Tes Wartegg

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Tes Wartegg, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Tes Wartegg


Pengertian Test Wartegg

Tes wartegg atau tes melengkapi gambar adalah suatu tes psikologi yang sering dipakai dalam proses rekrutmen karyawan atau pegawai dalam suatu perusahaan. Tes yang dibuat oleh Krugger dan Sander dari University o Leipzig yang kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget ini bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme dan reality function serta keahlian dalam mengendalikan sesuatu.

Dalam tes wartegg terdapat 8 (delapan) kotak yang masing-masing kotak yang berisi suatu gambar yang berbeda-beda mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil yang diberi warna hitam, dua garis yang saling memotong dan titik yang tersusun melengkung serta terakhir garis lengkung cukup besar. Dari delapan kotak tersebut kemudian para peserta akan diberi petunjuk sebagai berikut:

    • Dalam waktu setengah jam atau 30 menit, masing-masing peserta akan diminta untuk mengembangkan titik, garis kurva, sampai garis lengkung tersebut hingga masing- masing menjadi sebuah gambar yang sesuai dengan imajinasi peserta tersebut.
  • Peserta juga akan diberi perintah untuk memberi nomor urut pada gambar mana yang lebih dulu dikerjakan dan memilih gambar mana yang paling sulit dan paling mudah serta yang paling disukai dan tidak disukai dan harus disertai dengan alasan yang jelas.

Keterangan Gambar Dalam Tes Warteg

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, disetiap kotak yang akan diujikan mempunyai gambar awal yang berbeda-beda. Berikut dibawah ini penjelasannya yang membahasan tentang gambar awal dalam tes wartegg dengan nomor kotak berurutan dari kiri ke kanan.

Contoh-Tes-Wartegg

1). Gambar 1

Gambar 1 adalah gambar pada kotak atas paling kiri yang berupa gambar titik (.) dan berada di tengah-tengah kotak. Gambar yang berada di pusat ini berkaitan dengan karakter sesorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru.


2). Gambar 2

Gambar pada kotak kedua adalah coretan garis yang berliku seperti gelombang dimana garis ini menunjukkan fleksibilitas dari perasaan sesorang. Gambar menyamai gelombang ini mengisyaratkan sebuah kehidupan yang bebas tetapi tetap dinamis.


3). Gambar 3

Gambar pada kotak ketiga adalah gambar 3 garis vertikal yang lurus serta sejajar dengan pola tinggi menyamai tangga yang semakin meninggi. Gambar ini mempunyai arti yang kaku tetapi sanagat teratur yang menunjukkan seberapa besar ambisi sesorang dalam meraih cita-cita yang impikan.


4). Gambar 4

Gambar pada kotak keempat merupakan gambar persegi yang diblok warna hitam berada di bagian atas sebelah kanan. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara kamu dalam memecahkan masalah.


5). Gambar 5

Gambar 5 adalah kotak bawah paling kiri yang berupa 2 garis diagonal menyamai huruf T yang miring tetapi terpisah yang dipakai untuk menguji bagaimana cara kamu dalam bertindak.


6). Gambar 6

Gambar pada kotak 6 merupakan gambar garis vertikal serta horizontal yang terpisah. Gambar ini bertujuan untuk melakukan tes pada cara berfikir serta analisis seseorang.


7). Gambar 7

Gambar pada kotak ketujuh merupakan kumpulan titik (.) yang membentuk garis lengkung. Gambar ini berkaitan dengan kehidupan dan perasaan seseorang apakah mempunyai sifat yang stabil stabil dan dewasa atau malah kekanakan.


8). Gambar 8

Gambar pada kotak terakhir ini berupa garis lengkung menyamai payung yang brguna untuk menguji bagaimana sifat sesorang dalam kehidupan sosialnya.


Tips dan Trik Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Untuk yang baru awal kali mengerjakan uji wartegg ataupun belum sempat mempelajarinya, bisa jadi agak sedikit bimbang buat mengerjakannya. Nah berikut ini terdapat sebagian panduan serta trik metode mengerjakan uji wartegg supaya kamu bisa mudah mengerjakannya.

  • Upayakan buat melindungi lembar kertas kamu supaya senantiasa bersih.
  • Dalam mengerjakan uji wartegg hendaknya kamu menggambarnya secara campuran, misanya 1- 2- 3- 4 setelah itu dilanjutkan dengan 8- 7- 6- 5 ataupun dapat pula dengan campuran lain tetapi jangan sangat acak. Bila kamu dapat mengerjakan secara campuran, kamu hendak dinilai bagaikan individu yang kreatif, normal serta tidak berubah- ubah. Bila kamu mengerjakan secara berentetan menunjukkan kamu seseorang individu yang kaku serta konservatif. Tetapi bila kamu mengerjakan secara tidak beraturan, ini menunjukkan kamu seseorang individu yang kreatif serta inovatif tetapi tidak bisa diatur.
  • Mulailah menggambar dari yang sangat gampang serta jangan berfikir sangat lama.
  • Buat kotak no 1, 2, 7, 8 gambarlah makhluk hidup serta wujud yang membuktikan watak feminim misalnya kupu.
  • Buat foto 3, 4, 5, 6 gambarlah barang mati serta wujud yang menampilkan watak maskulin misalnya tiang listrik, gedung bertingkat, kamera dll.
  • Hendaknya hindarkanlah menggambar dari no 5 ataupun 7, sebab ini hendak menampilkan kamu hadapi orientasi yang aneh ataupun kelainan intim.
  • Gambarlah dengan jelas serta gampang dipahami dan jauhi sangat banyak menghapus. Sebab ini hendak mnunjukkan baahwa kamu merupakan orang yang peragu serta tidak terencana.
  • Tidak hanya itu, jangan menggambar sangat kokoh pada garis yang sepatutnya lembut sebab ini hendak membuktikan kalau kamu merupakan individu yang keras kepala.

Contoh Tes Wartegg

√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya
gambar 1
gambar 2
√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya
gambar 3
√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya
gambar 4

Kerjakanlah uji warteg dengan fokus serta menggunakan waktu sebaik- baiknya dan tanpa butuh banyak berfikir. Jawaban dari uji wartegg tidak terdapat yang ssalah ataupun benar, cuma saja jawaban yang kamu bagikan hendak menampilkan gimana karakter kamu


Demikianlah artikel tantang Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, Tips dan Trik Mengerjakan, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Bagi Sobat yang mencari aplikasi bermanfaat, kami sarankan untuk mencoba mengakses situs techin.id untuk download aplikasi sepuasnya secara gratis di sana.

Lihat Juga:   √Sertifikasi Adalah

Lihat Juga:   √Renang Adalah

Lihat Juga:   6 Perbedaan Haji dan Umroh juga Pengertiannya Lengkap

Lihat Juga:   Biografi Adalah