TEKS DESKRIPSI

Diposting pada

Dalam mempelajari bahasa dan sastra Indonesia, ada banyak sekali kita temukan teks yang beragam. Salah satu teks yang sangat familiar di antara kita adalah teks deskripsi. Mengapa demikian? karena teks ini sering muncul di media, terutama media cetak.

Untuk lebih memahami, kita akan membahas satu per satu apa yang terkandung dalam teks deskripsi. Berikut di bawah ini kami sajikan ulasannya :teks-deskripsi


Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah paragraf di mana ide utama disampaikan dengan menjelaskan dengan jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik bagi pembaca. Jadi pembaca merasa seolah-olah dia langsung merasakan apa yang diungkapkan dalam teks.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki karakteristik yang dapat memudahkan kita mengenali jenis teks deskripsi. Berikut ini di antara ciri-ciri paragraf deskriptif, yaitu:

  • Menjabarkan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan
    perabaan).
  • Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian secara jelas dan terperinci.
  • Banyak ditemukan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Struktur Teks Deskripsi

Bagian-bagian dalam teks deskripsi atau apa yang disebut struktur deskripsi terdiri dari judul, identifikasi, deskripsi, dan bagian penutup.

Bagian judul berisi deskripsi umum yang mewakili seluruh isi teks. Identifikasi berisi kalimat pembuka yang menjelaskan apa yang sedang dijelaskan. Bagian deskripsi menjadi bagian yang menggambarkan objek atau objek secara keseluruhan. Kemudian akhiri dengan penutup yang berisi kesimpulan dari objek atau objek yang sedang ditinjau, dan biasanya disertai dengan sedikit pendapat dari penulis.

Lihat Juga:   √ Asal Usul Rawa Pening : Legenda dan Cerita Singkat

Jenis Teks Deskripsi

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif : paragraf deskripsi yang menggambarkan objek sesuai dengan kesan yang dimiliki oleh penulis teks.
  2. Teks paragraf spatial: dalam teks ini objek yang dijelaskan hanya tempat, benda, ruang, dan lainnya.
  3. Teks paragraf objektif: Objek teks ini dideskripsikan sesuai dengan keadaan aktual objek tanpa tambahan pendapat dari penulis sendiri.

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

  • Menentukan tema.
  • Menentukan tujuan.
  • Kumpulkan fakta atau data dan lakukan pengamatan atau pengamatan langsung tentang objek yang akan dibahas.
  • Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  • Kemudian Uraikanlah kerangka karangan tersebut menjadi teks deskripsi yang disesuaikan data dan fakta dengan topik.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:

  • Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau adalah seorang kepala sekolah yang rendah hati, dll.
  • Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, dll.
  • Mengandung kata kerja Transitif untuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru, dll.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin buku itu murah, dll.
  • Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, dll.
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra, dll.

 

Contoh Teks Deskripsi

Berikut di bawah ini adalah contoh teks deskripsi :

Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Aku punya motor sport yang bernama kilat. Kerangkan bodynya itu berwarna putih, dipadukan dengan warna merah. kilat ini mempunyai dua spion yang membantu dalam perjalanan. kilat berbahan bakar Pertamax.

Lihat Juga:   √ Diksi Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Syaratnya

Contoh singkat deskripsi dalam bahasa inggris

I have a rabbit named jeki. Its fur is white and brown, with white as the dominant color. jeki really likes to play. When Jeki is hungry, he will usually be quiet.

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id yang berjudul √ TEKS DESKRIPSI : Pengertian, Contoh, Ciri, Struktur, Jenis semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.