Sejarah Komputer

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Sejarah Komputer Berikut Adalah Pembahasannya:


Sejarah Komputer

Pengertian Komputer

Komputer berasal dari kata Computare yang berarti menghitung. Secara bahasa komputer diartikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.

Secara umum, Komputer diartikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya jadi menghasilkan informasi yang sebelumnya sudah diolah terlebih dahulu.

Komputer terdiri dari 3 elemen yaitu : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Software (perangkat lunak) contohnya aplikasi- aplikasi dan juga Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).


Sejarah Komputer

Sejarah komputer berhubungan erat dengan perhitungan aritmatika. Jadi pada jaman dahulu, fungsi komputer adalah untuk alat bantu hitung manusia.

Seorang pakar matematika yang bernama Charles Babbage asal Inggris adalah orang pertama di dunia yang berani berkirim surat pada para ahli di kerajaan Inggris guna mengembangkan alat hitung mekanik yaitu komputer.

Pemikiran itu dia tuangkan secara tersurat di dalam surat yang berjudul Catatan Tentang Penggunaan Mesin pada Penghitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Surat itu dia kirimkan pada tangga 14 Juni 1822.

Ide Charles itu dilatarbelakangi oleh persoalan seringnya orang-orang pada masa itu melakukan kesalahan hitung walaupun sudah memakai tabel matematika. Jadi dia mau mengembangkan mesin hitung secara mekanik yang terinspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

Lihat Juga:   √Lempar Lembing Adalah

Sejak Charles terus berusaha mengembangkan mesin komputer supaya bisa di program oleh manusia, tap tidak selesai. Lalu mesin itu dilanjutkan oleh anaknya. Salah satu bagian dari mesin differensial yang dirakit oleh putranya sekarang bisa dilihat di Museum Sains London.

Selain putranya yang turut merakit, ide itu dikembangkan oleh bermacam pihak sampai menjadi komputer canggih yang kita kenal sekarang ini.


Fungsi Komputer

1. Data Processing

Komputer dipakai untuk pengolahan data sehingga bisa menghasilkan output berupa sebuah Informasi. Data yang diolah biasanya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

2. Data Storage

Komputer berfungsi untuk pengamanan serta pemakaian kembali data. komputer bisa melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Contohnya saat memakai Ms. Word kita bisa melakukan penyimpanan (save) data itu ke dalam hardisk serta bisa mengambil kembali data tersebut (open).

3. Data Movement

Komputer juga bisa melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.

4. Control


Komponen Komputer

1. Komponen INPUT

Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi untuk pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer.

Contohnya adalah:

  • Keyboard

Keyboard adalah komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik serta interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard ada huruf A-Z, angka 0 hingga 9, serta perintah-perintah lainnya.

  • Mouse

Penghubung  antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse berfungsi sebagai pointer di layar monitor.

  • Trackpad

Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda di bentuknya saja.

  • Pen

Hanya ada ketika layar yang dipakai merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.

  • Microphone
Lihat Juga:   √Iklan Adalah

Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara

  • Scanner

Untuk memindai gambar yang mau dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital,

2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk selanjutnya ditampilkan pada komponen output.

  • Prosesor

Komponen utama untuk pemrosesan data

  • Motherboard

Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Contohnya huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.

  • Hard Disk

Untuk menyimpan semua intrpretasi yang dibutuhkan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti serta sistem operasi komputer.

  • Memori (RAM)

Untuk menyimpan semua aktivitas komputer untuk sementara.

3. Komponen Output

Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya.

  • Monitor

Komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.

  • Printer

Untuk mencetak data kedalam bentuk hard copy.

  • Speaker

Untuk memberikan output berupa audio kepada user.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Sejarah Komputer Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua!