√Analisis SWOT Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Analisis SWOT Berikut Adalah Penjelasannya:


Pengertian SWOT dan Analisis SWOT

SWOT merupakan metode perancangan strategis yang dipergunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), serta ancaman (threats) salah satu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat fakta tersebut membuat akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

√Analisis SWOT : Pengertian, Manfaat, Contoh dan Faktor yang Mempengaruhinya

analisis SWOT merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam proses perancangan suatu strategi yang akan digunakan dalam menganalisis serta mengkoreksi segala kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) serta ancaman (threats) yang berada di perusahaan secara detail dan terperinci dimana tujuan tersebut agar perusahaan bisa berkembang maju.

berikut penjelasan tentang 4 komponen analisis yaitu :

Strenght (S)

adalah analisis kekuatan, situasi atau kondisi ini yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini ialah setiap perusahaan atau organisasi harus menilai kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. jika kekuatan perusahaan tersebut berjaya dalam teknologinya, maka kejayaan itu bisa digunakan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi serta kualitas yang lebih maju.

Weaknesses (W)

adalah analisi kelemahan, situasi ini yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan serta organisasinya.

Opportunity (O)

adalah analisis peluang, situasi ini yang berpeluang diluar suatu organisasi atau perusahaan serta memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. teknik ini ialah untuk mencari peluang ataupun pintasan yang memungkinkan suatu perusahaan atau organisasi dapatberkembang di masa yang akan datang.

Threats (T)

adalah analisis ancaman, yang harus siap dengan semua macam faktor kesalahan, Jika tidak segera ditangani, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Lihat Juga:   Pengertian Kliping Adalah : 5 Contoh Kreatif Yang Benar dan Cara Membuatnya

Manfaat Analisis SWOT

Metode analisis SWOT bisa disebut juga sebagai metode analisis paling dasar, analisis SWOT bermanfaat untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. sembari mengurangi kekurangan serta menghindari ancaman. jika digunakan dengan benar, analisis tersebut akan membantu melihat sisi yang terlupakan.

Jadi bisa kita simpul kan, berarti Analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis tersebut berperan sebagai alat untuk mengurangi kelemahan yang ada dalam perusahaan.

Penggunaan analisis SWOT akan sangat membantu perusahaan dalam menemukan masalah. Diamana analisis ini akan menganalisa masalah dari sisi yang berbeda. Berikut ini merupakan bentuk aplikasi analisis SWOT dalam perusahaan:

1. Kekuatan atau strengths dalam aplikasinya bagaimana kekuatan mampu mengambil keuntungan dari adanya sebuah peluang atau opportunities yang ada.
2. Analisis ini bekerja bagaimana cara mengatasi sebuah kelemahan atau weaknesses yang mencegah keuntungan bagi sebuah perusahaan.
3. Kekutan atau strengths hadir mampu menghadapi atau menangani ancaman atau threats yang ada.
4. Analisis ini hadir untuk bagaimana sebuah kekuatan itu mampu menghadapi sebuah ancaman yang ada untuk perusahaan.


Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Dalam menyusun strategi yang menggunakan analisis SWOT, tentu saja ada faktor yang mempengaruhi komponen analisis SWOT. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam (faktor internal) maupun dari luar (faktor eksternal).

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan dimana terdapat 2 komponen yakni kekuatan dan kelemahan. Kedua komponen tersebut berdampak pada suatu penelitian jika kekuatan lebih besar dari pada kelemahan.

Sehingga, jika kekuatan internal perusahaan ini menjadi lebih maksimum (besar) maka akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik.

Berikut beberapa faktor internal yang mempengaruhi analisi SWOT:

Lihat Juga:   Efektif dan Efisien Adalah

1. Sumber daya yang dimiliki
2. Keuangan atau finansial yang dimiliki perusahaan
3. Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
4. Pengalaman yang pernah dialami perusahaan sebelumnya baik yang berhasil maupun yang gagal.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal, apa yang telah diteliti tidak secara langsung terlibat. Faktor eksternal dibagi menjadi 2 komponen yakni ancaman dan peluang.

Faktor eksternal yang mempengaruhi analisis SWOT yaitu :

1. Trend
2. Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
3. Sumber permodalan
4. Peraturan pemerintah
5. Perkembangan teknologi
6. Peristiwa yang terjadi
7. Lingkungan


Target Analisis SWOT

Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Tetapi, peimimpin perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki bagian dalam hal ini.

Perusahaan yang inovatif bahkan melihat di luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam pertimbangan keputusan bisnis.

Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Ambil sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pelanggan. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk bergerak maju. Tetapi, ingatlah bahwa segala sesuatunya terus berubah dan Anda perlu menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga 12 bulan.

Bagi pemula, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi agar Anda memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang akan Anda tuju.

Lihat Juga:   Implikasi Adalah

Cara Menganalisis SWOT Yang Benar

Seperti yang kami bahas diatas, Anda harus mengumpulkan tim untuk melakukan analisa SWOT. Anda tidak perlu melakukan analisa sepanjang hari, satu atau dua jam sudah cukup.

Kumpulkan orang-orang dari berbagai bagian perusahaan Anda dan pastikan Anda memiliki perwakilan dari setiap bagian. Anda akan menemukan bahwa berbagai kelompok dalam perusahaan Anda memiliki perspektif yang sama sekali berbed. Dan point ini sangat penting untuk membuat analisis SWOT Anda berhasil.

Melakukan analisis SWOT mirip dengan pertemuan mendengerkan pendapat, untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam menjalankan suatu hal. Disarankan untuk memminta setiap orang mencatat dan minta setiap orang diam-diam menghasilkan ide untuk memulai sesuatu. Hal ini untuk mencegah groupthink dan memastikan bahwa semua suara didengar.

Setelah melakukan brainstorming selama lima hingga 10 menit, letakkan semua catatan dan tempel di dinding jangan lupa untuk mengelompokkan ide-ide serupa. Izinkan siapa pun menambahkan catatan tambahan pada titik ini jika ide orang lain memicu pemikiran baru.

Setelah semua ide diorganisasikan, sekarang saatnya untuk menentukan peringkat ide. gunakan sistem pemungutan suara di mana setiap orang mendapat lima atau sepuluh “suara” yang dapat mereka bagikan dengan cara apa pun yang mereka suka. Membuat catatan dalam berbagai warna berguna untuk latihan ini.

Berdasarkan latihan pemungutan suara, Anda harus memiliki daftar gagasan yang dapat diprioritaskan. Tentu saja, daftar itu sebagai bahan untuk diskusi dan debat, dan seseorang di ruangan itu harus dapat membuat keputusan terakhir pada prioritas. Ini biasanya CEO, tetapi bisa didelegasikan kepada orang lain yang bertanggung jawab atas strategi bisnis.

Anda akan ingin mengikuti proses menghasilkan ide untuk masing-masing dari empat kuadran dari analisis SWOT Anda: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Analisis SWOT Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua!