Rumah Adat Jawa Tengah

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Rumah Adat Jawa Tengah berikut ulasannya:


Rumah Adat Jawa Tengah

Jenis-jenis Rumah Adat Jawa Tengah

1. Rumah Adat Joglo

Rumah adat Joglo dianggap sebagai salah satu rumah yang paling populer dibanding tipe-tipe rumah adat lainnya. Sekarang ini di Jawa Tengah juga masih bisa kamu temui bermacam rumah adat Joglo yang masih dirawat dengan baik.

Memang rumah Joglo terkenal dengan lambang kekayaan pemilik. Tak heran kalau pemilik rumah Joglo bukan sembarang orang. Teras yang luas serta tak bersekat menjadi ciri khas rumah tersebut. Selain itu ditengah ruangan rumah Joglo juga disokong oleh 4 tiang.

Tiang-tiang inilah yang biasanya disebut sebagai Soko Guru. Tak hanya menjadi tempat tinggal, tapi rumah Joglo juga dianggap sebagai lambang kekayaan. Sebab memang rumah Joglo hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang berlebihan finansial.

2. Rumah Adat Panggang Pe

Ternyata rumah adat jawa Tengah yang populer tidak hanya rumah adat Joglo. Tapi, di sini anda bisa menemukan rumah adat lain, rumah adat Panggang Pe. Rumah yang satu ini cukup terkenal di Jawa Tengah.

Untuk model rumah adat sendiri adalah rumah yang mempunyai 4 hingga 6 tiang. Pada bagian tiang yang sebelah depan biasanya sengaja dibuat menjadi lebih pendek daripada tiang belakang. Sehingga bisa disebut jika rumah adat ini cukup unik.

Biasanya rumah adat tersebut dimanfaatkan untuk mendirikan kios ataupun warung. Sekarang ini ada bermacam aliran dari rumah adat Panggang Pe. Tapi ada beberapa aliran yang mempunyai kesamaan.

Lihat Juga:   Tari Tor Tor

Contoh rumah adat yang mempunyai kesamaan adalah Cere Gancet, Empyak Satangkep, Gedhang Salirang, serta Gedhang Setangkep. Keempat rumah adat tersebut sama-sama terdiri dari 2 rumah Panggang Pe yang sengaja disatukan. Wah, unik ya.

3. Rumah Adat Tajug

Masing-masing rumah adat Jawa Tengah mempunyai filosofinya sendiri-sendiri. Bahkan bisa dikatakan kalau masing-masing mempunyai fungsi yang hampir selalu berbeda. Seperti rumah adat Tajug yang satu ini.

Rumah adat tajug adalah rumah adat yang biasa dipakai untuk bangunan suci seperti masjid serta bangunan-bangunan lain. Kalau pemakaianya untuk tujuan tempat tinggal tentu tidak diperbolehkan.

Hal tersebut sebab rumah adat Tajug dianggap sebagai tipe rumah yang disucikan. Jadi tidak sembarang bangunan bisa memakai rumah adat jenis ini. Hanya bangunan-bangunan tertentu yang dinilai pas dengan filosofinya.

Biasanya rumah adat tersebut mempunyai atap yang berbentuk runcing. Bentuknya bisa dikatakan seperti bujur sangkar. Untuk tipe sendiri tidak hanya ada satu tipe rumah adat Tajug. Sebaliknya total tipe rumah adat tersebut mencapai hingga 13 tipe.

4. Rumah Adat Kampung

Memang bisa dikatakan kalau rumah adat Jawa Tengah biasanya menunjukkan strata sosial pemiliknya. Hal tersebut seperti pada rumah adat Kampung. Memang rumah adat yang satu ini hampir mirip rumah Panggang Pe.

Tapi, jangan salah rumah adat ini mempunyai cirinya sendiri. Biasanya ciri yang bisa kamu lihat adalah pada bagian tiang. Ini karena tiang yang dipakai biasanya adalah kelipatan empat. Kemudian dimulai dari angka delapan.

Masalah tiang inilah yang menjadi ciri khas dari rumah adat ini. Tentu berbeda dengan rumah adat Joglo yang mempunyai tiang berjumlah 4. Jadi ada pembeda yang jelas antara rumah adat Joglo serta Kampung dari segi tiang penyangga.

Lihat Juga:   Filtrasi Adalah

Untuk rumah adat ini ada sekitar kurang lebih 13 tipe. Beberapa tipe yang ada yaitu Pacul Gowang, Gajah Ngombe, Kampung Pokok dll. Rumah adat tersebut sendiri biasa dimiliki oleh kalangan orang biasa.

5. Rumah Adat Limasan

Terakhir kamu akan menemui rumah adat Limasan. Kenapa disebut rumah adat Limasan adalah sebab atapnya yang berbentuk Limas. Atap dari rumah adat ini mempunyai 4 sisi. Rumah ini cukup sering ditemukan di Jawa.

Seperti rumah-rumah adat yang lain rumah adat ini juga mempunyai banyak tipe. Mulai dari Gajah Mungkur, Klabang Nyander, Lambang Sari serta masih banyak lagi. Setiap tipe mempunyai bentuk yang agak berbeda sesuai dengan tipe rumah adatnya.

Sama seperti rumah adat Kampung, rumah adat yang satu ini juga dimiliki oleh rakyat biasa. Cara tentang rumah adat ini juga bukan dari jumlah penyangga seperti pada rumah adat Kampung. Tapi dari bentuk atap rumah yang berbentuk limas.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Rumah Adat Jawa Tengah semoga bermanfaat