Humas Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Humas Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat & Tugas, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. Humas-Adalah


Pengertian Humas

Pengertian humas adalah upaya membangun dan mempertahankan reputasi, komunikasi, dan citra yang baik antara organisasi dan masyarakat. Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan Public Relations(PR) atau kegiatan hubungan masyarakat(Humas).

Di zaman keterbukaan informasi seperti sekarang ini, di mana public atau masyarakat menjadi semakin kritis terhadap pemberitaan, peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk menyediakan Informasi yang jelas dan sesuai dengan fakta yang ada di pemerintah, perusahaan, dan organisasi lain dengan cara yang baik dan benar. agar dapat diterima secara publik.

Dunia hubungan masyarakat (kehumasan) atau public relations akan selalu berkembang secara dinamis dengan perubahan dalam masyarakat. Perubahan yang terjadi baik kecil dan besar harus menjadi perhatian semua kehumasan sehingga peran humas semakin kontekstual tetapi selalu profesional.


Tujuan Humas

Berikut dibawah ini merupakan tujuan humas, yaitu :

  1. Membuka peluang menjadi lebih luas kepada para pemakai produk/lulusan dan pihak yang terhubung untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.
  2. Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara nyata dari masyarakat baik itu dalam bentuk tenaga, sarana prasarana maupun dana demi kemudahan dan terlaksananya tujuan organisasi.
  3. Menjadikan masyarakat ikut serta dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.
  4. Membuat rangsangan dan menghidupkan kembali rasa tanggung jawab yang lebih besar kepada masyarakat terhadap berlangsungnya program organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  5. Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan untuk organisasi kepada para pimpinan/stakeholdernya dengan sasaran yang terhubung yaitu publik internal dan publik eksternal.
Lihat Juga:   √ Cerita Rakyat Jawa Barat : Asal Usul Kota Bandung

Fungsi Humas

Berikut dibawah ini merupakan fungsi humas, yaitu :

  1. Menyediakan penerangan/pemahaman kepada publik
  2. Usaha mempersatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyaraka atau sebaliknya.
  3. Melaksanakan persuasi kepada publik untuk menjadikan sikap dan tingkah laku publik berubah.

Manfaat Humas

Berikut dibawah ini beberapa manfaat humas, diantaranya :

  1. Manajemen Krisis

    Hampir semua organisasi pernah mengalami masalah atau krisis. Hal ini membuat para pemimpin dan manajemen menyadari bahwa mereka perlu persiapan untuk mengatasi masalah, terutama yang berkaitan dengan hubungan pers.

  2. Menciptakan Identitas Perusahaan

    Secara umum, pihak yang bertanggung jawab untuk menciptakan identitas perusahaan adalah staf hubungan masyarakat (Humas).

  3. Hubungan Parlemen

    Hubungan parlemen adalah hubungan yang ada antara berbagai organisasi, baik secara langsung maupun dengan perantara. Hubungan parlemen sangat penting bagi pegawai negeri dan pemerintah untuk memahami kepentingan organisasi dan untuk mendapatkan informasi tentang hukum dan peraturan undang undang yang dapat memengaruhi perusahaan.


Tugas Humas

Berikut dibawah ini merupakan tugas pokok humas, yaitu :

  1. Menciptakan Kesan / Image

    Kesan yang dimiliki seseorang pada seseorang, produk atau situasi, tergantung pada tingkat pengetahuan orang tersebut.

  2. Pengetahuan dan Pengertian

    Humas sangat berguna untuk memberikan informasi kepada publik internal dan publik eksternal dengan memberikan informasi yang akurat dalam format yang mudah dimengerti.

  3. Menciptakan Ketertarikan (interest)

    Humas harus bisa menciptakan minat atau ketertarikan publik dalam situasi tertentu yang memiliki dampak besar pada organisasi.

  4. Penerimaan

    Humas bertanggung jawab untuk memberikan penjelasan kepada publik tentang situasi atau peristiwa sehingga sikap menentang, ketidakpedulian yang mengelilinginya, dapat diubah menjadi pemahaman dan penerimaan.

  5. Simpati

    Humas harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas kepada publik untuk mendapatkan simpati.


Prinsip Humas

Berikut dibawah ini merupakan prinsip humas, yaitu :

  1. Humas adalah sebuah pelayanan sosial, bukan pelayanan personal.
  2. Hubungan masyarakat bekerja atas dasar fakta bukan fiksi.
  3. Humas tidak boleh melakukan penipuan maupun membohongin media massa.
  4. Humas harus mewujudkan program kegiatan untuk mencari dukungan masyarakat atas kebijaksanaan dan program lembaga yang diwakilinya.
  5. Humas harus melandaskan kegiatannya pada penelitian ilmiah dibidang pendapat umum.
  6. Humas harus menjadi komunikator yang efektif dalam arti sebenarnya.
  7. Humas berkewajiban menjelaskan masalah tentang krisis yang dialami lembaga yang diwakilinya.
  8. Harus bisa bekerja sama dengan para ahli dibidang lain.

Contoh Humas

Contoh Humas Media Online

Humas dengan media online menjadi semakin populer dan diterapkan dalam berbagai bentuk. Pertama, bentuknya pasif. Informasi ditulis dan dioptimalkan dengan kata kunci yang terkait dengan produk atau perusahaan. Informasi ini kemudian dipublikasikan di berbagai blog atau situs web yang hasilnya dimuat oleh mesin pencari. Informasi perusahaan akan muncul jika orang mencari kata kunci yang sesuai. Kampanye media sosial juga menjadi kebiasaan dalam contoh humas dalam media online. Banyak brand besar menerapkan ini melalui akun fanpage mereka.

Media Cetak Humas

Contoh humas di media cetak biasanya terdiri mulai dari proses di mana humas dilakukan dengan rilis pers ke banyak surat kabar yang ada. Bentuk humas ini umumnya mempromosikan perubahan dalam perusahaan, dengan meluncurkan produk atau layanan baru. Surat kabar umumnya menggunakan bahan rilis pers untuk sebuah cerita atau melakukan wawancara mendalam tentang rilis pers. Agen rilis berita umumnya memiliki beberapa daftar surat kabar yang dapat diandalkan untuk siaran pers.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Humas Adalah : Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat & Tugas, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.