Informasi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Informasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh (LENGKAP), yuk sama-sama kita bahas dibawah ini. Informasi-Adalah


Pengertian Informasi

Pengertian informasi adalah sebuah sekumpulan data atau fakta yang sudah diproses dan juga dikelola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah hal yang mudah dipahami dan juga bermanfaat bagi penerimanya.

Dari pengertian diatas dapat kita pahami ialah sebuah kata “informasi” mempunyai arti yang beda dibandingkan dengan kata “data”. Data adalah sebuah fakta yang bisa dibilang masih mentah atau belum diolah, setelah diproses proses atau diolah maka data tersebut dapat menjadi suatu informasi yang sangat bermanfaat.

Tidak semua data atau fakta bisa dibuat menjadi sebuah informasi bagi para penerimanya. Jika sebuah data yang diolah tersebut tidak mempunyai manfaat bagi penerimanya, maka hal tersebut tidak bisa disebut dengan informasi.

kata “informasi” berasal dari bahasa Latin, yang berbunyi “Informatinem” yang berarti sebuah ide, kode, atau garis besar. Informasi bisa disajikan kedalam beragam bentuk, dimulai dari tulisan, tabel, gambar, diagram, video, audio, dan lain-lain.


Jenis – Jenis Informasi

Berikut dibawah ini adalah jenis jenis informasi, yaitu :

  1. Informasi Berdasarkan Fungsi & Kegunaan

Informasi berdasarkan jenis ini diantaranya :

  1. Informasi yang bisa menambah pengetahuan, contohnya : sebuah peristiwa dan pendidikan.
  2. Informasi yang bisa menjadi pembelajaran untuk pembaca, contoh : misalnya sebuah makalah yang membahas tentang tutorial atau cara memasak, sebuah artikel yang membahas tentang bagaimana cara memasak yang baik dan benar.
  3. Informasi berdasarkan dengan format penyajian, sebuah informasi yang berbeda berdasarkan bentuk dari penyajian informasinya. Contoh : informasi dalam bentuk sebuah tulisan (isinya bisa dalam berbentuk sebuah kolom, baris, atau gambar dll).
Lihat Juga:   Kalimat Pasif

 

  1. Informasi Berdasarkan Format Penyajian

Informasi berdasarkan jenis ini, antara lain berupa tulisan teks, gambar karikatur, foto, atau lukisan abstrak.

  1. Informasi Berdasarkan Tempat Kejadian

Informasi berdasarkan dari tempat kejadian yang sedang terjadi saat itu, baik it informasi dari dalam negeri ataupun informasi dari luar negeri.

  1. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Informasi berdasarkan dari bidang-bidang kehidupan yang ada, misalkan, gaya hidup, pendidikan, olahraga dll.

  1. Informasi Berdasar Penyampaian

  • Informasi yang disediakan secara tiba-tiba.
  • Informasi yang disediakan secara berkala.
  • Informasi yang dikecualikan.
  • Informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan.
  • Informasi yang disediakan setiap saat.

Fungsi Informasi

Berikut dibawah ini merupakan fungsi dari informasi, yaitu :

  1. Menjadi Sumber Pengetahuan yang Baru

    Informasi benar yang didapat dari  seseorang bisa menjadi pengetahuan dan dapat menambah wawasan pada bidang tertentu.
    Contoh : Informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan uang yang diperoleh dari blog di internet.

  2. Menghapus Ketidakpastian

    Kurangnya informasi tentang sesuatu hal dapat menimbulkan ketidakpastian. Untuk menghilangkan ketidakpastian seperti itu maka kita membutuhkan informasi lengkap dan benar dari sumber yang terpercaya.

  3. Sebagai Media Hiburan

    Informasi ternyata bisa juga berfungsi sebagai media hiburan untuk masyarakat.
    Contoh : Informasi mengenai objek wisata di suatu tempat yang menyajikan dengan bahasa dan gambar-gambar yang sangat menarik.

  4. Sebagai Sumber Berita

    Salah satu informasi tentang suatu hal bisa digunakan sebagai sumber berita yang akan disampaikan kepada khalayak.
    Contoh : Informasi tentang PIala Dunia yang didapat melalui media Televisi, Radio, dan situs berita online.

  5. Untuk Sosialisasi Kebijakan

    Informasi adalah komponen yang penting untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya. Salah satunya ialah untuk memberikan salah satu kebijakan dari pemerintah kepada para masyarakat yang dengan cara bersosialisasi.

  6. Untuk Mempengaruhi Khalayak

    Penyampaian informasi dari media massa biasanya dilakukan guna mempengaruhi khalayak.
    Contoh : Informasi tentang sebuah produk melalui Televisi yang bertujuan tujuan supaya masyarakat bisa mengenal dan dapat tertarik untuk menantikanya.

  7. Menyatukan Pendapat

    Di zaman media sosial seperti saat ini, tentu sangat mudah untuk menyampaikan suatu pendapat ke ruang publik. Tapi, tidak semua pendapat sesuai dengan fakta yang ada.
    Adanya sebuah informasi yang benar dari sebuah sumber terpercaya tentu sangat berguna untuk mengoreksi sebuah pendapat yang dikemukakan di ruang publik apakah memang sesuai dengan informasi tersebut.


Contoh Informasi

Berikut dibawah ini merupakan contoh informasi , yaitu :

  1. Telah terjadi kecelakaan sepeda motor di Ancor dewi angin, sore tadi pukul 17.00, korban jiwa sebanyak dua orang, yang merupakan d dan meninggal remaja dan adiknya ditempat.
  2. Selama setengah sebulan ini karyawan hanya masuk sebanyak enam hari, ia akan melakukannya karena orang tuanya yang sudah tua mengalami sakit-sakitan atau harus keluar masuk rumah sakit dalam waktu setengah sebulan ini.
  3. Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persija dengan Arema pukul15.30 tadi juga berakhir dengan skor 9-8 untuk kemenangan Arema.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Informasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh (LENGKAP), semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.