Analisis Swot Adalah

Diposting pada

Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Analisis Swot Berikut Penjelasannya:

Analisis Swot Adalah


Pengertian Analisis Swot Adalah

Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis guna mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yakni kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), serta ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Istilah analisis SWOT seringkali kita dengar dalam ruang lingkup ekonomi dan bisnis. Metode analisis tersebut tujuannya ialah guna menggambarkan situasi serta kondisi yang sedang dihadapi serta bukan alat analisis yang bisa memberikan solusi pada masalah yang sedang dihadapi.

Analisis SWOT memiliki peran penting dalam bisnis sebab tujuannya guna membuat susunan situasi serta kondisi dalam sebuah perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).


Unsur-Unsur Analisis SWOT

1. Kekuatan(Strength)

Analisis pada unsur kekuatan yang dipunyai oleh perusahaan. Dan menganalisis mengenai kelebihan apapun yang dipunyai perusahaan yaitu dari sisi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, serta unsur kekuatan lainnya yang sangat menekankan pada keunggulan perusahaan.

Biasanya dalam analisis SWOT perusahaan lebih akan membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai usaha kompetisi.

2. Kelemahan (Weakness)

Selain dlihat unsur kekuatan perusahaan, sangat penting guna mengetahui apa kelemahan yang dipunyai perusahaan. Untuk mengetahui kelemahan perusahaan dapat melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dipunyai perusahaan lain tapi tidak dipunyai perusahaan Anda.

Kalau mau membuat daftar kelemahan perusahaan secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang biasanya lebih mengetahui apa yang kurang dari suatu perusahan.

Lihat Juga:   Ilmu Ekonomi Adalah

3. Peluang (Opportunity)

Unsur peluang biasanya dibuat ketika awal membangun bisnis. Hal itu disebabkan bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan guna menghasilkan keuntungan.

Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis bisa bertahan serta diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

4. Ancaman (Threats)

Analisis pada unsur ancaman sangat penting sebab menentukan apakah bisnis bisa bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman contohnya banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya,serta jangka waktu minat konsumen,.

Membuat daftar ancaman perusahaan dapat guna jangka pendek ataupun jangka panjang serta dapat sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.


Manfaat Analisis SWOT

  1. Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya serta memberikan rekomendasi guna meningkatkannya.
  2. Perusahaan bisa melihat sebuah peluang serta bisa mempertahankan peluang.
  3. Perusahaan tau kelemahan serta mencari solusi guna mengurangi kelemahan itu.
  4. Perusahaan tau potensi ancaman serta mencari solusi guna menghindari ancaman itu.

Faktor-faktor Analisis Swot

1. Faktor Internal

Faktor Internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam sebuah perusahaan, yakni kekuatan dan kelemahan dari perusahaan tersebut sendiri.

Berikut adalah faktor internal:

  • Sumber daya keuangan yang mencukupi.
  • Sumber daya manusia yang berkompeten.
  • Properti teknologi sekarang.
  • Kepercayaan masyarakat pada perusahaan.
  • Kemampuan pemasaran yang baik.
  • Kemampuan distribusi yang baik.

2. Faktor Eksternal

Faktor Eksternal adalah segala faktor yang asalanya dari luar perusahaan (ancaman dan peluang) serta berpengaruh pada performa perusahaan itu.

Berikut adalah faktor internal:

  • Tren bisnis.
  • Budaya masyarakat.
  • Sosial politik dan ideology.
  • Kondisi perekonomian sebuah Negara.
  • Peraturan serta kebijakan pemerintah.
  • Perkembangan teknologi.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Analisis Swot Semoga Bermanfaat