantu menaikkan angka penjualan serta meningkatkan keuntungan.
  4. Untuk membantu mengangkat kualitas serta membedakan sebuah produk dengan produk dari pesaing.
  5. Untuk branding atau menciptakan citra sebuah produk di mata konsumen sesuai kemauan perusahaan.
  6. Guna mempengaruhi pendapat serta perilaku konsumen pada sebuah produk.
Lihat Juga:   √Biodisel Adalah

Jenis-jenis Promosi

1. Promosi Secara Fisik

Promosi seperti ini bisa kita temukan pada event atau kegiatan tertentu, contohnya bazar, konser, pameran, dsb. Dalam kegiatan promosi tersebut biasanya para penjual membuka booth guna menawarkan produknya (barang atau jasa).

Promosi secara fisik mempunyai kelebihan serta kekurangan. Kelebihan dari promosi jenis tersebut adalah memungkinkan pengusaha guna menjangkau langsung serta melakukan interaksi langsung dengan calon konsumen.

Sementara kekurangan jenis promosi seperti ini adalah terbatasnya calon konsumen yang bisa diambil. Kegiatan seperti ini cuma diadakan pada lokasi tertentu, contohnya perkantoran, sekolah, kampus, mall, dan lain-lain, jadi hanya orang yang ada di lokasi yang bisa dijangkau.

2. Promosi Lewat Media Tradisional

Promosi jenis ini dulunya sangat efektif guna menaikkan angka penjualan. Beberapa diantaranya adalah promosi lewat media cetak (koran, majalah, tabloid, dsb), radio, televisi, iklan banner, billboard, serta lain-lain.

Promosi jenis ini mempunyai keuntungan tersendiri dibanding promosi secara fisik, yaitu bisa menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama. Tapi, jenis promosi tersebut punya kekurangan yakni mahalnya biaya promosi, baik dari sisi medianya ataupun biaya promosinya.

3. Promosi Lewat Media Digital

Perkembangan teknologi serta media informasi sudah mengubah cara promosi di era digital. Beberapa promosi lewat media digital yang banyak dilakukan adalah lewat media sosial, jaringan website, mesin pencari, dsb.

Para pengusaha yang telah melek teknologi lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka lewat internet. Selain karena lebih murah, bisa menjangkau banyak orang, serta proses promosinya pula dipercaya lebih mudah dan cepat.

Kelebihan promosi lewat media digital ialah alasannya biayanya yang lebih murah, pelaksanaannya lebih mudah dan cepat, serta bisa menjangkau pemakai internet di penjuru dunia.

Lihat Juga:   Solusi Lupa Password Higgs Domino Termudah

Sementara kekurangan promosi digital adalah dibutuhkannya kreatifitas dalam berpromosi secara terus menerus sebab ada banyak kompetitor yang bermain di dalamnya. Dengan kata lain, kunci keberhasilan promosi digital ialah pada keunikan serta tepat sasaran.


Contoh Promosi

  1. Promosi di Restaurant: Beli Ayam Gratis Minuman Dingin.
  2. Promosi Penjualan retail: Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Sarung Tangan.
  3. Promosi provider telekomunikasi: Nelpon selama 5 menit dapat Gratis telpon selama 1 jam ke provider yang sama.
  4. Promosi penjualan property: Beli Rumah Dapat Janda.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Promosi Semoga Dapat bermanfaat bagi kita semua!