Struktur Sosial

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Struktur Sosial Berikut Adalah Pembahasannya:


Struktur Sosial Pengertian Struktur Sosial

Struktur sosial adalah sebuah kumpulan individu yang mana didalamnya ada pola perilaku yang bisa menyambungkan hubungan baik pada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Struktur sosial dapat diamalkan saat ada suatu pengulangan dalam kehidupan sehari-hari serta mendapatkan hubungan timbal balik antara posisi dan peranan sosial.

Struktur sosial adalah suatu hubungan antara individu dengan orang lain ( masyarakat ) untuk membentuk suatu norma, nilai, atau peraturan  yang ada di dalam sebuah masyarakat demi kepentingan bersama.

Salah satu kelebihan adanya struktur sosial dalam suatu lingkungan adalah bisa membuat suatu daerah menjadi lebih terkondisikan.


Bentuk Struktur Sosial

1. Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial  sebagai struktur yang mengakibatkan adanya tingkatan-tingkatan pemisah dalam masyarakat.

Tingkatan-tingkatan pemisah itu muncul sebagai akibat dari adanya perbedaan hak individu yang meliputi hak istimewa, kekuasaan, dan prestise.

2. Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial bisa diartikan sebagai masyarakat yang digolongkan menjadi beberapa golongan dengan didasarkan kepada perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat.

Diferensiasi sosial mempunyai beberapa jenis, yakni suku bangsa, ras, agama, klan, jenis kelamin, dan profesi atau pekerjaan.


Ciri-ciri Struktur Sosial

1. Ada pada sebuah kelompok masyarakat

Bisa dikatakan sebagai suatu kelompok masyarakat kalau pada individu mempunyai status serta peran saat dalam kelompok. Peran dan juga macam status setiap sistem sosial mempunyai peran yang berbeda-beda. Jadi sangat baik kalau individu bisa menyesuaikan diri.

Lihat Juga:   Kromatografi Adalah

2. Berhubungan dengan kebudayaan masyarakat

Munculnya budaya sebab adanya suatu masyarakat, kebudayaan mempunyai sebuah struktur sendiri. di Indonesia kebudayaan setiap daerah berbeda-beda, tetapi hal itu tidak menjadi sebuah masalah yang besar karena kita sebagai masyarakat Indonesia mengamalkan Bhineka Tunggal Ika ( Berbeda-beda tetapi tetap satu jua)

3. Aspek dinamis, berasal dari kedudukan atau status

Saat seorang individu berhasil melaksanakan kewajiban maka secara otomatis seseorang sudah berhasil menyelesaikan peranannya. Peranan adalah sebuah tingkah laku yang diharapkan kepada orang yang memiliki sebuah status dan kedudukan. Diharapkan peranan muncul pada orang yang memiliki status kedudukan.

4. Bersifat abstrak

Yang dimaksud dengan abstrak disini adalah sesuatu yang tidak tampak dan tidak bisa diraba. Karena struktur sosial adalah sebuah hierarki kedudukan dari tingkat yang rendah sampai ke tingkat tinggi. fungsi dari abstrak ini supaya saluran kekuasaan dan pengaturan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat tetap sesuai dengan porsinya dan merata.


Fungsi Struktur Sosial

1. Fungsi Kontrol

Fungsi control adalah untuk mengontrol individu maupun masyarakat supaya tidak sampai melanggar sebuah nilai, norma, maupun peraturan yang sudah diterapkan kepada masyarakat. Harapan adanya teori ini supaya masyarakat jera dan tidak sampai melakukan hal-hal yang dilanggar oleh masyarakat.

2. Fungsi identitas

Fungsinya sebagai penegas identitas yang ada dalam suatu masyarakat. Dalam hal tersebut kelompok yang dimaksud adalah yang mempunyai latar belakang sama, sosial, budaya, dan juga ras.

3. Fungsi pembelajaran

Terakhir adalah individu bisa mempelajari suatu struktur sosial yang berlaku di sebuah masyarakat, kedisiplinan, ketaatan, dan juga kebiasaan.


Contoh Struktur Sosial

1. Ascribed status

Contoh nya adalah kasta, kasta bisa diberikan tanpa melihat sebuah karakteristik pada seseorang dan secara otomatis didapatkan sebab faktor keturunan.

Lihat Juga:   Pengertian Kebudayaan Adalah

2. Achived status

Contohnya adalah menjadi dokter, guru, hakim. Intinya beberapa pekerjaan yang diperoleh dari usaha pribadi.

3. Assigned status

adalah sesuatu yang diberikan kepada orang yang sudah berjasa pada masyarakat. Sebagai contoh adalah peraih nobel, pahlawan, pejuang bangsa, dsb.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Struktur Sosial Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!