Pengertian Iklan Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Iklan adalah: Tujuan, Ciri, Jenis, Manfaat, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Iklan-Adalah


Pengertian Iklan

Iklan adalah suatu bentuk informasi yang di lakukan oleh seseorang, lembaga/intansi maupun perusahaan yang berisi pesan yang menarik tentang sebuah produk jasa kepada khalayak, maksud di buatnya iklan untuk membujuk dan mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan biasanya iklan di pasang di berbagai media ofline maupun online beberapa media tersebut di antaranya koran, majalag, tabloid, situs berita, blok, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.

iklan berbentuk informasi  yang non personal mengenai sebuah produk atau jasa perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi  bentuk iklan ini bertunjuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.


Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kotler

    Pengertian iklan adalah bentuk promosi barang, jasa, dan ide, secara non personal oleh suatu sponsor tertentu di mana untuk menayangkannya biasanya harus membayar suatu media yang mempromosikan Menurut

  2. Rhenald Kasali

    Pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media

  3. Menurut KBBI

    Pengertian iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/ jasa yang ditawarkan.


Tujuan Iklan

seperti yang sudah di jelaskan pengertian di atas,secara garis besar iklan bertujuan membujuk dan mendorong orang lain agar menjasi tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan tujuan sebagai berikut

  1. memberikan informasi kepada khalayak suatu produk dan barang,atau jasa perusahaan atau ide Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
  2. Mempengaruhi orang lain merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Manfaat Iklan

Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan yaitu:

  1. Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas
  2. Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya
  3. Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk

Ciri-Ciri Iklan

  1. Menjelaskan tentang produk, jasa dan cara kerja produk
  2. Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti
  3. Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain
  4. Informasi atau pesan disampaikan secara komunikati,informative

Jenis-Jenis Iklan

Berikut ini dijelaskan jenis-jenis iklan berdasarkan: isinya ,media yang di gunakan , dan sifat iklan tersebut

iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian terutama  khalayak  umum  melalui sebuah informasi atau pemberitahuan

  1. Iklan berita duka cita
  2. Iklan reuni sekolah

Iklan Penawaran

Iklan jenis ini menawarkan barang atau jasa kepada khlayak ramai contoh iklan penawaran:

  1. Iklan penawaran barang atau produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.

 Iklan  yang di tawarkan  merupakan penawaran jasa misalnya; jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.

  1. Iklan layanan masyarakat

Iklan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga , instansi pemerintah atau organisasi non-profit.


Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Iklan adalah: Tujuan, Ciri, Jenis, Manfaat, Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Norma Kesopanan