PDB Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai PDB Adalah, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

PDB Adalah


Pengertian PDB

Produk domestik bruto (PDB) adalah nilai pasar dari semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu. PDB adalah salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional.

Menurut para ahli, PDB juga dapat dijelaskan bahwa produksi barang atau jasa diproduksi oleh unit produksi di suatu daerah di saat tertentu.


Pengertian PDB Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian pdb menurut para ahli:

  • Menurut Wijaya

PDB adalah nilai uang yang dikalkulasikan berdasarkan harga pasar seluruh barang dan juga jasa yang dihasilkan oleh perekonomian dalam kurun waktu satu tahun. PDB juga dapat ditafsirkan sebagai nilai akhir barang dan jasa yang dihasilkan oleh negara dalam waktu satu tahun.

  • Menurut Sukirno

PDB adalah nilai barang dan jasa di sebuah negara yang diproduksi oleh faktor produksi dalam waktu satu tahun. Baik oleh produksi yang dimiliki oleh negara di luar negeri, sementara di wilayah yang sama negara.

  • Menurut Samuelson

PDB adalah jumlah total output yang dihasilkan pada batas teritorial negara dalam satu tahun. PDB berfungsi untuk mengukur nilai layanan dan barang yang diproduksi di wilayah negara tanpa membedakan status kewarganegaraan dalam periode negara tertentu.

  • Menurut Herlambang

Warga yang bekerja di negara lain bukan bagian dari PDB dimana warga berasal. Namun, ia adalah bagian dari PDB negara tempat ia bekerja.

Lihat Juga:   √Produksi Adalah

Fungsi PDB

Berikut dibawah ini fungsi pdb, yaitu:

  1. PDB ini dapat dihitung berdasarkan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh aktivitas manufaktur dalam perekonomian. Ini, serta peningkatan PDB, dapat mencerminkan peningkatan layanan pada faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi.
  2. PDB dapat dihitung berdasarkan konsep aliran Edaran. Artinya, dalam penghitungan PDB termasuk nilai produk yang dapat diproduksi pada jangka waktu tertentu. Perhitungan ini juga tidak berkaitan dengan perhitungan pada periode sebelumnya. Dengan menggunakan konsep daya dalam penghitungan PDB, jumlah produksi tahun ini dapat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
  3. Batas perhitungan PDB adalah di negara (ekonomi domestik). Mungkin untuk mengukur sejauh mana kebijakan ekonomi diterapkan oleh pemerintah atau untuk mendorong kegiatan ekonomi domestik yang berbeda.

Komponen PDB

Berikut dibawah ini merupakan komponen pdb, yaitu:

  • Konsumsi

Menghitung konsumsi individu dan rumah tangga untuk beberapa jenis barang, seperti:

  1. Layanan yaitu konsumsi untuk layanan jasa. Misalnya (layanan dokter)
  2. Barang tidak tahan lama adalah barang yang dikonsumsi dan habis secara langsung. Misalnya (pakaian, makanan dan minuman, dll.)
  3. Barang tahan lama adalah barang yang tidak cepat rusak dan memiliki rentang hidup relatif atau minimal lebih dari 3 tahun. Misalnya (kendaraan, elektronik, dll)
  • Investasi

Investasi menyediakan pembelian barang yang akan digunakan di masa depan untuk produksi barang dan jasa.

Pembelian barang yang merupakan investasi yang merupakan pembelian peralatan, bangunan dan persediaan.

  • Pengeluaran Pemerintah

Pengeluaran publik memperhitungkan semua pengeluaran oleh pemerintah daerah dan pusat untuk pembelian barang dan jasa.

Misalnya, untuk membayar gaji pegawai negeri. Namun, pengeluaran publik tidak termasuk dalam penyediaan bantuan negara, karena pengeluaran tersebut tidak menyediakan barang atau jasa.

  • Ekspor Bersih atau Ekspor Neto

Export bersih memperhitungkan selisih antara pembelian barang lokal oleh warga negara asing (Export) dengan pembelian barang asing yang dibuat oleh warga lokal (Import).

Lihat Juga:   Kerajaan Majapahit

Rumus Menghitung PDB

Berikut rumus untuk menghitung PDB:

PDB = C + I + G (X-M)

  • Keterangan :

PDB = Produk Domestik Bruto

C = Konsumsi

I = Investasi

G = Konsumsi pemerintah

X = Ekspor

M = Impor


Jenis Jenis PDB

Menurut McEachern (2000:146), ada dua jenis produk domestik bruto (PDB), termasuk:

  • Produk Domesti Bruto (PDB) Ril/Harga Tetap

Produk domestik bruto/harga tetap adalah total nilai harga barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara selama periode tertentu (biasanya satu tahun) dan dinilai berdasarkan harga yang berlaku dalam batas waktu yang ditentukan.

  • Produk Domestik Bruto (PDB) Nominal/Harga Berlaku

Produk/harga domestik nominalgross berlaku, ini adalah total nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu dan dinilai berdasarkan harga yang berlaku pada saat penilaian.


Contoh Produk Domestik Bruto (PDB)

Jika negara memiliki pendapatan nasional, seperti tabel di bawah ini:

Contoh PDB Hitunglah PDB Negara Tersebut?

Jawaban :

PDB = C + I + G (X-M)

PDB = 90.000.000 + 75.000.000 + 300.000.000 + (50.000.000 – 35.000.000)

PDB = 465.000.000 + 15.000.000

PDB = 480.000.000


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai PDB Adalah, semoga bisa bermanfaat untuk anda.