√Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Prosesor

Processor merupakan otak dari suatu komputer, processor biasanya sering dikenal juga dengan CPU (Central Processing Unit), yakni suatu chip yang berbentuk IC (Integrated Circuit) yang mengontrol seluruhan sistem komputer terutama dalam menjalankan intruksi, pengolah serta dipakai sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input serta output.

√Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis Beserta Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya

Prosesor berada pada soket yang berada di Motherboard, mengelolanya serta melakukan komunikasi. Oleh sebab itu processor adalah alat atau yang sangat dibutuhkan paling utama, namun, kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak bisa bekerja dengan sangat baik karena komponen komputer itu saling terhubung satu sama lain.

Jenis Jenis Prosesor Komputer

suatu komputer akan membutuhkan prosesor agar bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik, tentu bukan hanya prosesor beberapa komponen juga harus ada di dalam satu komputer yang saling terhubung satu sama lain. Komponen-komponen yang dimaksud ialah Ram (memori), Hard Disk, Mainboard (motherboard), Layar Monitor dan lain-lain. berikut dibawah ini penjelasannya :

1). INTEL

ada gambar diatas

Prosesor ini diciptakan oleh Intel Corporation yang berada di USA, Prosesor Intel ini tidak anggap remeh lagi jika kita menggunakan prosesor dari Intel ini. Kelebihan dari Prosesor Intel ialah :

– salah satu prosesor yang tahan panas
– prosesornya ini banyak diminati orang , sehingga harganya yang lumayan tinggi
– Mempunyai kelebihan Turbo Bost, pada intel Core 13 dancare 15 serta core 17, sehingga proses kerja komputer lebih cepat.

2). AMD ( Advanced Micro Deviced )

ada gambar diatas

Perusahaan AMD ini berada di Sunnyvale, California Amerika yang merupakan pesaing terberat dari Prosesor Intel. Prosesor jenis ini adalah prosesor yang paling diminati oleh penggemar Game, sebab prosesor jenis AMD ini dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. dan Kekurangan dari prosesor ini ialah penggunaan daya yang lebih besar serta mengakibatkan prosesornya akan lebih cepat panas.

3). ARM ( Advanced RISC Machine )

ada gambar diatas

Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited, prosesor ini diciptakan untuk mengoptimalkan tiga kategori oleh karena itu prosesor ini sering dipakai oleh perangkat smartphone dan music player serta router.

4). Cyrix

ada gambar diatas

Dibentuk pada tahun 1988 yang berada di Richardson Texas. secara kualitas prosesor jenis ini masih di bawah Intel serta Amd, tetapi secara kecepatan proses kerja, prosesor jenis Cyrix ini mempunyai kecepatan yang optimal atau memuaskan.

5). Transmeta

ada gambar diatas

Perusahaan yang memproduksi prosesor jenis Transmeta adalah, Transmeta corporation , sebelum perusahaan ini berhenti, prosesor ini sempat menjadi pesaing berat Intel dan Amd, karena prosesor ini saat beroperasi di komputer hanya membutuhkan listrik yang sedikit dan tidak cepat panas saat dipakai dalam jangka waktu yang lama serta mempunyai daya jual yang cukup bersahabat.

Fungsi Prosesor

ada beberapa fungsi prosesor, berikut dibawah ini penjelasannya

1. Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan serta diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama akan di proses di bagian CU. kemudian akan dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya yang akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika atau aritmatika semuanya dijalankan melalui Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, jika program atau software yang sedang kita pakai terjadi masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor kamu, yang semuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini adalah bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

3. Registry (Register)

Register adalah tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. dan bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun mempunyai kecepatan akses tinggi.

Cara Kerja Prosesor

processor melakukan 3 (tiga) cara yaitu:dasar diantaranya:

  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yakni sebagai operasi matematis seperti pengurangan, penambahan dan perkalian serta pembagian. Mikro processor modern ini mengandung floating point unit yang bisa menjalankan operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil kehendak dan melompat ke instruksi lain sesuai dengan keputusan.

kesimpulannya cara kerja prossesor intinya adalah menerima umpan atau perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan outputnya ke hardware atau software terkait.

Demikianlah artikel tentang √Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis Beserta Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Alat Pernapasan Manusia : Pengertian, Organ, Jenis, Gangguan dan Prosesnya
Lihat Juga:   √ Fungsi Administrasi Perkantoran : Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsurnya
Lihat Juga:   √ Fungsi Presiden : Pengertian, Proses Pemilihan, Tugas, Wewenang, Hak dan Kewajibannya
Lihat Juga:   √ Legenda Adalah : Pengertian, Jenis dan Cirinya
√Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya
5 (100%) 1 vote

/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend