Efektif dan Efisien Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Efektif dan Efisien Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Efektif-dan-Efisien-Adalah


Pengertian Efektif

Pengertian efektif merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan, hasil serta target yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, tanpa peduli dengan biaya yang harus dikeuarkan. Pekerjaan yang efektif selalu berhubungan dengan perencanaan, jadwal serta pengambilan keputusan yang tepat. Suatu pekerjaan yang dapat dikatakan efektif bila tujuan yang telah ditetapkan berhasil tercapai.

Pengertian Efisien

Pengertian efisien merupakan suatu usaha yang mengharuskan seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, selamat serta tepat waktu, dan juga tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pekerjaan efisien dilakukan dengan cara mengevaluasi atau membuat perbandingan dengan masukan dan pengeluaran yang diterima. Efisien juga memiliki arti sebagai cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan dengan sumber daya yang diolah secara bijak, hemat uang, waktu dan juga tenaga yang tidak banyak terbuang.


Perbedaan Efektif dan Efisien

  1. Efektif merupakan pencapaian tujuan atau target dalam batas waktu yang telah ditentukan tanpa harus memperdulikan biaya yang sudah dikeluarkan. Sedangkan efisien merupakan pencapaian target dengan biaya dalam jumlah yang sama atau sedikit demi menghasilkan suatu hasil yang lebih besar.
  2. Efektif adalah suatu pekerjaan atau hal lainnya yang dianggap berhasil jika tepat waktu sesuai dengan yang telah diharapkan. Sedangkan Efisien merupakan suatu usaha untuk menghasilkan segala sesuatu sesuai dengan yang dikehendaki atau yang diinginkan.
  3. Efiktif adalah suatu hal yang bisa mencapai hasil akhir sesuai dengan waktu yang diinginkan seseorang. Sedangkan Efisien merupakan kemampuan di dalam bekerja guna memberikan hasil yang terbaik dengan meenggunakan sedikit waktu, uang atau hal lainnya.
  4. Efektif adalah perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam berbagai aktifitas disuatu kegiatan, sehingga pencapaian tujuan itu bisa dipenuhi dari beberapa banyaknya kualitas dan kuantitas hesil kerja dan juga batas waktu yang sudah ditetapkan. Sedangkan Efisien adalah suatu aktifitas meminimalisir pemborosan serta kerugian sumber daya guna melaksanakan dan menghasilkan sesuatu.
  5. Efektif adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan suatu hasil yang sesuai dengan keinginan karena sesuatu yang efektif, maka bisa memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan Efisien adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan untuk memberikan hasil yang memuaskan namun tidak memboroskan waktu, energi dan juga uang.
Lihat Juga:   Suku Jawa

Contoh Efektif dan Efisien

Untuk lebih memahami pengertian antara efektif dan efisien, berikut ini adalah contohnya :

Rumah Jihan berada di provinsi Lampung. Dia ingin pergi ke Palembang untuk berlibur. Dalam hal ini, apakah Jihan bisa pergi ke Palembang dengan efektif saja? atau dengan efisien saja? atau dengan efektif dan efisien?

  • Jika Jihan pergi ke Palembang memakai pesawat, memerlukan biaya tiket Rp. 1.200.000 dan sampai dalam waktu 30 menit. Maka Jihan pergi dengan efektif, tapi tidak efisien, karena Jihan memerlukan biaya yang mahal untuk menempuh perjalanan tersebut.
  • Jika Jihan pergi ke Palembang memakai buS. Dia memerlukan biaya Rp. 200.000 dan sampai dalam waktu 4 jam, maka Jihan melakukan perjalanan itu dengan efisien, tetapi kurang efektif karenan memerlukan waktu yang panjang.
  • Agar perjalanan Jihan bisa dilakukan secara efektif dan juga efisien, maka Jihan harus memikirkan bagaimana caranya agar dia bisa sampai di Palembang dengan biaya yang murah juga dengan waktu yang singkat. Misalkan dengan menggunakan kereta api atau alternatif lainnya yang memerlukan biaya murah namun waktu yang singkat pula.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Efektif dan Efisien Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.