Urutan Nama Planet

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Urutan Nama Planet, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Urutan Nama Planet


Pengertian Planet

Planet adalah sebuah benda langit yang mengelilingi atau mengorbit sebuah bintang pada kecepatan dan orbit tertentu. Planet merevolusi ketika planet mengelilingi matahari dalam satu lingkaran, sementara planet ini dapat dikatakan ketika planet ini memberontak mengelilingi matahari untuk waktu yang diperlukan dalam sebuah revolusi. Rotasi adalah fakta planet pada sumbu, rotasi tunggal dapat disebut rotasi sekala.

Banyak orang bertanya-tanya, mengapa planet tidak bertabrakan jika jumlah planet tidak sedikit? Karena planet memiliki orbit virtual eliptis yang kita ketahui di bawah nama orbit. Planet ini akan tetap berada di orbit karena pengaruh gaya gravitasi matahari. Orbit planet akan lebih panjang ketika jarak dari planet ke matahari berlanjut.


Nama Nama Planet

Berikut dibawah ini nama nama planet, yaitu:

  1. Mercury
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Jupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

Urutan Planet

Urutan Planet

  • Mercury

Planet yang dekat dengan matahari. Planet ini sering disebut sebagai bintang senja dan bintang pagi. Planet ini tidak memiliki planet alam. Planet Merkurius yang meliki jarak dengan matahari, adalah 57.900.000 km dengan rotasi planet Mercury 59 hari dan ketika Revolusi planet merkuri berkisar dari 88 hari.

  • Venus

Venus memakan waktu sekitar 224,7 hari dari bumi. Satu hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa Venus tidak memiliki satelit alami, seperti bumi dan planet lainnya.

Venus ukurannya sama dengan ukuran bumi, yang planet Venus adalah 0,815 dari ukuran bumi, jadi Venus dijuluki planet  “saudara ” karena ukurannya yang sangat mirip. Planet Venus tidak memiliki satelit alami.

Planet Venus sering disebut sebagai bintang fajar, bintang timur, dan berbintang kejora. Jarak planet Venus dari matahari adalah 108.200.000 km dengan rotasi kala 143 hari dan revolusi 22,4 hari.

  • Bumi

Jarak Bumi dari matahari adalah 150.000.000 km, dengan waktu rotasi bumi 365,25 hari dan periode rotasi bumi 24 jam.

Bumi memiliki satelit alami yang disebut bulan, bulan adalah satelit terbesar planet terestrial dalam tata surya.

  • Mars

Jarak Planet Mars dengan matahari adalah 247.100.000 km dengan rotasi Mars kala untuk 25,62 jam dan revolusi selama 687 hari.

Lihat Juga:   √ Paragraf Persuasi

Mars adalah Mars adalah planet terdekat keempat matahari. Namanya diambil dari dewa Romawi, Mars. Planet ini juga, sering disebut sebagai  “planet merah” karena terlihat dari merah yang jauh. Hal ini disebabkan adanya besi oksida pada permukaan Planet Mars. Planet Mars memiliki dua satelit: Phobos dan Deimos.

  • Jupiter

Jarak ke matahari adalah 778.000.000 km, dengan rotasi kala Jupiter selama 9JM 55 dan revolusi selama 11,9 tahun.

Jupiter adalah raksasa gas dengan massa 1/1000 Solar massa dan dua setengah kali jumlah massa dari semua planet lain dalam tata surya. Planet ini dan raksasa gas lainnya dalam sistem Suria (iaitu Saturnus, Uranus dan Neptunus) kadangkala dipanggil planet Jovian atau planet luar. Menurut Romawi kuno, Yupiter adalah raja surga. Planet Jupiter memiliki 16 satelit, termasuk Lo, Europa, Gannymeda dan Callisto.

  • Saturnus

Saturnus jarak dari matahari adalah 1.426.000 km, dengan waktu planet revolusi Saturn selama 29,5 tahun dan pada rotasi dari 10,7 jam

Planet Saturnus dalam tata surya juga dikenal sebagai planet bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua dalam sistem tata surya setelah Jupiter. Jarak Saturnus adalah sangat jauh dari matahari, karena di situlah Saturnus tidak tampak sangat jelas dari bumi. Saturnus memiliki 18 satelit dan yang paling besar bernama Titan.

  • Uranus

Planet Uranus adalah planet terbesar ketiga dalam sistem Suria dan merupakan planet terberat keempat. Atmosfer di Uranus mirip dengan Saturnus dan Jupiter, keduanya dengan hidrogen dan helium.

Jarak Uranus dari matahari adalah 2.880.000 km, dengan revolusi 84 tahun dan rotasi 17 jam.

  • Neptunus

Jarak Neptunus dari matahari adalah 2.869 km, dengan revolusi 165 tahun dan rotasi 6 jam.

Neptunus adalah planet paling jauh kedelapan ketika ia direvisi dari matahari. Planet ini dinamai menurut dewa laut Romawi. Neptunus adalah planet terbesar keempat dengan diameter (49.530 km) dan terbesar ketiga oleh massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar dari bumi. Neptune memiliki 8 satelit dan terdapat 3 yang terbesar: Triton, Nereid dan Proteus.


Macam Macam atau Jenis Jenis Planet

Macam Macam Planet

Berikut dibawah ini macam atau jenis planet, yaitu:

  • Planet Mercury

Kata Mercury berasal dari nama dewa kurir dari Kekaisaran Romawi. Planet Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari, itu adalah bahwa suhu permukaan siang hari dapat mencapai 400 derajat Celcius, tetapi akan turun ke 180 derajat Celcius di malam hari.

