Sungai Terpanjang Di Indonesia

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Sungai Terpanjang Di Indonesia Berikut Adalah Pembahasannya:


Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai Terpanjang Di Indonesia

1. Sungai Kapuas Kalimantan Barat

Sungai Kapuas kerap dikenal sebagai sungai yang paling panjang di Kalimantan serta di seluruh Indonesia. Total panjangnya hingga 1178 km. Sungai tersebut mengalir di sepanjang Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya dari pegunungan Muller dan berakhir di muara sungai Selat Karimata.

2. Sungai Mahakam

Ada daftar kedua sungai terpanjang di Indonesia ada sungai Mahakam. Sungai tersebut ada di provinsi Kalimantan timur dengan total panjang yang mencapai 920 km.

Sungai Mahakam bermuara di Selat Makassar dengan sebelumnya melewati daerah Kutai Barat sampai Kabupaten Kutai Kartanegara dan Samarinda.

3. Sungai Barito

Sungai tersebut letaknya ada di provinsi Kalimantan Tengah. Total panjang dari Sungai Barito mencapai 909 km.

Tak berbeda dengan Sungai Kapuas, Barito pula mengalirkan sungai dari pegunungan Muller. Walau begitu keduanya berbeda muara. Kalau Kapuas di Selat Karimata maka Sungai Barito bermuara di laut Jawa.

4. Sungai Batanghari

Di pulau Sumatera Sungai Batanghari adalah yang paling panjang dan terbesar tapi di Indonesia sendiri Batanghari masuk ke sungai terpanjang yang nomor 4. Sungai ini mempunyai panjang dengan total 800 KM sementara lebarnya 200 sampai 600 meter.

Sungai tersebut membelah Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Sementara hilirnya ada di gunung rasan. Muaranya sendiri ada di Laut Cina Selatan.

Lihat Juga:   Wartawan Adalah

5. Sungai Musi

Selain sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia, Musi pula menjadi ikon utama dari kota Palembang Sumatera Selatan.

Sebagaimana sungai tersebut menjadi terpanjang yang ke-5 di Indonesia, Musi juga menjadi sungai yang paling panjang di Sumatera dengan total aliran hingga 750 km. Sungai Musi mengalirkan mata air dari daerah Kepahiang Bengkulu hingga ke Selat Bangka.

6. Sungai Membramo

Selanjutnya, ada Sungai Membramo yang  ada di Papua. Sungai ini mempunyai total panjang sampai 670 km, jadi menjadikannya sebagai sungai terpanjang di Papua serta menjadi sungai yang terpanjang ke-7 di Indonesia.

Sungai membramo sering dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia sebab tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.

7. Sungai Bengawan Solo

Bengawan Solo pastinya kamu kenal dari sebuah judul lagu keroncong legendaris zaman dahulu. Sungai ini ialah yang paling panjang di Pulau Jawa dengan total panjang hingga 548,503 km yang mengalir dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur.

Sungai tersebut mengalirkan mata air dari hulu Pegunungan Kidul hingga ke muara daerah Gresik.

8. Sungai Digul

Masih di Pulau Papua, selain Sungai Membramo, ada juga sungai yang mempunyai panjang menakjubkan yakni 546 km bernama Sungai Digul. Dijuluki sebagai Tanah Merah, sungai ini mempunyai tipe tanah yang berlumpur saat musim penghujan tiba.

Aliran air yang mengisi sering jengkal lekukan tanah itu berasal dari Pegunungan Sterren. Sementara ujung dari sungai tersebut bermuara di Laut Arafuru.

9. Sungai Indragiri

Kembali ke Pulau Sumatera, ada satu lagi sungai yang mengalir sangat panjang yaitu 500 km. Sungai tersebut bernama Indragiri.

Beberapa wilayah di daerah Sumatera yang dialiri oleh air jernih sungai Indragiri antara lain, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, serta Provinsi Riau. Muara dari Sungai Indragiri ada di Laut Cina Selatan.

Lihat Juga:   Pengertian Iklan Adalah

10. Sungai Seruyan

Kalimantan adalah suatu pulau yang kaya akan sungai-sungai besar dan panjang. Satu diantaranya adalah Sungai Seruyan yang mempunyai panjang 350 kilometer dengan lebar 300 meter serta kedalaman rata-rata yang hingga 6 meter.

Sebagai warga Indonesia, pastinya Kita mesti bangga dengan banyaknya sungai yang mempunyai panjang menakjubkan itu. Cara kita untuk mencintai sungai-sungai terpanjang tersebut adalah dengan menjaga kelestariannya.

Sebab, sungai bukan hanya sekedar jalinan air yang mengalir sampai ke muara. Sungai adalah sumber kehidupan, riak airnya bisa menyuburkan tanah serta kehidupan tumbuhan yang ada di dalam hutan. Sungai menjadi sumber kehidupan untuk satwa satwa. Sungai menjadi pusat jaringan ekosistem yang ada di hutan.

Lebih besar dari itu, ekosistem adalah keseimbangan yang menghubungkan jagat raya serta menggerakkan kehidupan. Kalau sungai tercemar, maka hutan akan ikut hancur, ekosistem juga lumpuh, satwa mati, serta kita akan musnah.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Sungai Terpanjang Di Indonesia semoga bermanfaat