Samudra Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Samudra Adalah, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Samudra Adalah


Pengertian Samudra Adalah

Samudra adalah lautan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi yang merupakan massa dari air asin yag sangat banyak meliputi hampir seluruh bumi yang dibatasi oleh benua atau pun daratan. dibumi terdapat lima samudara yang sangat luas yaitu: samudra antartika, samudra arktik, samudra atlantik, samudra hindia, dan samudra pasifik.


Pengertian Samudra Menurut Para Ahli

  • The Free Dictionary

Samudara adalah seluruh wadah air asin yang mencakup lebih dari 70 persen dari permukaan bumi.

  • The Britanica

Samudra adalah wadah air asin terjerat ditemukan di sebuah cekungan besar di permukaan bumi. Jika dilihat dari luar angkasa, dominasi lautan bumi dapat terlihat jelas. Lautan dan signifikansi laut marjinal mencakup hampir 71 persen dari permukaan bumi, dengan kedalaman rerata 3.688 meter (12.100 kaki).

  • Geografi Nasional

Samudra adalah wadah air asin saling berhubungan yang mencakup lebih dari 70 persen dari permukaan bumi. Arus Samudera mengatur cuaca dunia dan menghasilkan kaleidoskop kehidupan. Manusia bergantung pada perairan ini untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup.


Proses Pembentukan Samudera

Terbentuknya lautan dibumi atau samudra berawal dari kejadian 4,4 milyar tahun yang lalu. Pada masa itu terjadi perubahan bentuk permukaan bumi akibat meletus gunung api. Sebagai akibatnya bumi tertutup oleh debu-debu vulkanik.

Lihat Juga:   Perpustakaan

Debu-bedu vulkanik yang melapisi bumi ini menghalangi cahaya matahari masuk menuju ke bumi. Akibat dari kejadian ini, uap air yang menupuk di atmosfer terkondensasi hingga terjadi hujan. Karena berubahnya permukaan bumi, hujan ini mengisi cekungan-cekungan dibumi hingga terbentuklah lautan.

Pada mulanya, air laut bersifat sangat asam dengan suhu sekitar 100 daerajat celcius. Kondisi ini terjadi karena keadaan bumi yang sangat panas dan atmosfer bumi yang diselimuti oleh karbon dioksida. Saat itu juga sering terjadi gelombang tsunami karena jatuhnya asteroid kebumi.

Hal ini disertai dengan pasang surut air laut yang terlalu cepat terjadi karena jarak bumi dan bulan yang terlalu dekat. Seiring dengan berjalan waktu perlahan-lahan jumlah karbondioksida yang di atmosfer bumi menyusut. Penyusut ini terjadi karena karbondioksida terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat sehingga membentuk kalsium karbonat.

Sehingga langit mulai berwana cerah dan sinar matahari dapat kembali masuk ke bumi dan volume air laut terus menerus mengalami penyusutan. Bagian-bagian bumi yang awalnya terendam air mulai mengering.

Pelapukan batu yang terjadi dipermukaan bumi terjadi terus menerus dan terbawa kelautan karena adanya air hujan. Hal inilah yang menyebabkan air laut menjadi asin.


Manfaat Samudra Bagi kehidupan

Berikut dibawah ini manfaat samudra bagi kehidupan, yaitu:

  1. Sebagai sarana transportasi.
  2. Sebagai tempat sumber pangan.
  3. Sebagai jalur perdagangan.
  4. Sebagai pembatas wilayah.
  5. Sebagai tempat penelitian dan konservasi.
  6. Sebagai tempat cadangan air bersih.
  7. Sebagai tempat pembetukan awan.
  8. Sebagai tempat hidupnya biota laut.
  9. Sebagai tempat perpindahan arus laut
  10. Sebagai tempat Sumber Daya Alam
  11. Sebagai tempat akhir perjalanan air dari pegunungan.

Macam Macam dan Jenis Jenis Samudra

Berikut dibawah ini merupakan macam macam dan jenis jenis samudra, yaitu:

  • Samudera Antartika

Salah satu lautan di bumi adalah Samudera Antartika. Lautan Antraktika juga disebut Laut Selatan karena lokasinya di belahan bumi selatan dirasakan. Samudera Antartika adalah air asin atau laut yang mengelilingi benua Antartika atau mengelilingi benua Antartika.

Lihat Juga:   Puasa Ramadhan

Samudera Antartika lebih akurat pada koordinat 65,00 Lintang Selatan dan 0,00 garis Timur. Untuk informasi lebih lanjut tentang laut ini tidak ada kesesuaian antara definisi di seluruh dunia.

  • Samudera Pacifik

Samudera berikutnya adalah Pasifik Samuedra. Samudera Pasifik jelas merupakan lautan yang namanya tidak lagi terdengar aneh di telinga kita. Bagaimana tidak? Samudera Pasifik merupakan kelompok air asin terbesar di dunia. Atau seseorang dapat mengatakan bahwa Samudera Pasifik ini adalah lautan terbesar atau paling luas di dunia. Bahkan wilayah Samudera Pasifik lebih luas daripada wilayah seluruh negeri di bumi.

  • Samudera Hindia

Lautan ketiga disebut Samudera Hindia atau Samudera Indonesia. Samudera Hindia adalah lautan terluas ketiga di dunia. Wilayah Samudera Hindia ini mencakup 20% dari seluruh atau Total luas permukaan bumi atau sekitar 68.556.000.000 km ².

Garis pantai milik laut adalah 66.526 km. kedalaman rata-rata Samudera Hindia adalah 3.890 m di mana titik terdalam di laut ini adalah palung Jawa memiliki kedalaman sekitar 7.725 m. Samudera Hindia memiliki perkiraan jumlah air 292.131.000 km ³.

  • Samudera Atlantik

Samudera Atlantik adalah laut terbesar kedua nomor dua setelah Samudera Pasifik, di mana lautan mencakup sekitar 1/5 dari luas permukaan bumi atau 20%. Kawasan Samudera Atlantik ini sekitar 106.450.000 km ² bersama dengan lautan di sekeliling lautan. Jika laut di sekitarnya tidak dihitung, maka wilayah ini 82.362.000 km ².

Jumlah wilayah yang mengalir ke Samudera Atlantik adalah empat kali lebih besar daripada Samudra Pasifik dan India. Volume air yang dimiliki oleh Samudera Atlantik sekitar 354.700.000 km ³ (jika laut sekitar dihitung), tetapi jika tidak dihitung volume 323.600.000 km ³.  Asal-usul nama Samudera Atlantik ini berasal dari mitologi Yunani yang berarti  “laut Atlas “. Ketika lautan melintasi khatulistiwa atau khatulistiwa, lautan dibagi menjadi dua wilayah, Atlantik Utara dan Atlantik Selatan.

  • Samudra Arktik

Lautan Artktik adalah lautan yang terletak di belahan bumi utara dan biasanya terletak di artktik Arktik Utara. Samudera Arktik adalah lautan paling keras di dunia di bawah lima lautan di dunia.

Lihat Juga:   √Piramida Penduduk

Samudera Arktik didefinisikan dan diakui oleh International Hydrography Organization (IHO). Namun, banyak ahli laut tidak merujuk ke laut ini sebagai lautan, melainkan sebagai Mediterania Arktik atau laut Arktik diklasifikasikan sebagai salah satu bagian luar negeri Mediterania dari Samudera Atlantik.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Samudra Adalah: Pengertian, Menurut Para Ahli, Proses Pembentukan, Manfaat, Macam, Jenis, semoga bisa bermanfaat untuk anda.