Lihat Juga:   Norma Adalah

Planet merkurius adalah salah satu planet terkecil di tata surya, tetapi memiliki berat yang hampir sama berat seperti planet bumi. Hal ini karena merkuri planet terdiri oleh besi yang sangat besar hingga diameter 3.600 km. untuk mengamati planet Merkurius waktu yang tepat pada saat pagi atau senja.

  • Planet Venus

Kata Venus berasal dari nama Dewi kasih dan keindahan orang Roma. Bukan hanya planet Venus yang juga dikenal sebagai bintang tengah hari, atau seperti yang sering kita sebut bintang fajar, ini karena planet Venus dapat diamati di malam hari dan juga sebelum matahari terbit.

Planet Venus ini tampak seperti bintang pada langit malam, ini karena planet Venus memiliki lapisan tebal atmosfer dan dapat menampilkan sinar matahari yang baik. Planet Venus adalah planet terpanas di tata surya dan memiliki suhu hingga 470 derajat Celcius. Planet Venus juga merupakan satu-satunya planet yang dapat berputar searah jarum jam dengan tangan.

  • Planet Bumi

Planet bumi adalah planet yang dapat dihuni atau hidup oleh makhluk hidup. Hal ini karena planet bumi memiliki suhu yang relatif tetap. Suhu di planet bumi ini dapat menjaga air tersedia dalam bentuk cair dan dapat menjadi berbagai organisme penghasil oksigen yang tetap hidup.

Ketebalan atmosfer planet bumi dapat mencapai 700 km yang sebagian besar dari atmosfer nitrogen dan oksigen. Lebih dari 70% permukaan bumi adalah air dan sisanya adalah pedalaman.

  • Planet Mars

Kata Mars berasal dari nama perang dewa dan legenda Romawi. Planet Mars ini juga disebut planet merah. Disebut planet merah karena permukaan Planet Mars memiliki warna merah yang berasal dari ukuran berkarat di seluruh permukaan Planet Mars.

Permukaan Mars terdiri dari gunung berapi besar, lapisan es, lembah dan sungai kering. Planet Mars memiliki dua potongan kecil satelit, Phobos dan Deimos.

  • Planet Jupiter

Kata Jupiter atau planet Zeus berasal dari nama raja para dewa Yunani kuno. Planet ini Jupiter adalah planet terbesar dalam sistem tata surya. Planet Jupiter memiliki ukuran sekitar 11 kali dari diameter bumi dan beratnya sekitar ganda berat total semua planet dalam tata surya.

Permukaan planet Jupiter ditutupi dengan awan tebal yang sebagian besar terbentuk oleh hidrogen dan gas helium. Planet Jupiter memiliki daya tarik yang sangat besar, dapat mengkonversi gas hidrogen ke dalam cairan. Sementara bagian inti dari planet Jupiter ini, ia memiliki tekanan besar yang dapat mengubah hidrogen menjadi logam padat.

  • Planet Saturnus

Planet ini tidak padat, hal ini karena sebagian besar komponennya adalah gas helium dan hidrogen. Hanya di bagian inti planet Saturnus adalah batu yang sangat kecil solid. Angin di planet Saturnus sangat kencang turun dibandingkan dengan badai yang terjadi di planet bumi. Angin dapat berputar-putar tanpa henti di khatulistiwa dan memiliki kecepatan hingga 1.100 km/jam.

  • Planet Uranus

Kata Uranus berasal dari nama langit Yunani kuno, Urania. Planet Uranus adalah sekitar 2.872 km dari matahari, sehingga dapat merevolusi yang dibutuhkan sekitar 84 tahun. Lokasi planet Uranus dengan matahari jauh dari kejauhan, dapat membuat permukaan planet Uranus sangat dingin.

Lihat Juga:   APBN Adalah

Sinar matahari memakan waktu sekitar 8 menit untuk mencapai bumi, dibandingkan dengan planet Uranus, planet Uranus memakan waktu sekitar 2,5 jam. Di musim panas, matahari akan bersinar selama 20 tahun, sementara di musim dingin kegelapan akan menyelimuti selama lebih dari 20 tahun. Dan di musim gugur, matahari akan naik dan tenggelam selama 9 jam.

  • Planet Neptunus

Planet Neptunus memiliki diameter hingga 50.500 km. planet Neptunus ini pertama kali ditemukan pada saat 65 tahun setelah planet Uranus ditemukan. Planet Neptune ini memiliki warna biru kehijauan yang cerah. Planet Neptunus ini dapat dinamai sebagai penguasa, ini karena planet Neptunus sering beredar dari garis orbitnya.

Planet Neptunus juga dikenal sebagai ketenaran planet Uranus. Planet Neptunus ini memiliki atmosfer 1,5% metana, helium 19%, dan 80% hidrogen. Permukaan planet Neptunus ditutupi dengan lapisan es yang sangat tebal. Suhu mencapai sekitar 223 derajat Celcius.


Ukuran Planet

  1. Mercury (2.440 km) – 38% ukuran Bumi
  2. Venus (6.052 km) – 95% ukuran Bumi
  3. Bumi (6.371 km)
  4. Mars (3.390 km) – 53% ukuran Bumi
  5. Jupiter (69.911 km) – 1.120% ukuran Bumi
  6. Saturnus (58.232 km) – 945% ukuran Bumi
  7. Uranus (25.362 km) – 400% ukuran Bumi
  8. Neptunus (24.622 km) – 388% ukuran Bumi

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai planet, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.