Gotong Royong

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Gotong Royong, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Gotong Royong


Pengertian Gotong Royong

Gotong royong merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan bisa berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Gotong royong juga sangat sesuai dengan ajaran islam, Islam menginginkan umatnya saling mencintai saru sama salin, menyayangi dan saling berbagi, itu sangat sejalan dengan cara kerja gotong royong.


Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli

  • Menurut KBBI:

Bekerja sama (tolong menolong, bantu-membantu) diantara anggota komunitas.

  • Oleh Koentjaraningrat (1961:2),

Gotong royong adalah kerjasama “” tidak beriman salah seorang dari kalian, jika ia tidak mencintai saudaranya sama dengan mencintai dirinya sendiri “.

  • Oleh Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo (di selvi S. Padeo, 2012:88)

Adat istiadat dalam tolong menolong diantara warga dalam berbagai kegiatan sosial, baik atas dasar hubungan kerabat tetangga dengan dasar yang efisien, sifat praktis dan pada kegiatan Kerjasama.

  • Menurut Koenjaraningrat (dalam selvi S. Padeo, 2012:87)

Peningkatan dalam saling mendukung adalah konsep yang erat dari kehidupan masyarakat sebagai petani dalam masyarakat yang agraris. Gotong royong adalah sistem pengarahan energi tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam konteks kegiatan produksi bertanaman.

  • Gotong royong dari Mubyarto

Adalah kegiatan umum untuk mencapai tujuan yang dengan cara bersama.


Unsur Unsur Gotong Royong

Berikut unsur unsur gotong royong adalah :

  1. Kebersamaan
  2. Kesatuan
  3. Kerukunan
  4. Kekeluargaan

Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

Terdapat beberapa manfaat dan tujuan gotong royong, berikut dibawah ini penjelasaanya


1). Membuat Setiap Pekerjaan Menjadi Lebih Ringan

Melakukan setiap pekerjaan dengan cara bergotong royong bisa meringankan beban dalam menyelesaikannya. dapat dibayangkan jika satu orang menyelesaikan satu pekerjaan yang sangat besar maka akan banyak memakan tenaga serta pikiran. Dengan adanya tambahan orang, maka beban pekerjaan dapat dibagi dan berkurang lebih kecil sehingga mudah diselesaikan.


2). Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan

Mengerjakan satu pekerjaan dengan memakai tenaga lebih dari satu orang akan mudah dan cepat diselesaikan. Contohnya ada satu pekerjaan dimana jika dikerjakan oleh satu orang akan memerlukan waktu 1 minggu, Namun, dengan tambahan orang serta tenaga maka pekerjaan akan selesai kurang dari 1 minggu.


3). Mempererat Rasa Persatuan dan Kesatuan

Melakukan gotong royong dalam setiap kegiatan masyarakat bisa mempererat tali persaudaraan dan rasa persatuan serta kesatuan antar masyarakat. Adanya kerja sama antar manusia menjadi cikal bakal terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan. Nantinya jika semua pekerjaan yang berat dilakukan dengan cara gotong royong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan semakin terjalin erat.


4). Menghemat Pengeluaran

Satu dari 5 manfaat Gotong Royong lainnya ialah bisa menghemat pengeluaran dalam setiap kegiatan. Sebagai contoh ada kegiatan membangun jalan di desa, maka dengan dilakukan atau dikerjakan oleh orang banyak maka secara otomatis menghemat biaya untuk membayar tukang. Cara ini dapat dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran dana pembangunan desa.


5). Menambah Rasa Sosial di Masyarakat

Sikap gotong royong dalam masyarakat menyebaban rasa sosial yang tinggi, contohnya saja pada saat terjadi bencana alam dimana semua orang berusaha untuk mengumpulkan dana serta memperbaiki infrastuktur yang rusak dan membantu pihak keamanan untuk mencari korban. Para warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.


Azas Gotong Royongan

  1. Manusia membutuhkan sesamanya untuk mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.
  2. Manusia baru berarti dalam hidupnya ketika ia berada di kehidupan sesama.
  3. Manusia sebagai makhluk yang berbudi luhur memiliki rasa yang saling mencintai dan mengasihi terhadap tetangga sesama.
  4. Dasar iman dan ketabahan terhadap Tuhan yang Maha Esa mensyaratkan agar setiap orang bekerja sama, bahwa bekerja sama dengan satu sama lain untuk mencapai kesejahteraan hidupnya di dunia dan di akhirat.
  5. Upaya bantuan timbal balik akan membuat kegiatan menjadi lebih ringan, lebih mudah, dan lebih lancar.

