√ Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli : Pengertian, Ciri dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Masyarakat

Secara umum Pengertian Masyarakat ialah sekumpulan orang yang hidup bersama, bekerja sama untuk mendapatkan kepentingan bersama yang telah mempunyai tatanan kehidupan, norma-norma dan adat istiadat yang dipatuhi dalam lingkungannya. Kata masyarakat berasal dari bahasa inggris yakni “society” yang artinya “masyarakat”, lalu kata society berasal dari bahasa latin yakni “societas” yang artinya “kawan”. Sedangkan masyarakat yang berasal dari bahasa arab yakni “musyarak”.

√ Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli : Pengertian, Ciri dan Fungsinya

Pengertian masyarakat dibedakan menjadi dua yaitu pengertian masyarakat dalam arti luas dan pengertian masyarakat dalam arti sempit. Pengertian Masyarakat dalam Arti Luas merupakan keseluruhan hubungan hidup bersama tanpa dengan dibatasi lingkungan, bangsa dan sebagainya. Sedangkan Pengertian Masyarakat dalam Arti Sempit ialah sekelompok orang yang dibatasi oleh golongan, bangsa, teritorial dll.

Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli

Berikut dibawah ini definisi masyarakat menururt para ahli

1). menurut definisi Paul B.

yang mengatakan pendapatnya bahwa pengertian masyarakat ialah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama-sama yang cukup lama, yang menempati suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan yang sama serta melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

2). menurut definisi Abdul Syani

mengatakan bahwa pengertian masyarakat ialah berkumpul, bersama, hidup bersama dan saling berhubungan serta saling mempengaruhi.

3). menurut definisi Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

mengatakan pendapatnya bahwa pengertian masyarakat ialah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dari orang-orang di luar itu, dan mempunyai budaya yang relatif sama.

4). menurut definisi Soerjono Soekanto

mengatakan bahwa pengertian masyarakat ialah proses terjadinya interaksi sosial, suatu interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi jika tidak memenuhi dua syarat yakni kontak sosial dan komunikasi.

5). menurut definisi John J. Macionis

ialah orang-orang yang berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan mempunyai budaya bersama.

6). menurut definisi Gillin & Gillin

mengatakan bahwa pengertian masyarakat ialah kelompok manusia yang memiliki kebiasaan tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang diikat oleh kebersamaan.

7). menurut Selo Sumardjan

mengatakan bahwa pengertian masyarakat ialah orang-orang yang hidup bersama dan menciptakan kebudayaan.

Ciri-ciri Masyarakat

Adapun ciri-ciri masyarakat, sebagai berikut

1). Manusia Yang Hdup Berkelompok

Manusia yang hidup secara bersama-sama dan kemudian membentuk suatu kelompok. Dari kelompok yang dibentuk tersebut kemudian menjadi masyarakat. Mereka mengenali satu sama lain dari setiap anggota masyarakat serta saling ketergantungan. Kesatuan sosial merupakan perwujudan yang terjadi dalam hubungan sesama manusia. Seorang manusia tidak bisa meneruskan hidupnya tanpa bergantung dengan orang lain.

2). Yang Melahirkan Kebudayaan

Dalam konsepnya, tidak ada suatu masyarakat yang tidak memiliki budaya. Masyarakat yang melahirkan kebudayaan serta budaya tersebut kemudian diwarisikan dari generasi ke generasi dengan adanya proses-proses penyesuaian.

3). Mengalami Perubahan

contohnya yang terjadi dalam budaya, sebuah masyarakat juga akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa terjadi sebab beberapa faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Contohnya seperti : terdapat penemuan baru yang mungkin saja bisa menimbulkan perubahan kepada suatu masyarakat itu sendiri.

4). Manusia Yang Berinteraksi

Interaksi yang terjadi bisa secara lisan ataupun tidak dan suatu komunikasi berlaku jika terdapat masyarakat bertemu dengan satu sama lain.

5). Terdapat Kepimpinan

Pemimpin bisa terdiri dari ketua keluarga, ketua negara dan sebagainya. Dalam masyarakat Melayu pada awal kepimpinannya bercorak tertutup, sebab pemilihan yang berdasarkan keturunan.

6). Terdapat Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial adalah keberadaan salah satu orang pada suatu kedudukan dan peranan yang harus dilakukan dalam suatu masyarakat.

Fungsi Masyarakat

Berikut dibawah ini fungsi masyarakat yaitu :

1). Social Alignment

Social Aligment adalah sebuah sistem dengan pengelompokkan yang berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, berbagai bentuk dari perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan atau status peranan.

2). Social Controls

Social Controls adalah sebuah sistem dan proses yang bertujuan untuk mengatur kegiatan dan juga tingkah laku dari tiap individu masyarakat. Sistem ini bisa disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.

3). Social Media

Social Media adalah sebuah perlengkapan dan peralatan, yang bisa berbntuk benda ataupun sebuah bahasa yang kemudian dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi serta komunikasi dengan sesamanya.

4). Social Standart

Social Standart merupakan suatu ukuran sosial yang digunakan untuk menilai dan menentukan seluruh kegiatan dan menilai efektif atau tidaknya suatu kegiatan.

Demikianlah artikel tentang √ Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli : Pengertian, Ciri dan Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Koordinasi Adalah : Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Ruang Lingkup
Lihat Juga:   √ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli
Lihat Juga:   √ Levearge Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tujuannya
Lihat Juga:   √ Fungsi Paru-Paru : Pengertian, Struktur dan Bagiannya