Rumah Adat Sulawesi Utara

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Rumah Adat Sulawesi Utara berikut ulasannya:


Rumah Adat Sulawesi Utara

Rumah Adat Sulawesi Utara

Pulau Sulawesi merupakan satu pulau dari lima jajaran pulau besar yang ada di Indonesia. Bentuk dari pulau tersebut cukup unik yaitu sangat mirip dengan huruf K. Pulau ini pun dibagi ke dalam beberapa wilayah provinsi. Salah satu provinsi itu adalah Provinsi Sulawesi Utara yang ibu kotanya Manado.

Provinsi Sulawesi sendiri terdiri dari 11 kabupaten serta 4 kota ini yang terkenal sebab berbagai macam hal. Setidaknya ada 2 jenis rumah adat Sulawesi Utara yang populer dari suku Minahasa sebagai suku yang tinggal di Sulawesi Utara.


Jenis-jenis Rumah Adat Sulawesi Utara

1. Rumah Pewaris

Rumah adat Pewaris adalah rumah tradisional yang sangat khas dari suku Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Rumah tersebut juga dikenal dengan rumah Walewangkoa. Ciri yang bisa dilihat adalah bentuk rumah layaknya panggung lengkap dengan balok kayu, serta dilengkapi 2 buah tangga pada bagian depan lebih tepatnya di kanan dan kiri dari rumah.

Keunikan dari rumah adat Sulawesi Utara suku Minahasa ada pada bentuk konstruksi yang sepenuhnya dibuat memakai bahan dasar berupa kayu. Rumah adat Sulawesi Utara Pewaris atau Walewangkoa yang satu ini memiliki tampilan fisik bagus. Secara garis besar tampilannya masuk pada rumah panggung dengan tiang-tiang penopang terbuat dari kayu kokoh.

Berdasarkan kabar yang ada dua di antara tiang penyanggah itu tak diperbolehkan disambung memakai apa pun.

Bagian kolong dari rumah pewaris sering dimanfaatkan pemiliknya sebagai tempat untuk menyimpan hasil panen dan godong. Seperti halnya rumah adat yang lainnya, rumah adat tersebut juga dibagi ke dalam beberapa jumlah bagian utama, berikut antara lain:

  • Bagian Depan
Lihat Juga:   √Adaptasi Fisiologi Adalah

Bagian tersebut  dikenal dengan istilah lesar. Dimana menjadi bagian yang tidak dilengkapi dinding jadi sangat mirip dengan beranda. Lesar pada umumnya digunakan sebagai tempat untuk tertua adat dan kepala suku yang mau menyampaikan maklumat pada rakyat.

  • Bagian Sekey atau Serambi

Serambi satu ini juga ada di bagian depan. Walau begitu tetap beda dengan Lesar ya. Sekey dilengkapi  dinding dan berada persis pada bagian sesudah pintu masuk. Ruangan tersebut sendiri lalu mempunyai fungsi sebagai tempat menerima tetamu serta ruang  menyelenggarakan upacara adat serta menjamu para undangan.

  • Bagian Pores

Pores adalah tempat yang dipakai masyarakat setempat untuk menerima tamu yang mana tamu itu masih memiliki hubungan kekerabatan dengan sang pemilik rumah. Kadang kala ruangan ini juga digunakan sebagai tempat jamuan untuk para tamu wanita serta  tempat para anggota keluarga melakukan bermacam aktivitas sehari-harinya.

Pores biasanya bersambung secara langsung dengan beberapa ruangan yaitu dapur, kamar tidur serta juga makan.

Pada saat kamu cermati, keunikan dari rumah pewaris ini ada pada dari arsitektur yang ada di bagian depan rumah. Perhatikan susunan 2 tangga yang ada di bagian kiri serta kanan rumah. Konon cerita yang ada, bua tangga berhubungan cukup erat dengan kepercayaan dari para Suku Minahasa untuk mengusir roh jahat. Kalau roh jahat naik lewat tangga yang satu roh itu akan turun lewat tangga lainnya.

2. Bolaang Mangondow

Selain rumah adat Sulawesi Utara Pewaris atau Walewangko, ada pula rumah adat lainnya yakni Bolaang Mangondow. Rumah ini memiliki atap yang dengan bentuk melintang dan bubungan lumayan curam.  Tangga yang ada di bagian depan rumah berserambi tanpa dinding.

Lihat Juga:   Desain Adalah

Sementara bagian dalamnya ada ruang induk serta ruang tidur. Ruang induk juga ada ruang lain seperti ruang depa, tempat makan serta tempat tidur serta dapur yang ada pada bagian belakang rumah. Bolaang Mongondow sendiri adalah salah satu kawasan yang ada wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Daerah tersebut kaya akan kebudayaan, karena raja-raja dulunya semua sistem serta aspek kehidupan masyarakat diatur dengan tatanan adat.

Luas kawasan atau daerah Rumah adat Sulawesi Utara tersebut sangat luas yakni 8000 kilometer persegi atau setara dengan 54 persen dari luas kawasan yang ada di Sulawesi Utara. Sejak tahun 2008 silam Bolaang Mongondow telah mengalami pemekaran daerah yang mana sampai sekarang ini ada pemekaran daerah 4 kabupaten yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, serta Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan serta 1 Kotamadya yakni Kota Kotamobagu.

Rumah adat Sulawesi Utara ini memiliki jenis atap melintang lengkap dengan bubungan berbentuk sedikit curam. Sama dengan rumah adat sebelumnya ada 2 tangga di bagian depan rumah. Selain itu juga ada serambi tak berdinding. Ada 2 jenis ruangan di dalam rumah yaitu ruang induk dan kamar tidur.

Ruang induk yang ada di dalam rumah terdiri dari beberapa ruang kecil lainnya seperti tempat untuk makan, dapur serta tempat depa. Dapur sendiri sama dengan rumah pada umumnya ada di sisi belakang rumah adat.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Rumah Adat Sulawesi Utara semoga bermanfaat