Faktor Pendorong Gotong Royong

  1. Manusia sebagai makhluk sosial.
  2. Ketulusan dalam partisipasi dan kebersamaan/kesatuan.
  3. Ada rasa kesadaran dan pada kepentingan bersama.
  4. Meningkatkan/memenuhi kesejahteraan.
  5. Adaptasi dan integrasi/penyatuan usaha dari kepentingan seseorang dengan kepentingan bersama.

Upaya dan Peranan Gotong Royong

  • Peran Masyarakat

Masyarakat di Kelurahan sayang sebenarnya sangat gembira ketika ada kegiatan Umum (gotong royong), tapi mungkin tidak sedikit orang yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan karena faktor serden penghambatan di atas. Sistem komunitas itu sendiri perlu ditingkatkan, dan ini dapat dilakukan oleh para pemimpin seperti Ketua RT, RW dan Lurah/Kades untuk lebih mengoptimalkan sosialitas melalui persatuan dan kebersamaan.

  • Peran Tokoh Masyarakat

Peran tokoh masyarakat Kelurahan sayang sebenarnya maksimal, dari RT, tokoh keagamaan sampai ke kepala desa. Peran diberikan, misalnya, dalam bentuk sosialisasi. Sebagai contoh, dari sosok RT ada sosialisasi bahwa bergotong-royong merupakan refleksi harmoni antara tetangga, tokoh keagamaan, dari tokoh agama, yang dan tim adalah sifat manusia yang melekat pada Sunna “sebaik orang adalah orang yang dapat bekerja sama secara independen dari perbedaan” “dan” bergotong-berbagi Anda dalam kebaikan dan tidak bergotong-royong Anda semua dalam uglines “.

  • Peran Pemerintah

Dalam hal ini, pemerintah telah menyediakan dan menyediakan sarana dan prasarana untuk berbagai kegiatan, termasuk penyediaan angkutan tambahan dan penyediaan alat kebersihan. Bahkan pemerintah sering menginstruksikan pejabat pemerintah, seperti polisi militer, untuk berpartisipasi dalam kegiatan, seperti kegiatan kebersihan.


Contoh Gotong Royong Di Sekolah


Membersihkan Lingkungan Sekolah Menjelang Libur Semester

tak terasa ulangan semester sudah selesai, tidak lama lagi bagi raport dan liburan. Sebelum liburan, di sekolah pasti diadakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Seluruh warga sekolah ikut serta dalam kegiatan tersebut, ada yang mencangkul, memotong rumput dan menyapu serta membuang sampah. Semua siswa nampak bersemangat bekerja sebab sebentar lagi liburan, Sebagian ada yang bekerja sambil bercanda dengan teman temannya .


Contoh Gotong Royong Di Masyarakat


Membersihkan Lingkungan Desa

Masyarakat di Kelurahan. masih belum sadar betul bahwa kebersihan itu keindahan, kedamaian dan kebersihan itu merupakan sebagian dari pada iman, oleh sebab itu pada saat diadakan gotong royong kebersihan antusias warga masyarakat sangat tinggi. Antusias warga itu nampak dari banyaknya warga masyarakat yang turun langsung ke lapangan untuk membersihkan sampah, rumput liar dan membenahi selokan serta masih banyak kegiatan lainnya.


Nilai Gotong Royong

Nilai gotong royong merupakan semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersam-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam kegotong royongan yaitu.


1) Kebersamaan

Gotong royong merupakan kebersamaan yang tumbuh dari dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk menolong orang lain atau untuk membangun fasilitas yang dapat dimanfaatkan bersama.


2) Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan bisa menghadapi permasalahan yang muncul dan menyelesaikannya bersama-sama.


3) Rela berkorban

Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut bisa berupa apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mendahului kebutuhan kebutuhan bersama dari pada kepentingan pribadi.


Gambar Gotong Royong Kartun

  • Gambar 1 gambar gotong royong kartun
  • Gambar 2 gambar gotong royong kartun
  • Gambar 3 gambar gotong royong kartun
  • Gambar 4 gambar gotong royong kartun
  • Gambar 5 gambar gotong royong kartun

Kesimpulan Gotong Royong

Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, cinta sesama, saling menghargai satu sama lain. Mempererat tali persaudaraan.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Gotong Royong : Pengertian, Menurut Para Ahli, Unsur, Manfaat, Tujuan, Azas, Faktor, Upaya, Peran, Contoh, Gambar, Kesimpulan semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   Teks Berita Adalah

Lihat Juga:   Majas Repetisi Adalah

Lihat Juga:   √Aplikasi Adalah

Lihat Juga:   √ Pengertian Haji dan Umrah : Hukum, Jenis, Perbedaan, Rukun