Teks Berita Adalah

Diposting pada

Setiap hari pasti ada berita baru yang muncul mengenai peristiwa yang sedang terjadi di dunia ini, tentu pastinya anda juga sering mendengar suatu berita baik melalui media cetak, elektronik ataupun melalui media lain. Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, Struktur, Contoh dan Kiadah, berikut di bawah ini langsung saja di scroll.Teks-berita-adalah


Pengertian Teks Berita

Teks Berita adalah teks yang berisikan hal-hal yang mengulas tentang peristiwa yang terjadi didunia kemudian disebar luaskan melalui media media seperti internet, televisi, radio, situs web dan media lainnya. Bukan hanya itu saja teks berita juga berisi fakta akan tetapi tidak semua fakta dijadikan berita.

Kita pasti akan memperoleh informasi penting yang tentunya akan lebih menambah wawasan kita apabila rajin membaca teks berita, sehingga dapat membuat kita berfikir lebih kreatif, efektif dan kritis terhadap berbagai macam hal. Peristiwa dapat bertahan selama beberapa jam, hari dan bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun. Tergantung dari seberapa hangat berita tersebut saat diperbincangkan oleh orang-orang atau seberapa populer pada suatu media.


Struktur Teks Berita

Teks berita mempunyai tiga struktur yang saling berhubungan yang kemudian membentuk teks berita secara utuh. Berikut di bawah ini penjelasannya :

  • Orientasi Berita yaitu berisikan pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan pada teks tersebut.
  • Peristiwa yaitu berisikan tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara fakta yang ada
  • Sumber Berita yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul
Lihat Juga:   Paragraf Klasifikasi Adalah

Tujuan Teks Berita

Adapun tujuan dari teks berita adalah untuk menyampaikan informasi penting kepada para pendengar, pembaca dan informasi lainnya.


Fungsi Teks Berita

Supaya kita terus update informasi dan tidak ketinggalan informasi mengenai suatu peristiwa penting dan terbaru yang diberitakan secara langsung.


Ciri-ciri Teks Berita

Adapun ciri-ciri teks berita yang baik dan benar, diantaranya :

  • Suatu berita yang benar-benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis
  • Suatu peristiwa yang jarang terjadi, bukan suatu yang umum terjadi setiap harinya
  • Aktual, ialah suatu peristiwa yang diberitakan yang masih hangat, bukan peristiwa lampau
  • Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa yang asli dan tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang disajikan mampu memikat dan menarik minat pembaca
  • Data yang diberitakan harus lengkap, khususnya data yang sangat penting
  • Waktu dan tempat peristiwa harus jelas
  • Bersifat objektif
  • Bahasa yang sangat mudah dipahami
  • Kalimat yang digunakan harus singkat, padat dan jelas
  • Alur peristiwa harus berurutan
  • Judul berita harus mewakili isi berita
  • Sumber yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan

Kaidah Pembahasan

Ciri kaidah kebahasaan teks berita ialah dengan memiliki keterangan, verba transitif dan verba pewarta


Contoh Teks Berita

Berikut di bawah ini merupakan contoh teks berita diantaranya :

Contoh Teks Berita Tentang Kecelakaan

“Pengemudi Mengantuk, Mobil Mini Bus Hantam Pembatas Jalan”

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada malam hari Senin tanggal 30 Agustus 2019 kecelakaan ini dialami oleh sebuah mobil mini bus yang dikendarai oleh seorang remaja bernama mamat. Penyebab utama kecelakaan mobil ini ialah karena sang pengemudi sedang mengantuk.

Saat sedang melaju sang pengemudi tiba-tiba mengantuk. Akibatnya, mobil mini bus bernomor polisi D 0987 CC menabrak pembatas jalan. Untungnya pengemudi tersebut masih bisa diselamatkan dan langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan sementara.

Lihat Juga:   √ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

“Diduga Lupa Mematikan Kompor Gas, Rumah Hangus Terbakar”

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 02:30 WIB telah terjadi peristiwa tak terduga di wilayah Perumahan Mawar Putih. Peristiwa tersebut menimpa keluarga pak jeki dimana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si api. Penyebab utama kebakaran diduga karena istri pak jeki lupa mematikan kompor gas.

Beruntung bagi keluarga pak jeki karena musibah tersebut tidak memakan korban jiwa. Hal ini dikarenakan pada saat kejadian tersebut pak jeki beserta istri sedang rumah tetangga. Meski tidak memakan korban jiwa, akan tetapi peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi yang diperkirakan sebanyak 60 juta rupiah.

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id yang berjudul √ Teks Berita Adalah : Pengertian, Struktur, Contoh dan Kaidah semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.